HOT: Microsoft Mengakui Tengah Mengembangkan Windows 10 Mobile 64-bit

HOT: Microsoft Mengakui Tengah Mengembangkan Windows 10 Mobile 64-bit

0

HOT: Microsoft Mengakui Tengah Mengembangkan Windows 10 Mobile 64-bit

Seperti yang kita ketahui, Windows 10 Mobile saat ini baru mendukung sistem 32-bit. Windows 10 Mobile juga tertinggal dengan iOS dan Android untuk urusan ini.

Sadar akan hal itu, Microsoft mengkonfirmasi akan menghadirkan versi 64-bit dari Windows 10 Mobile.

Hal ini dibocorkan oleh Senior Technical Fellow Microsoft, Dave Cutler. Cutler mengatakan bahwa pihaknya kini tengah mengembangkan dukungan 64-bit untuk Windows 10 Mobile. Sayangnya, tidak diberitahu kapan akan diluncurkan Windows 10 Mobile versi 64-bit ini.

“Pada saat itu, beberapa mempertanyakan mengapa Microsoft mengembangkan sistem 64-bit; hari ini kebanyakan komputer adalah sistem 64-bit dan bahkan ponsel (Windows 10 Mobile) kami akan segera memiliki sistem operasi 64-bit.”

Apa manfaaatnya sistem 64-bit?

Manfaat yang akan didapatkan sendiri adalah Windows 10 Mobile bisa memakai RAM dengan kapasitas diatas 4GB, kecepatan bus architecture / app yang lebih cepat, parallel processing yang lebih baik, hingga teknologi Microsoft Patch Guard.

Baca juga:  Toshiba Encore: Tablet Windows 8.1 Mini Dengan Office 2013 Built-in

Fitur-fitur diatas sebenarnya tidak begitu dipentingkan untuk kalangan konsumen biasa, tapi lebih menyasar pada pengguna pebisnis atau korporat yang membutuhkan keamanan yang lebih tinggi.

Namun tentu dengan dukungan 64-bit berkapasitas RAM 4GB keatas, maka Windows 10 Mobile bakal powerful untuk melakukan tugas-tugas berat seperti gaming, multi tasking, dan terutama lebih lancar dalam menjalankan Continuum.

Perlu diketahui juga, bahwa prosesor Snapdragon dari Qualcomm yang sudah berbasis 64-bit adalah Snapdragon 808, 810 dan 820.

Tapi, meskipun ada smartphone Windows 10 Mobile yang sudah menggunakan prosesor Snapdragon diatas, pengguna tidak bisa meng-upgrade-nya secara langsung sehingga dapat mendukung 64-bit. Hal yang sama juga terjadi di PC, dimana tidak bisa langsung begitu saja dan penggunanya harus melakukan clean install Windows 32-bit untuk diinstal Windows 64-bit.

Baca juga:  Seperti Inilah Hasil Rekaman Video 4K Lumia 950 (yang Benar-benar Terlihat Nyata!)

Mungkinkah Microsoft akan menyertakan dukungan 64-bit pada Anniversary Update a.k.a Redstone di Windows 10 Mobile nanti? Bisa jadi iya bisa jadi tidak, tergantung dari kesiapan Windows 10 Mobile 64-bit itu sendiri.

Tapi kemungkinan besar smartphone Surface Phone-lah yang bakal disemati dukungan 64-bit ini, mengingat Surface Phone digadang-gadang bakal menjadi smartphone paling gahar yang tengah dipersiapkan oleh Microsoft saat ini.

via Windows Central

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi