Microsoft Sedang Mencari Cara Baru untuk Menghasilkan Uang dari Windows

Microsoft Sedang Mencari Cara Baru untuk Menghasilkan Uang dari Windows

0

Microsoft Sedang Mencari Cara Baru untuk Menghasilkan Uang dari Windows

Microsoft yang sekarang bukanlah Microsoft yang dulu, begitu juga Windows yang sekarang juga beda dengan yang dulu. Dulu Microsoft mendapatkan uang dari menjual Windows, tetapi kini mereka tengah mencari cara baru untuk menghasilkan uang dari Windows. (Baca juga: Inilah 6 Alasan Kenapa Microsoft Kini Gemar Menggratiskan Produknya)

Untuk semakin mengukuhkan eksistensi Windows di era modern yang semakin mobile, Microsoft memutuskan untuk menggratiskan Windows bagi device dengan ukuran layar dibawah 9 inch. (Baca: Windows Phone dan Windows Gratis Untuk Device Dibawah 9 inc!)

Mereka juga memangkas harga Windows agar lebih murah. Bahkan rumornya Microsoft juga sempat kepikiran untuk menggratiskan Windows 10. (Baca: Windows 9 Windows 10 Dipastikan Gratis Bagi Pengguna Windows 8.x)

Tentu keputusan tersebut akhirnya mengurangi pendapatan Microsoft yang mereka peroleh dari Windows. Mereka harus mencari gantinya, memikirkan bagaimana menguangkan Windows di masa depan. Dan itulah yang tengah mereka pikirkan saat ini.

Ketika melakukan presentasi di Credit Suisse Technology Investment Conference, Mirosoft Chief Operating Officer — Kevin Turner menyatakan bahwa Microsoft kini tengah mencari cara baru untuk mendapatkan uang dari Windows.

Mereka ingin mengubah model bisnis Windows berubah total secara drastis.

Turner menjelaskan bahwa kedepannya Microsoft tidak akan fokus mencari uang dari menjual lisensi Windows. Sebagai gantinya mereka akan menarik biaya dari layanan atau add-on yang mereka sediakan di Windows.

Hal ini memunculkan spekulasi bahwa Windows 10 Core bakal dirilis gratis, sedangkan untuk mendapatkan fitur tambahan lainnya (upgrade ke versi diatasnya) maka pengguna harus membayar sejumlah uang tertentu.

Namun menanggapi spekulasi tersebut Turner menyatakan bahwa mereka belum bisa menjelaskan tentang harga Windows 10 saat ini. Turner hanya menegaskan bahwa Microsoft tidak akan menggratiskan Windows begitu saja hanya untuk menjaga agar marketshare nya tetap tinggi. Akan ada bagian-bagian tertentu yang mereka uangkan dari Windows, dan model bisnis tersebut akan sangat berbeda dari yang sebelumnya.

Kevin Turner juga berjanji bahwa Microsoft akan mengungkapkan bisnis model baru untuk Windows pada awal tahun 2015 nanti. (Baca juga: Windows 10 Consumer Preview Bakal Dirilis Awal 2015, Inilah Fitur Barunya)

Bagaimana menurut kamu? Kira-kira model bisnis seperti apa yang akan Microsoft gunakan untuk mendapatkan uang dari Windows?

via geekwire

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.