Microsoft Segera Membuka Layanan CDN Bernama Sway?

Microsoft Segera Membuka Layanan CDN Bernama Sway?

0

Microsoft Segera Membuka Layanan CDN Bernama Sway?

Hanya satu hari saja berselang setelah Apple mengumumkan layanan CDN nya, Jamie Zoch menemukan bahwa Microsoft ternyata juga tidak mau kalah. Dia menyatakan bahwa Microsoft kemungkinan akan segera membuka layanan CDN juga yang bernama Sway. Hal ini Zoch ketahui dari whois (detail registrasi) domain sway.com yang ternyata dimiliki oleh Microsoft, bersamaan dengan domain sway-CDN.com, sway-CDN.net, sway-INT.com dan sway-INT.net. Bahkan Microsoft juga sudah mendaftarkan Sway kedalam trademark!

Saat ini semua domain tersebut masih diredirect ke Bing, sama seperti kebiasaan Microsoft ketika mengakuisisi sebuah domain. Setelah layanan tersebut jadi biasanya domain tersebut baru akan diarahkan ke halaman layanan tersebut.

Bagi kamu yang belum tahu, CDN adalah kependekan dari Content Delivery Network atau Content Distribution Network. Ini adalah sebuah metode untuk meletakkan file statis di banyak server di berbagai lokasi untuk memastikan pengguna bisa mengakses file tersebut dengan lebih cepat dan dengan performa yang lebih baik.

Sepertinya Microsoft akan mengikuti jejak Apple dan Netflix yang sudah membuat CDN sendiri untuk setiap layanan mereka. Dengan membuat CDN sendiri, Microsoft bisa memastikan pengguna bisa mendownload konten (Windows, Apps, file di OneDrive, dsb) dengan lebih cepat dan maksimal. Selain itu mereka bisa memiliki kontrol penuh terhadap kualitas CDN tersebut.

Selain digunakan untuk di layanan Microsoft sendiri, bisa jadi sebagai device and services company mereka akan membuat layanan CDN ini bisa digunakan oleh umum, baik itu dari kalangan personal maupun enterprise.

via dotweekly

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.