Mozilla dan Samsung Bekerja Sama Mengembangkan Servo Web Browser Engine!

Mozilla dan Samsung Bekerja Sama Mengembangkan Servo Web Browser Engine!

0

Mozilla dan Samsung Bekerja Sama Mengembangkan Servo Web Browser Engine!

Menanggapi perkembangan teknologi yang semakin cepat, mobile, multi-core, dan berbagai arsitektur komputer yang semakin beragam, Mozilla akhirnya berkolaborasi dengan Samsung untuk mengembangkan sebuah web browser engine baru yang mereka beri nama Servo.

Servo dibuat secara khusus untuk Android dan perangkat lain yang berbasis ARM. Disini samsung berperan dalam menyediakan backend ARM dan segala infrastruktur yang dibutuhkan untuk meng-compile Servo ke android, sedangkan Mozilla berperan dalam pengembangannya.

Servo dibuat dengan Rust- bahasa pemrograman yang dikembangkan sendiri oleh Mozilla, dan sekarang telah mencapai versi v0.6. Keunggulan utama yang akan diusung oleh Servo adalah keamanannya.

“Servo aman secara default, mencegah adanya error di manajemen memory yang seringkali menjadi penyebab crash dan celah keamanan. Selain itu Rust juga menggunakan concurrency primitive yang ringan sehingga kemampuannya bisa dikembangkan untuk banyak CPU core dengan mudah”

Jika kamu ingin mencobanya, source code Rust dan Servo sudah dirilis di Github. Belum ada jadwal kapan akan dirilisnya versi final dari Servo, tetapi sangat menarik untuk diketahui seperti apa ARM based browser buatan kolaborasi antara Mozilla dan Samsung ini.

via Mozilla

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.