Nokia dan Samsung Memperpanjang Kerjasama Paten Hingga 5 Tahun Kedepan

Nokia dan Samsung Memperpanjang Kerjasama Paten Hingga 5 Tahun Kedepan

0

Nokia dan Samsung Memperpanjang Kerjasama Paten Hingga 5 Tahun Kedepan

Bisnis memang unik. Di satu sisi harus bersaing, di sisi lain harus bekerja sama. Itulah yang terjadi dengan Nokia dan Samsung. Meskipun mereka sama-sama berebut market share di pasar smartphone, tetapi kerjasama antar keduanya tidak bisa dihindari.

Samsung dikabarkan akan memperpanjang kerjasama paten dengan Nokia hingga 5 tahun kedepan. Samsung akan membayar sejumlah biaya mulai 1 Januari 2014 hingga 2015 mendatang. Sebelumnya perjanjian kerjasama diantara mereka akan berakhir akhir 2013 ini.

Meskipun Microsoft sudah membeli Nokia, tetapi tidak semua bisnis Nokia dibeli oleh Microsoft. Mereka hanya membeli Device and Services Business milik Nokia, sedangkan segala hak paten masih dipegang oleh Nokia sebagai bagian dari Advanced technologies Business.

Nokia pernah menjelaskan bahwa ada 50 suplier smartphone yang juga melakukan kerjasama paten dengan mereka. Dengan semakin gencarnya perang paten antar manufaktur, keputusan Samsung untuk bekerja sama dengan Nokia adalah keputusan yang tepat. Kalau tidak Samsung harus perang paten dengan Nokia, sama seperti yang pernah mereka alami dengan Apple dulu.

via Nokia

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.