Nokia: Katakan Selamat Tinggal pada Symbian!

Nokia: Katakan Selamat Tinggal pada Symbian!

1

Nokia: Katakan Selamat Tinggal pada Symbian!

Mantan raja sistem operasi mobile – Symbian, sebentar lagi akan tinggal menjadi sejarah. Nokia dikabarkan bakal menghentikan pengembangan OS Symbian secara total untuk fokus di produksi smartphone dengan OS Windows Phone.

Symbian cukup lama menjadi OS mobile nomor satu di dunia. Setidaknya mulai 2002 hingga 2010, Symbian tetap memimpin market share mobile OS. Symbian digunakan oleh berbagai brand mulai dari Nokia, Siemens, Samsung, Ericsson, Sony Ericsson, Panasonic, Motorola, LG, dsb.

Namun kepopuleran Symbian mulai terkikis oleh Android dan iOS. Partner Nokia juga mulai pelan-pelan meninggalkan Symbian dan beralih menggunakan Android. Bahkan Nokia sendiri akhirnya mulai menggunakan Windows Phone.

Salah satu alasan kenapa perkembangan Symbian cukup lambat adalah karena code-nya yang sangat kompleks. Hal ini membuat developer cukup kesulitan untuk mengembangkan aplikasi dan plugin bagi platform tersebut. Nokia menyatakan bahwa mereka membutuhkan waktu hingga 22 bulan untuk mengembangkan smartphone Symbian, dan hanya membutuhkan waktu setahun saja untuk membuat smartphone berbasis Windows Phone.

Nokia dikabarkan sedang menyiapkan sekitar 500.000 smartphone Symbian. Smartphone ini bakal menjadi smartphone terakhir mereka yang menggunakan Symbian sebagai platformnya. Rencananya smartphone tersebut bakal dipasarkan beberapa bulan lagi, dan setelah itu Nokia bakal secara total mematikan Symbian.

Namun demikian Nokia sudah melakukan outsource kepada Accenture untuk melakukan support terhadap platform tersebut hingga tahun 2016 nanti.

via Mobileshop | UK Hardware

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Yanuar Lukman Arif

    kasihan sekali yah OS Symbian, padahal aku juga masih mengunakan OS Symbian di HP saya!!! haha rupanya sudah ketinggalan jaman!