OneDrive Placeholder Bakal Kembali di Windows 10 Redstone

OneDrive Placeholder Bakal Kembali di Windows 10 Redstone

0

Pada era Windows 8.1, Microsoft memiliki suatu fitur unik dari Ondrive yang mereka sebut Onedrive Placeholder. Fitur ini dengan cekatan memungkinkan kamu untuk menyimpan file yang sangat kecil pada disk dan hanya menunjukkan thumbnail dari dokumen yang di simpan pada OneDrive.

Lalu dengan mengklik dua kali pada placeholder, maka file akan terdownload ke komputer dan terbuka seolah – oleh itu selalu tersimpan di dalam disk kita. Dengan kata lain, file yang awalnya berkapasitas besar kemudian kita unduh tersebut hanyalah berisi sebuah cache yang tak terlalu banyak makan ruang pada disk.

Manfaat lainnya ketika kita tidak terhubung dengan internet, file tersebut masih bisa kita lihat dan kelola kembali. Tentu bagi yang sering mengelola OneDrive melalui File Explorer ini sangat familiar akan fitur fantastis akses cepat di semua konten cloud tanpa memberikan ruang banyak pada disk.

Baca juga:  Windows 10 Build 14393.5 Akan Menjadi Update Kumulatif Selanjutnya?

Sedangkan di Windows 10, fitur tersebut dihapus karena konsumen mengira itu akan memperlambat koneksi serta menganggap file tersebut tersimpan secara permanen di dalam disk mereka, padahal tidak.

Akhirnya di Windows 10 Microsoft menghilangkan Placeholder dan menggantinya dengan menyimpan file tersebut secara permanen sesuai keinginan konsumen.

Onedrive-sync

Namun ternyata di sisi lain, hilangnya Placeholder ini juga membuat kecewa sebagian pengguna Windows lainnya. Hal ini karena file yang awalnya kita backup untuk memperlega disk, kini kembali menyesasakkan sisi – sisi ruang disk yang akhirnya membuat kenangan lama bersemi kembali (Duh…). :))

Untuk itu kini Microsoft berencana membawa kembali OneDrive Placeholder pada build Redstone yang dikatakan bakal rilis pada bulan Juni 2016. Namun karena ini masih rencana, tentu kedepannya masih bisa berubah atau dibatalkan.

Baca juga:  Game Rise of the Tomb Raider Segera Hadir di Windows Store

Masih belum ada info lebih lanjut juga apakah placeholder ini bakal sama seperti yang ada di Windows 8.1 atau jauh lebih keren lagi. Tetapi prediksi WinPoin, untuk bisa menghandle dua sisi konsumen yang butuh dan tidak butuh placeholder, kemungkinan Microsoft bakal memberikan opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Placeholder ini di Windows 10 Redstone. Namun tentu saja kita masih harus menanti kabar lebih banyak di tahun 2016 nanti melalui berbagai Insider build yang rilis.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu lebih menyukai kembalinya fitur OneDrive Placeholder seperti di Windows 8.1 lalu, atau lebih menyukai seperti yang sekarang tanpa Placeholder di Windows 10 ini?

Bagikan pendapat kamu disini.

Baca juga:  Microsoft Sedang Mencari Cara Baru untuk Menghasilkan Uang dari Windows

Via Thurrott

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri