Pengujian Windows 10 Dilakukan Bekerjasama dengan Xiaomi – Apakah Xiaomi Juga Akan...

Pengujian Windows 10 Dilakukan Bekerjasama dengan Xiaomi – Apakah Xiaomi Juga Akan Membuat Perangkat Windows Phone?

13

Microsoft - Xiaomi

Xiaomi baru saja menjadi buah bibir karena berhasil menyeruak ke peringkat tiga besar perusahaan yang paling banyak menjual ponsel Android. Bahkan penempatan Lenovo di peringkat kedua sebenarnya ‘tidak sah’ karena jumlah penjualan sepanjang 2014 tersebut merupakan penjualan bersama antara Lenovo dan Motorola karena Lenovo baru saja mengakuisisi Motorola dari Google. Untuk Xiaomi sendiri, ini merupakan sebuah prestasi besar karena taktik hunger marketing mereka sukses besar dan memberikan tekanan pada kekuatan tradisional lama seperti Samsung.

Adalah hal yang unik bahwa Microsoft ternyata bekerjasama dengan Xiaomi untuk “membantu menguji Windows 10 dan memberikan kontribusi untuk rilisnya tahun ini”. Memang Xiaomi dikenal memiliki komunitas pengguna yang sangat kuat. Perusahaan ini memberikan update software hampir setiap minggu dan perhatian terhadap masukan para penggunanya. Inilah rupanya yang dicari Microsoft.

Lebih detail lagi, ternyata kerjasama ini mencakup pembuatan sebuah ROM untuk Android, yang mana memungkinkan ponsel Xiaomi menjalankan Windows 10! Menurut laporan dari blog teknologi terkemuka, TechCrunch, ROM ini nantinya dapat menjalankan dengan baik aplikasi Android yang dibuat oleh Microsoft (misalnya OneDrive, Microsoft Office, Skype, dan sebagainya). Mungkin harapan Microsoft adalah pengguna Android yang menjajal ROM ini nantinya akan tertarik untuk membeli ponsel Windows Phone sungguhan.

Microsoft_Xiaomi_2

 

Update: Telah ada konfirmasi resmi bahwa perangkat yang akan digunakan Xiaomi untuk membantu pengujian Windows 10 tersebut adalah Mi 4 yang merupakan salah satu perangkat high-end Xiaomi.

Kita juga mengetahui bahwa telah lama Microsoft berupaya memperluas jaringan OEM yang membuat perangkat Windows Mobile. Asus dan Lenovo telah menyatakan tertarik untuk ikut serta, bahkan rumor menyebutkan Lenovo dalam waktu dekat ini akan segera mengeluarkan perangkat Windows Phone. Dengan mesranya hubungan Microsoft dan Xiaomi, apakah ini berarti bahwa si “Beras Merah” – julukan Xiaomi – ini akan juga membuat perangkat Windows Phone? Jajaran eksekutif Xiaomi menutup rapat informasi ini, namun tentu saja tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi. Apalagi karena Microsoft tentu saja telah memberikan lisensi OS-nya untuk kepentingan kerjasama tersebut.

Kita nantikan saja hasil strategi Microsoft ini. Bila memang Windows 10 sedemikian memikat, maka nanti pasti Windows Phone akan mendapatkan lonjakan pengguna yang sangat signifikan!

 

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Hassan S Maulana

    Ini menarik, semoga dengan Xiaomi pengguna WP makin banyak.

    • kl Xiaomi rilis WP, pasti menarik
      karena kita tahu sendiri Xiaomi memiliki harga terjangkau tapi dengan desain dan specs yg cukup menggiurkan :D

      • Agil Faisal Rahman

        bakal bersaing berat dah sama ponsel lumia buatan microsoft,,

  • YanDhika

    halo huawei :v
    halo halo bandung :v
    masih ngeyel nggak mau produksi WP?

    • Duh padahal aku maunya kerjasamanya sama Huawei. pasti keren tuh klo pakai kirin

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Kalo dah kelar.. santap…

  • Budiです

    tapi. . nilai EPIC WP OS salah satunya ya desain warna warni itu :’)

  • Matsudara Adachi

    Windows 10 bakalan diterima banyak user.
    karena banyak Para Perusahaan bersedia bekerjasama dalam mengembangkan OS Tersebut :)
    .
    ga menutup kemungkinan Windows 10 jadi ‘Sasaran’ Market Perusahaan Teknologi juga :o

  • pekopekokun

    sepertinya sekarang Microsoft mulai beralih fokus belakangan ini ke software and service.
    mudah-mudahan di musim panas ini akan ada WP flagship terbaru dari microsoft

  • eza1993

    Cuma Nokia Lumia the best WP ever

  • Taufik Hidayat

    Enak tuh buat user Andorid, bisa milih. bosan pake android, install windows, bosan pake windows/bermasalah.. install balik andorid? kalo Lumia? bisa apa? MS yang punya, Office nya aja masih di tahan. kalo ga ada user voice waktu itu, jgn harap office WP bakal dtang menjadi lebih baik, cos udah di rilis duluan buat Android ma iOS

    (1) http://wmpoweruser.com/why-microsoft-can-not-give-up-on-windows-phone/

    (2) http://wmpoweruser.com/missing-windows-phone-features-difficult-understand/

    • Dari beberapa diskusi yang ‘belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya’, sepertinya enggak segampang itu kok. Jadi untuk sementara cuma ponsel Xiaomi yang bisa (spesifiknya Mi 4 yang memang diajukan ke program kerjasama tersebut), karena Microsoft memberikan driver dasar untuk menjalankan Windows di ROM tersebut hanya untuk Xiaomi. Entah juga kalau kemudian bisa diakali oleh para pengguna Android yang kreatif.

  • Redi

    Heran ama MS.. Kenapa lbh fokus ama OS tetangga.. Office.. Maps.. Cortana skg OSnya sendiri diboyong ksana..

    Kan jd ga ekslusif lg..

    Smg MS lbh tingkatin kinerja lumia.. Upload path aja masih lemot.. Download background ga bisa.. Smg di win 10 semua masalah kelar..