Penjualan PC Terus Anjlok di 2015, Prediksi Tahun Ini?

Penjualan PC Terus Anjlok di 2015, Prediksi Tahun Ini?

0

Penjualan PC Terus Anjlok di 2015, Prediksi Tahun Ini?

Sudah bukan rahasia lagi jika semenjak kemunculan smartphone, tablet, bahkan juga phablet, penjualan PC jadi terus menurun. PC disini bukan hanya desktop PC saja loh ya, tetapi juga laptop.

Tahun 2015 juga menjadi tahun yang kelam bagi penjualan PC. Bahkan penjualan PC di sepanjang tahun 2015 mengalami penurunan tertinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut data terbaru, tahun ini penjualan PC mengalami penurunan hingga 10.6%, sekaligus menjadi penurunan terburuk sejak tahun 2008 lalu. Seperti yang bisa kamu lihat dari data IDC berikut ini:

Penjualan PC Terus Anjlok di 2015, Prediksi Tahun Ini?

 

Kenapa Penjualan PC Terus Anjlok?

Dahulu, pekerjaan komputasi ringan ataupun berat bakal dilakukan di PC, karena memang itulah satu-satunya solusi di kala itu. Tetapi semenjak kemunculan smartphone, tablet, ataupun phablet, hal-hal ringan seperti browsing, chatting, bahkan juga edit dokumen bisa dilakukan di device tersebut.

Baca juga:  Microsoft Merilis Windows 10 Creators Update Build 14986.1001

Semakin banyaknya variasi device tersebut membuat orang yang cuman sekedar ingin melakukan kegiatan komputasi ringan jadi tidak mutlak harus membeli PC. Mereka bisa membeli tablet, phablet, bahkan juga smartphone yang semakin hari spesifikasinya semakin mumpuni.

Penggunaan PC juga menjadi tidak sesering di masa lalu, sehingga PC jadi cenderung lebih awet dibanding sebelumnya.

 

Prediksi Tahun Ini

Trend penurunan kita prediksi bakal terus terjadi di tahun ini. Hal ini karena vendor semakin berlomba-lomba menciptakan “pengganti PC” yang lebih mobile dan ringkas. Katakanlah Microsoft yang menelurkan Continuum untuk menyulap Windows 10 Mobile “menjadi PC” saat dihubungkan ke layar monitor, mouse dan keyboard. Bukan tidak mungkin jika kedepannya Google dan Apple akan mengikutinya juga.

Baca juga:  Inilah yang Biasanya Orang Lihat Sebelum Membeli Smartphone Baru

Lalu semakin maraknya hybrid 2-in-1 yang hingga kini oleh IDC tidak dimasukkan ke kategori PC karena masih dianggap sebagai ekstensi dari tablet.

Namun di tahun 2016 ini penurunan kita prediksi tidak akan setajam tahun kemarin. Hal ini karena bakal mulai banyak pembelian device baru seperti laptop berbasis touch, atau pengguna yang melakukan upgrade dengan specs yang lebih baik.

 

Era PC Sudah Berakhir?

Meskipun terus mengalami penurunan, tetapi PC tidak akan mati. Setidaknya hingga beberapa tahun kedepan PC masih menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan performa tinggi atau melakukan kegiatan komputing berat, seperti gamer, animator, video editor, web dan app developer, dsb.

Baca juga:  Upgrade Tonight: Taktik Baru Microsoft Menyemarakkan Windows 10

Siswa, mahasiswa, dan kalangan kerja pun bakal masih membutuhkan PC untuk memudahkan dan mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

Bukan tidak mungkin juga di masa depan PC bakal menjadi device niche yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang memang benar-benar membutuhkannya, sedangkan pengguna lain bakal memilih device alternatif seperti hybrid, tablet, bahkan smartphone untuk menemani aktivitas ringan mereka.

 

Itulah prediksi WinPoin seputar penurunan penjualan PC yang akan terus terjadi di tahun 2016, tetapi tidak akan membuat era PC berakhir.

Lalu bagaimana dengan prediksi kamu? Bagikan analisa kamu disini.

data via IDC

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.