Perang PC Tabung: Samsung ArtPC Pulse vs MSI Vortex vs HP Pavilion...

Perang PC Tabung: Samsung ArtPC Pulse vs MSI Vortex vs HP Pavilion Wave, Mana yang Terbaik?

0

Tahukah kamu bahwa nggak cuman Mac Pro aja yang berbentuk tabung? PC Windows juga ada yang berbentuk tabung, or at least, punya form factor berkonsep tabung.

Dari pantauan WinPoin, beberapa PC unggul yang memiliki form factor berkonsep tabung adalah Samsung ArtPC Pulse, MSI Vortex, dan HP Pavilion Wave. Lalu diantara ketiga PC tabung tersebut, mana yang terbaik?

 

Samsung ArtPC Pulse

Perang PC Tabung: Samsung ArtPC Pulse vs MSI Vortex vs HP Pavilion Wave, Mana yang Terbaik?

Ini merupakan PC tabung paling gress saat ini. Baru dirilis oleh Samsung, keberadaannya bahkan masih pre-order di Amazon.

Dari segi desain, ArtPC Pulse sangat clean dan premium dengan balutan full metal body, ambient lighting, serta speaker 360 omni-directional esutan Harman Kardon.

Dibandrol harga 15.7 juta rupiah untuk versi Core i5 + 256GB SSD + 8GB RAM, dan 20.9 juta rupiah untuk versi Core i7 + 256GB + 1TB HDD + 16GB RAM, ArtPC Pulse merupakan PC tabung dengan desain paling elegan dan profesional diantara yang lainnya.

Kedua versi ArtPC Pulse tersebut sama-sama dilengkapi dengan GPU AMD Radeon RX 460 2GB dengan hardware H.265 decompression untuk video 4K.

Bisa disimpulkan, Samsung ArtPC Pulse memiliki desain paling profesional dengan specs menengah diantara PC tabung lainnya. Digunakannya speaker Harman Kardon semakin membuat nikmat saat digunakan untuk menikmati dan mengolah multimedia.

Jadi PC tabung Samsung ArtPC Pulse ini cocok banget buat kamu yang banyak bekerja sebagai pengolah multimedia, seperti video editor, animator, music editor, graphic design, dsb.

Baca juga:  Cara Mengatur Lama Waktu Menampilkan Push Notification di Windows 10

 

MSI Vortex G65

Perang PC Tabung: Samsung ArtPC Pulse vs MSI Vortex vs HP Pavilion Wave, Mana yang Terbaik?

Jika ArtPC Pulse memiliki desain ciamik khas kalangan profesional kerja, MSI Vortex G65 ini memiliki desain garang khas para gamer. Jangan heran karena MSI Vortex memang gaming PC dengan konsep desain tabung.

Sebenarnya desainnya bukan 100% tabung, tetapi berkonsep tabung, dengan detail khas gaming PC yang bernuansa kepala alien.

Melihat spesifikasi Samsung ArtPC Pulse memang sebenarnya sudah sangat mumpuni, tapi jika dibandingkan dengan MSI Vortex G65, specs tersebut tidak ada apa-apanya.

Versi termurah MSI Vortex G65 dijual seharga 20.9 jutaan rupiah dengan spesifikasi:

  • Intel Core i7 generasi 6
  • 16GB RAM DDR4 (bisa diupgrade ke 64GB)
  • GPU Dual GeForce GTX960 SLI 3GB x 2 GDDR5
  • 256GB SSD + 1TB HDD (bisa diupgrade ke Super RAID 4)

Jadi versi termurah MSI Vortex G65 dibandrol harga yang sama seperti versi termahal dari ArtPC Pulse, namun dengan specs yang lebih powerful dan fleksibel karena upgradable.

Sedangkan versi termahal MSI Vortex G65 dibandrol harga 45.7 juta rupiah, dengan spesifikasi:

  • Intel Core i7-6700K generasi 6
  • 64GB RAM DDR4
  • GPU Dual GeForce GTX1080 SLI 8GB GDDR5
  • 512GB SSD + 1TB HDD (bisa diupgrade ke Super RAID 4)

Kalo ada yang pernah denger istilah specs dewa, MSI Vortex G65 versi termahal ini memilikinya.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Bash Ubuntu di Windows 10

Jadi PC tabung MSI Vortex G65 ini cocok banget untuk para gamer hardcore yang banyak main game-game berat, meskipun sebenarnya dengan spesifikasi tersebut juga sudah amat sangat nyaman digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan profesional.

 

HP Pavilion Wave

Perang PC Tabung: Samsung ArtPC Pulse vs MSI Vortex vs HP Pavilion Wave, Mana yang Terbaik?

Berbeda dengan Samsung ArtPC Pulse dan MSI Vortex G65 yang jor-joran specs dan kemewahan, HP Pavilion Wave ini lebih menyasar ke pengguna rumahan dan kantoran dengan budget minim.

Desainnya berkonsep tabung dengan bentuk dasar segitiga. Bagian luar dibalut dengan eksterior fabric lembut nan elegan, yang membuatnya semakin cocok sebagai PC rumahan.

Versi termurah yang hanya dibandrol harga 7 jutaan saja, dengan spesifikasi:

  • Prosesor Core i3-6100T
  • 8GB DDR4 (bisa diupgrade ke 64GB)
  • GPU AMD Radeon R9 M470 2GB GDDR5
  • 1TB 7200 RPM SATA HDD

Sedangkan versi termahal HP Pavilion Wave dibandrol harga 8.9 jutaan rupiah, dengan specs yang membedakan hanya prosesor saja yang sudah menggunakan Core i5-6400T.

Mirip seperti ArtPC Pulse, HP juga menyematkan speaker 360 surround, bedanya HP menggunakan speaker keluaran B&O Play.

Dari harga, specs, dan desain, jelas HP Pavilion Wave ini cocok digunakan oleh pengguna rumahan atau kalangan pekerja kantor. Fakta bahwa HP Pavilion Wave merupakan yang termurah dengan specs paling lemah jika dibandingkan PC tabung lainnya juga memastikan PC ini paling cocok untuk kamu yang tidak butuh specs mewah dan memiliki budget terbatas.

 

Baca juga:  Download Ebook: Panduan Lengkap Ubuntu Linux Terbaru

Mana yang Terbaik?

Tentu saja kini semua tergantung dari kebutuhan kamu.

  • Jika kamu adalah pengguna rumahan atau pekerja kantoran dengan kebutuhan sistem yang tidak terlalu berat, maka HP Pavilion Wave paling tepat kamu miliki. Selain karena harganya yang paling terjangkau diantara ketiganya, desainnya juga sangat cozy untuk dipajang di rumah.
  • Jika kamu adalah gamer ataupun orang dengan profesi yang membutuhkan kinerja sistem powerful, MSI Vortex G65 merupakan pilihan yang tepat. Urusan spesifikasi dan power tidak perlu diragukan lagi, bahkan versi termurahnya masih jauh lebih powerful daripada ArtPC Pulse meskipun dibandrol dengan harga yang sama.
  • Jika kamu kalangan profesional yang membutuhkan audio ciamik, atau desain futuristik, ArtPC Pulse bisa menjadi pilihan. Tetapi jujur saja menurut WinPoin, Samsung ArtPC Pulse ini cukup overpriced jika dibandingkan dengan yang lainnya, apalagi dengan specs yang kurang begitu fleksibel untuk diupgrade.

Nah itulah gaes ulasan dari 3 PC tabung kali ini. Jika kamu punya penilaian lain, silakan disampaikan di kolom komentar.

Sayangnya ketiga PC tabung tersebut cukup sulit ditemui di Indonesia. Jadi jika tertarik satu-satunya solusi termudah adalah membelinya online di overseas store.

NB: Pengumuman Pemenang Giveaway Phablet Cube WP10 4G

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.