Project Adam: Project Gila Microsoft untuk Membuat Komputer “Secerdas” Manusia

Project Adam: Project Gila Microsoft untuk Membuat Komputer “Secerdas” Manusia

2

Project Adam: Project Gila Microsoft untuk Membuat Komputer “Secerdas” Manusia

Saat ini kita sudah memasuki era baru dimana Artificial Intelelligence mulai diperhitungkan keberadaannya. Munculnya Siri, Google Now, dan Cortana adalah awal dari peran kecerdasan buatan dalam membantu berbagai kebutuhan manusia. Tiga perusahaan besar dunia yaitu Google, Apple, dan Microsoft berlomba-lomba menciptakan komputer cerdas mereka, dan Project Adam merupakan project gila Microsoft untuk membuat komputer yang memiliki “kecerdasan” seperti manusia.

Microsoft menyadari bahwa komputer yang paling cerdas di bumi ini bukanlah sebuah komputer, melainkan otak manusia. Untuk itu dalam mengembangkan Project Adam, mereka benar-benar meniru bagaimana cara otak manusia bekerja. Microsoft menghubungkan power computing dalam jumlah yang super banyak dan membuatnya saling terhubung satu sama lain untuk meniru bagaimana milyaran neuron otak manusia bekerja.

Hasilnya Project Adam mampu melakukan deep learning, yaitu mengenali suara, mengenali gambar, serta membaca dokumen. Kecerdasan buatan ini seolah-olah bisa mendengar, melihat, berfikir, dan belajar dari berbagai hal yang dia terima.

Untuk saat ini Microsoft memfokuskan Project Adam untuk bisa mengenali dan mengklasifikasi foto. Sebagai contoh ketika kamu sodorkan foto kucing, maka Adam bisa mengenali itu kucing persia atau anggora, dan bahkan bisa mengenali jenisnya secara spesifik.

Saat ini Project Adam memiliki lebih dari 2 milyar power computing yang terhubung menjadi satu. Berbagai optimasi yang dilakukan oleh Team Microsoft Research membuatnya bisa mengenali gambar dengan akurasi 2 kali lebih tinggi dan menggunakan power computing 30 kali lebih sedikit. Microsoft mengklaim bahwa kecerdasan buatannya ini 50 kali lebih baik daripada Artificial Intelligence yang ada saat ini.

Project Adam rencananya akan digunakan untuk memperbaiki kualitas Bing, dan bukan tidak mungkin juga kedepannya bakal dijadikan otak dari smart assistant andalan Microsoft: Cortana.

Jika saat ini saja Cortana sudah mampu menebak hampir semua pertandingan piala dunia dengan tepat dan akurat, lalu bagaimana nanti setelah menggunakan otak dari Project Adam ya..???

via wired

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • abay

    memang kemajuan teknologi semakin canggih saja..

  • Rabbil AR

    wahh ini nanti bkalan jdi civil war ga ya :p