Project Loon: Akses Internet Gratis dari Google Melalui Balon Udara!

Project Loon: Akses Internet Gratis dari Google Melalui Balon Udara!

0

Project Loon: Akses Internet Gratis dari Google Melalui Balon Udara!

Mari kita akui: akses internet di Indonesia masih tergolong mahal. Jangankan akses internet dengan kecepatan Mbps, internet dengan kecepatan Kbps saja harganya sudah cukup menguras kantong. Kalaupun ada yang murah, pasti ada *bintang-bintangnya* alias ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain mahal, konektivitas internet juga masih cukup terbatas dan belum merata. Tetapi Google memiliki sebuah project yang cukup unik, yaitu Project Loon – sebuah project untuk memberikan akses internet secara luas melalui balon-balon udara.

Project Loon ditujukan untuk memberikan akses internet kepada orang-orang yang belum bisa menikmati internet. Memang benar, meskipun internet seringkali disebut ada dimana-mana..tetapi faktanya 2/3 dari penduduk belum bisa menikmatinya karena ada keterbatasan akses.

Melalui Project Loon Google akan melepaskan balon-balon ke udara. Balon tersebut akan terbang di Stratosfer, jauh diatas pengaruh cuaca dan 2 kali lebih tinggi daripada rute pesawat terbang.

Setiap balon udara akan memberikan akses internet berkecepatan setara 3G dengan diameter cakupan sekitar 40KM. Balon ini dilengkapi dengan algoritma yang bakal menentukan kemana dia harus berada, sehingga tidak akan berada terlalu jauh dari area target meskipun telah terkena hembusan angin.

Balon tersebut akan terbang bebas di udara dan akan memberikan koneksi internet yang ditangkap menggunakan antena khusus di rumah atau bangunan penduduk. Akses internet dari Project Loon kemudian bisa dinikmati oleh siapapun di area tersebut.

Project Loon masih dalam tahap eksperimental, dan New Zealand menjadi tempat awal untuk eksperimen tersebut.

Akankah balon udara ini nantinya bisa sampai di Indonesia?

via Google

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.