Prototype Adaptive Keyboard ala “Touch Bar” MacBook Sudah Diperkenalkan Microsoft di 2009...

Prototype Adaptive Keyboard ala “Touch Bar” MacBook Sudah Diperkenalkan Microsoft di 2009 (Video)

0

Prototype Adaptive Keyboard ala “Touch Bar” MacBook Sudah Diperkenalkan Microsoft di 2009 (Video)

Seperti yang sudah WinPoin ulas sebelumnya bahwa bulan Oktober kemarin merupakan Parade terbesar dari dunia teknologi di 2016.

Setelah Microsoft merilis Surface Studio, Surface Dial, dan Surface Book baru, Apple merilis juga MacBook Pro 2016 terbaru dan memperkenalkan teknologi Touch Bar nya.

Keunikan dari touch bar di MacBook Pro 2016 terbaru adalah menu dan kontrolnya yang berubah sesuai dengan aplikasi yang dibuka. Katakanlah kamu membuka Final Cut Pro X, maka di Touch Bar bakal ditampilkan timeline, atau jika membuka iMessages maka di Touch Bar kamu bisa mengakses smilley, dsb.

Namun ternyata Microsoft pernah memperkenalkan konsep yang mirip dengan Touch Bar Apple ini, tetapi sudah pada tahun 2009 lalu ketika masih era dari Windows 7.

Kamu bisa melihat sendiri videonya yang diupload sejak 2010 lalu:

Mungkin memang terlihat lebih kuno daripada Touch Bar milik Apple saat ini (hey, konsep ini memang dibuat tahun 2009!)

Terlihat bahwa ada “touch bar” di bagian atas yang menu dan kontrolnya berubah sesuai dengan software yang sedang dibuka. Tetapi ada perbedaan besar disini, dimana keyboard di konsep microsoft ini benar-benar full touch dengan tombol-tombol juga bisa berubah fungsi, sedangkan Touch Bar Apple hanya di bagian atas saja sedangkan bagian bawah tetap keyboard mekanik non-touch.

Lalu kenapa Microsoft tidak merilisnya kala itu, hingga Apple merilis touch bar di MacBook Pro 2016 terbaru?

Salah satu alasan yang cukup masuk akal adalah karena saat itu Microsoft masih fokus sebagai perusahaan software, bukan hardware. Jadi ide dan konsep seperti ini jarang yang dieksekusi menjadi produk jadi.

Ya..meskipun Xbox juga sudah dirilis sejak 2001, tetapi memang fokus produksi hardware Microsoft kala itu tidak sebesar sekarang.

Saat ini Touch Bar telah menjadi inovasi utama Apple di MacBook Pro 2016, sedangkan Microsoft terlihat nyaman dengan fokus di full touch screen PC seperti Surface Studio, Surface Pro, dan Surface Book.

Kita tinggal melihat apakah touch bar atau full touch screen PC yang bakal menjadi idola baru bagi pengguna komputer kedepannya.

Kalau menurut kamu, enak pake touch bar atau pake touch screen?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.