Review Acer One 10 – Notebook Hybrid dengan Harga Terjangkau dari Acer

Review Acer One 10 – Notebook Hybrid dengan Harga Terjangkau dari Acer

0

Ingin memiliki perangkat komputer yang mirip seperti Microsoft Surface tapi terbatasi dengan dana yang sangat pas – pasan? Tak perlu khawatir karena kini mulai banyak brand yang merilis perangkat hybrid 2-in-1 ala Surface dengan harga yang terjangkau.

Salah satunya adalah Acer yang pernah merilis salah satu perangkat hybridnya bernama Acer One 10 dan layak kamu gunakan untuk penggunaan standar.

Sebelumnya saya mendapatkan perangkat ini pada event tahunan situs e-Commerce terbesar di Indonesia yaitu Lazada pada event Harbolnasnya dari tanggal 10 – 12 Desember 2015 lalu, keuntungannya cuman satu dari event tersebut yaitu diskonnya cuman mampu menutupi biaya ongkos kirim.

Back to topic, sebenarnya Acer One 10 ini sudah dirilis pada awal tahun 2015 ini hanya saja mungkin saya kurang peka terhadap device ini sehingga saya baru membelinya baru pada saat ada event harbolnas.

Introduction

Acer One 10
Acer One 10 S1001

Acer One 10 adalah salah satu notebook hybrid keluaran acer yang membawa spesifikasi luar biasa dalam hal konsumsi daya yang sangat kecil, Acer One 10 ini memiliki keunikan pada layarnya yang bisa dilepas mengingat ini memang hal yang biasa pada perangkat hybrid.

Tapi ini agak berbeda dengan notebook hybrid dengan kisaran harga 4 – 3 juta dimana rata – rata perangkat hybrid tidak menyediakan HDD dan tambahan port secara bersamaan pada magnetic keyboardnya, namun saat ini saya hanya menemukan Lenovo Mix dan Acer One saja yang memasang port tambahan dan HDD pada magnetic keyboardnya.

Untuk urusan spesifikasi memang kedua perangkat hybrid tersebut hanya berbeda sedikit namun saya lebih memiliki Acer One 10 karena service center lenovo di kota saya agak jauh dan tidak sebanyak acer (meskipun service center pusatnya ada satu).

Acer One 10 Datang dengan Hardware Low Voltage

Acer One 10
Tampilan Logo Intel pada Acer One 10

Kita bahas masalah hardware yang mungkin akan diperdebatkan karena harganya cukup murah. Hardware yang dibawa pada Acer One 10 ini tergolong biasa dan sudah sering kita jumpai pada laptop dengan harga dibawah 5 juta. namun Acer One 10 ini membawa prosessor yang tidak biasa meskipun performanya masih biasa – biasa saja, Intel Atom Z3735F merupakan prosessor intel seri Baytrail yang dimana seri tersebut hanya akan kita temui pada perangkat mobile seperti Intel PC USB Stick, Asus Transformer, bahkan produk dalam negeri yaitu Axioo Windroid dan Advan Vanbook.

Baca juga:  5 Hal yang Kamu Peroleh dengan Mendaftarkan Microsoft Account

Apa yang istimewa dari seri Baytrail ini? Pertama keistimewaan processor ini adalah terletak dari konsumsi dayanya. Lalu yang kedua processor ini hampir rata – rata menggunakan Quad Core atau berotak empat yang berarti kecepatan processor bukanlah penentu dari performa yang didapat.

Dibalik kehebatan processor baytrail yang tertanam, Acer One 10 juga menggunakan RAM 2GB DDR3L SDRAM yang dimana huruf L dari kata DD3 adalah Low Voltage atau membutuhkan daya yang sedikit.

Menggunaan hardware low voltage adalah salah satu keharusan bagi produsen PC untuk membuat perangkat mobile seperti Notebook Hybrid, karena perangkat mobile sangat bergantung dengan baterai yang memang baterai tidak memiliki daya muat yang terlalu besar.

Port yang tersedia lengkap

IMG_20151225_171102

Untuk masalah port yang tersedia pada perangkat ini lumayan lengkap dan terbatas karena setiap jenis portnya hanya berjumlah satu, pada bagian sisi kiri terdapat port – port yang siap dihubungkan dan beberapa tombol seperti tombol volume dan tombol windows.

Masalah yang sangat sering saya hadapi untuk masalah ketersediaan port adalah USB Port yang hanya terletak di magnetic keyboard dan bukan diletakkan pada layarnya, mungkin bagi orang yang sudah mengerti penggunaan tablet ini adalah hal yang wajar karena ukuran USB Port sangat bertentangan dengan tebalnya layar.

Baca juga:  Bagaimana Cara Mengirim File Berukuran Besar Lewat Email?

Tapi bagi yang belum terbiasa mungkin kamu harus belajar saat menggunakan perangkat ini karena jika magnetic keyboardnya tidak sengaja terlepas saat menyalin data dari flashdisk ke memory internal maka flashdisk tersebut akan otomatis dicabut dan kamu harus memasangnya lagi dan mengulang menyalin data.

Layar 10 Inch dan sudah Touch Screen

IMG_20151215_123823

Tidak enak rasanya jika notebook hybrid tidak memiliki kemampuan layar sentuh yang saat ini sangat booming semenjak Windows 10 dirilis ke publik dan mulai dijual ke pasaran, Acer One 10 hadir dengan layar Active Matrix TFT Colour LCD sebesar 10,1 Inch dan sudah memiliki kemampuan multitouch hingga 5 Jari.

Acer pernah mengklaim bahwa layarnya bisa melihat gambar HD, namun untuk saat ini saya belum pernah merasakannya karena memang membedakan Full HD dan HD itu susah jika tidak dilihat dari perspektif.

Dengan bantuan Intel HD Graphic yang sudah di tanam pada processor, Acer One 10 memiliki pengalaman baik dalam memutar Video dengan resolusi HD dan kamu tidak perlu takut ada skip frame.

Magnetic Keyboard yang sangat membantu

IMG_20151225_170833

Apa jadinya Acer One 10 jika tidak memiliki Magnetic Keyboard? Mungkin sedikit terasa hampa karena tidak terbiasa menggunakan touch screen, sesak karena kurangnya media penyimpanan, dan kurang nyaman karena harus menggunakan keyboard konvensional.

Acer tampaknya sudah memikirkan hal ini saat merilis perangkatnya ke pasaran dan memang orang kita belum terbiasa menggunakan penyimpanan SSD karena harganya yang bombastis, untuk mengurangi ketakutan tersebut acer sudah menyiapkan Magnetic Keyboard yang didalamnya terdapat HDD dan Port USB tambahan untuk tambahan media penyimpanan.

Dalam hal ini kamu bisa dengan bebas memasang aplikasi pada HDD tambahan tersebut. namun perlu di ingat jika magnetic keyboardnya di lepas secara otomatis aplikasi yang terpasang juga tidak bisa dijalankan, maka dari itu kamu harus hati – hati dalam memasang aplikasi di HDD tambahan.

Baca juga:  Aspire C: AIO (All-in-One) PC Terbaru dari Acer

Free Upgrade To Windows 10 and Office 365

Acer One 10
Upgradable To Windows 10

Acer One 10 datang dengan sistem operasi Windows 8.1 Update Single Language dan Microsoft Office 365 selama satu tahun, tapi dengan janji microsoft kamu bisa mengupgradenya ke Windows 10 tanpa perlu aktivasi ulang lagi.

Tapi sebelum kamu mengupgrade dari Windows 8.1 ke Windows 10, kamu harus memiliki SD Card terlebih dahulu untuk menyimpan data instalasi pada SD Card. Sehingga pada saat proses instalasi kamu tidak perlu lagi menunggu berjam – jam berharap proses instalasi selesai di WiFi Corner, cukup lepas keyboardnya dan biarkan instalasinya berjalan di ransel kesayanganmu :D.

Untuk harga kisaran dibawah 4 juta mungkin ini adalah hal yang jarang kita temui akan tetapi Microsoft mencoba untuk membuka peluang bagi para penggunanya yang memiliki dana yang pas – pasan dalam lisensi original.

Kesimpulan

Acer One 10 merupakan perangkat hybrid termurah setelah Axioo Windroid 9G dan Lenovo Mix, dengan hardware yang ramah lingkungan serta magnetic keyboard yang terdapat HDD tambahan didalamnya.

Acer One 10 bisa menjadi salah satu perangkat hybrid yang wajib kamu beli untuk penggunaan normal atau standar, untuk penggunaan yang sangat berat seperti multimedia saya sangat menyarankan untuk menggunakan Asus Transformer Book dan Acer Switch 11 E.

Perangkat hybrid ini sangat cocok untuk pelajar atau penggguna yang masih belajar tentang komputer, perangkat ini tidak disarankan untuk pengguna yang mengandalkan performa gaming dan editing video yang cepat karena spesifikasinya yang belum mampu untuk mengerjakan itu semua.

Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.