Review Internet: Loop – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

Review Internet: Loop – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

0

Review Internet: Loop - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

Beberapa waktu lalu saya sudah mereview internet Bolt 4G Ultra LTE yang sudah saya gunakan 2 tahun lebih. Kini saya melanjutkan review untuk Telkomsel (Simpati) Loop.

Loop merupakan koneksi internet backup yang selalu saya gunakan ketika Bolt bermasalah. Seperti yang sudah saya review sebelumnya, dalam satu minggu selalu ada saja momen permasalahan sinyal dan terputusnya koneksi yang terputus di Bolt. Dan saat itulah Loop datang menjadi koneksi internet backup saya.

 

Kemudahan Pendaftaran

Karena berbasiskan mobile provider, pendaftaran Loop terbilang mudah. Cukup isi pulsa dan pilih paket di *567#. Setelah membeli dan terkonfirmasi, maka koneksi internet Loop sudah siap kamu gunakan.

Jangan lupa perpanjang paket kamu sebelum masanya habis, karena jika tidak maka sisa kuota bakal hangus.

Ini sangat sering saya alami, terlebih kuota kalong saya yang selalu sisa banyak dan berakhir hangus saat lupa perpanjang paket.

Ah..back to topic, untuk kemudahan pendaftaran, Loop layak dapat nilai 9 karena bisa langsung daftar secara instan melalui smartphone kamu.

 

Harga & Paket Loop

Ini yang saya tidak begitu sukai dari kebanyakan provider mobile: paket yang banyak dan seringkali membingungkan.

Dalam banyak hal sebenarnya saya ingin paket yang simple, bayar segini per bulan dapat kuota segini. Tetapi hal itu sulit untuk ditemui di provider mobile, termasuk juga Loop.

Baca juga:  Microsoft Merilis Office Insider Build 16.0.6528.1008 untuk Android

Loop memiliki banyak paket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, tetapi dibandingkan dengan Bolt misalnya, paketnya lebih rumit.

Misal nih untuk paket yang cukup sering saya gunakan yaitu Max Loop yang di lokasi saya (Tangerang) dibandrol harga 57 ribu rupiah. Rincian paketnya tidak begitu simple:

  • Total 6 GB kuota, 2 GB (500 MB nasional + 1.5 GB lokal) 24 jam + 2GB (00:00 – 09:00) + 2GB Wi-Fi (@ flashzone_seamless)

Nah..lumayan pening kan? Hehe.

Paket lain yang paling sering saya gunakan adalah Gila OnLoop yang di lokasi saya dibandrol harga 120 ribu rupiah dengan detail paket:

  • Total 16GB kuota, 12.5GB (00:00 – 09:00) + 1GB di 2G/3G + 2.5GB 3G (00:00 – 24:00)

Untuk tahu paket Loop yang lain, kamu tinggal akses saja *567#.

Jika kamu kurang suka begadang, harga Telkomsel Loop mungkin terasa mahal karena paket malam yang jarang digunakan dan hanya mengandalkan paket 24 jam saja.

Namun demikian paket malam Loop masih tergolong pengertian karena memberikan kesempatan pakai hingga jam 9 pagi. Cukup siang dibandingkan paket pre-paid Bolt yang memberikan maksimal penggunaan paket kalong jam 8 pagi.

Dengan harganya yang masih mahal, pemecahan paket kuota yang cukup rumit, dan banyak diterapkannya kuota kalong yang mengharuskan pengguna untuk begadang, untuk harga dan paket Loop dapat nilai 6.

Baca juga:  Seperti Inilah Tampilan Facebook Messenger Universal Apps untuk Windows 10 (Leaked)

 

Kecepatan Internet Loop

Selama ini saya memakai Loop menggunakan smartphone 3G lawas saya, Lenovo S890. Selama beberapa tahun terakhir smartphone ini cuman saya pake sebagai modem untuk tethering WiFi ketika menggunakan Loop.

Hasilnya kecepatan internet Loop yang saya dapatkan tidak terlalu mengecewakan. Sebagai koneksi backup ketika internet utama down / bermasalah, saya sudah puas dengan kecepatan 5 Mbps lebih yang sudah mumpuni untuk kebutuhan kerja saya.

Review Internet: Loop - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

Untuk itu pada kecepatan internet, Loop berhak mendapatkan 7.

 

Kestabilan & Coverage

Ini yang paling saya suka dari koneksi internet besutan Telkomsel: kestabilan dan coverage nya mantab!

Saya belum pernah mendapati gangguan yang berarti selama menggunakan Loop di Tangerang.

Setiap kali Bolt saya sinyalnya redup dan koneksi internet mati, koneksi internet dari Loop selalu siap untuk menemani.

Bahkan ketika mendung, gerimis, ataupun hujan ringan dan Bolt sudah mati duluan, koneksi Loop masih lancar untuk digunakan.

Dulu ketika Bolt mati sampai hampir sebulan, Loop hampir tidak pernah gangguan sedikitpun.

Cuman ada satu masalah yang meskipun tidak begitu mengganggu, tetapi seandainya tidak ada bakal lebih nyaman lagi, yaitu koneksi yang kadang-kadang putus setelah idle dalam waktu lama.

Problem ini bisa mudah diselesaikan dengan mematikan Data Connection dan menghidupkannya lagi.

Dengan stabilnya koneksi dan coverage nya yang luas, Loop layak mendapatkan nilai 9.

Baca juga:  Microsoft Merilis UWP Community Toolkit untuk Developer

 

Kesimpulan

Loop memiliki kestabilan koneksi dan coverage jaringan yang luas, membuatnya jarang mengalami gangguan internet bahkan pada cuaca hujan sekalipun.

Kecepatan internetnya mumpuni, namun paketnya rumit dan harganya terbilang mahal.

Jika kamu murni menggunakan smartphone, Loop bisa menjadi pilihan bagus. Tetapi jika kamu menggunakan internet di PC untuk aktivitas sehari-hari, maka penggunaan kuota Loop yang tergolong mahal perlu kamu waspadai.

Kestabilannya yang bagus membuat Loop tepat kamu jadikan sebagai koneksi untuk membackup koneksi internet utama saat mengalami gangguan, terutama bagi kamu yang bekerja secara online dan internet menjadi bagian yang sangat penting dari pekerjaan kamu sehari-hari.

Total poin review rata-rata untuk Telkomsel (Simpati) Loop adalah  7.75. Not bad!

 

Tips Jika Kamu Ingin Menggunakan Loop

  • Pilih paket Loop yang sesuai kebutuhan, jangan tergoda dengan banyaknya total kuota, tetapi lihat dulu pembagiannya. Pastikan pembagian kuota bisa kamu nikmati semaksimal mungkin.
  • Jangan terlambat memperpanjang paket, atau sisa kuota kamu akan hangus.
  • Jika koneksi Loop tiba-tiba putus, matikan kuota data dan hidupkan lagi (jika menggunakan smartphone), atau restart modem jika menggunakan modem non-smartphone.

Itulah review internet Telkomsel (Simpati) Loop. Jika kamu juga pengguna internet Loop, silahkan bagikan experience kamu di kolom komentar berikut ini.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.