Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

0

Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

Hari ini saya mudik ke Malang, dan tentu saja koneksi internet andalan saya di Tangerang (Bolt 4G Ultra LTE) menjadi tak berguna di kota kelahiran saya ini.

Namun dengan bertanya ke beberapa teman internet apa yang cepat dan mudah digunakan di Malang saat ini, beberapa menyarankan saya untuk mencoba Smartfren Andromax 4G LTE.

Alhasil saya pun langsung meluncur ke gerai Smartfren dan menebus Andromax M2Y 4G LTE.

 

Kemudahan Pendaftaran

Sama seperti Bolt 4G Ultra LTE, pendaftaran Smartfren Andromax 4G LTE juga sangat mudah. Saya datang ke gerai Smartfren dan kurang dari 20 menit kemudian modem Andromax 4G LTE (M2Y) sudah bisa saya bawa pulang dan langsung bisa digunakan untuk internetan.

Sebagai informasi, di kota Malang saya mendapatkan modem Andromax M2Y 4G LTE seharga 299 ribu rupiah.

Untuk kemudahan pendaftaran saya berikan nilai 10 kepada Smartfren Andromax 4G LTE.

 

Harga & Paket Smartfren Andromax 4G LTE

Smartfren menawarkan berbagai macam jenis paket, mulai dari prabayar dan pascabayar.

 

Paket prabayar cukup bervariasi:

Ada beberapa jenis paket, untuk paket Connex EVO volume based, pilihan internet sangat beragam. Berikut ini adalah daftar paket versi bulanan:

  • 50 ribu untuk 1.75GB kuota data
  • 60 ribu untuk 2GB kuota + 12GB kuota kalong
  • 100 ribu untuk 5GB kuota + 12GB kuota kalong
  • 150 ribu untuk 9GB kuota + 12GB kuota kalong
  • 300 ribu untuk 18GB kuota + 12GB kuota bonus 24 jam

Daftar paket selengkapnya (termasuk juga versi harian) bisa dilihat disini

Namun demikian tadi ketika mengisi paket 150 ribu, saya mendapatkan lagi bonus 2GB kuota.

Ketika saya konfirmasi ke mbak cantik customer support di gerai tersebut, bonus ini berlaku pembelian paket selama 12 bulan kedepan / 12 kali pengisian.

Selain itu ternyata saya juga dapat tambahan bonus kuota lagi sebesar 4.5GB (1.5GB kuota utama + 3GB kuota kalong) dari proses aktivasi berlangganan.

Jadi total kuota yang saya dapatkan menjadi 12.5GB kuota utama + 15G kuota kalong.

Sebenarnya dari skema paket internet prabayar tersebut, penerapan paket Andromax 4G LTE tidak begitu membingungkan, karena untuk paket diatas 50 ribu maka semua kuota kalong nya sama persis yaitu 12GB, yang membedakan cuman kuota data utama saja.

Baca juga:  10 Fitur yang Bakal Ditanamkan di Windows 10 Anniversary Update

Tetapi waktu kalong nya yang terbatas hanya di jam 01.00 – 06.59 terbilang cukup ngeri. Jadi bagi kamu para pekerja kantoran atau orang yang tidak begitu suka begadang seperti saya, maka kuota kalong kamu mungkin bakal hangus karena jarang terpakai.

 

Paket Pascabayar Tetap Menerapkan Kuota Kalong

Sayangnya berbeda dengan Bolt yang meskipun paket prabayar menerapkan kuota kalong namun paket pascabayar full 24 jam pemakaian, Smartfren tidak mengambil langkah yang sama.

Paket pascabayar Smarfren Andromax 4G LTE dibandrol harga 150 ribu per bulan untuk 21GB kuota (9GB kuota utama + 12GB kuota kalong), dan akumulasi kuota kalong dibatasi maksimal hanya 24GB saja. Lebih dari itu maka kuota kalong kamu tidak akan terhitung dan terakumulasikan.

Besarnya kuota yang didapatkan pengguna prabayar ini sama persis dengan paket pascabayar yang 150 ribu.

Jadi satu-satunya keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari berlangganan paket pascabayar adalah mendapatkan modem MIFI nya secara gratis (bundling).

Untuk harga dan paket tersebut, saya beri nilai 6 kepada Smartfren Andromax.

 

Kecepatan Internet Smartfren Andromax 4G LTE

Kecepatan Smarfren Andromax 4G LTE terbilang impresif. Di kota Malang saja Smartfren Andromax 4G LTE mampu membukukan download speed sebesar 14.31 Mbps dengan upload speed 3.86 Mbps.

Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

Kecepatan ini cukup bersaing dengan Bolt Ultra 4G LTE yang hingga saat ini hanya eksklusif di Jabodetabek dan Medan saja.

Saya tidak sabar untuk membandingkan kecepatan keduanya ketika sudah sampai di Tangerang nanti.

Untuk penggunaan kerja harian, browsing, download, nonton video, menikmati hiburan, hingga video call, performa Smarfren Andromax 4G LTE sudah sangat mumpuni.

Jadi untuk kecepatan internet, Smartfren Andromax 4G LTE berhak dapat nilai 8.

 

Kestabilan & Coverage

Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

Sebenarnya saya cukup terkejut dengan jangkauan 4G Smartfren di kota Malang. Dengan lokasi rumah saya yang terletak di pucuk perkampungan dan cenderung masih bersuasana desa, jangkauan sinyal 4G nya masuk dengan lancar dengan jumlah bar sinyal hampir penuh!

Sepanjang yang saya gunakan beberapa waktu ini, koneksi internet juga terus stabil tanpa gangguan. Hanya saja tentu saya bisa lebih akurat dalam mereview stabilitas setelah menggunakannya 6 bulan – 1 tahun kedepan dan melihat seberapa sering gangguan yang terjadi.

Baca juga:  Kemenkominfo Terbitkan Aturan Untuk Netflix di Bulan Maret

Namun untuk sementara ini, untuk kestabilan dan coverage saya beri nilai 9 untuk Smartfren Andromax 4G LTE.

 

Customer Support

Sedikit berbeda dengan CS Bolt di wilayah saya, CS Smartfren Andromax 4G LTE di Malang terbilang lebih aktif dalam menjelaskan produk. Pemahaman akan paket, promo, sampai ke spesifikasi teknis dari modem sangat dalam.

Bahkan sebelum beli saya menanyakan berbagai macam hal teknis seputar perbedaan antara beberapa modem yang tersedia, dan semua disikat habis sama mereka.

Jelas training dan persiapan yang dilakukan oleh CS Smartfren Andromax 4G LTE ini lebih matang.

Untuk pengetahuan mendalam akan produknya berikut keramahan dan kesabaran dalam melayani konsumen, nilai 9 layak untuk disematkan.

 

Kemudahan Pembayaran

Pembayaran atau top up pulsa di Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) juga mudah. Kamu tinggal isi saja pulsa sesuai jumlah paket yang kamu inginkan, dan akan otomatis langsung terkonversi menjadi kuota.

Pembelian pulsa bisa kamu lakukan melalui counter pulsa, internet banking, kartu kredit, ataupun langsung ke gerai Smartfren.

Menu top-up juga tersedia langsung melalui akses ke dashboard admin modem di 192.168.1.1. Halaman admin nya memiliki menu dan user interface yang familiar khas Modern UI di start screen Windows 8.1.

Review Internet: Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) - Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb

Jika kamu memilih paket pascabayar maka biaya bulanan bakal langsung di charge dari kartu kredit.

Menariknya Smartfren Andromax 4G LTE juga memperbolehkan pelanggan pascabayar membayar dengan cash langsung selama 1 tahun kedepan. Ini memudahkan bagi kamu yang tidak memiliki kartu kredit tetapi ingin berlangganan Andromax 4G LTE pascabayar.

Untuk kemudahan pembayaran, Smartfren Andromax 4G LTE layak mendapatkan nilai 9.

 

Kelebihan

Ada beberapa kelebihan Smartfren Andromax 4G LTE ini, yaitu:

  • Jangkauan dan coverage luas, tidak terbatas hanya di Jabodetabek saja.
  • Halaman admin memiliki menu dan fitur yang lengkap. Mulai dari status network (device yang terhubung, IP, dsb), tracking koneksi real-time (kuota yang dipakai untuk download, upload, dan durasi pemakaian), hingga MySmartfren Tools (untuk melihat report sisa kuota, payment history, transaction history, serta pembelian top-up via voucher ataupun kartu kredit).
  • Koneksi internet stabil.
  • Kualitas dan fitur modem Andromax 4G LTE M2Y bagus dan memuaskan.
Baca juga:  Cara Agar Data Akun WhatsApp Milikmu Tidak Dibagikan ke Facebook

 

Kekurangan

Namun demikian ada beberapa kekurangan juga yang saya rasakan dari Smartfren Andromax 4G LTE (M2Y) ini:

  • Paket kuota kalong dengan waktu pemakaian yang cukup sempit, dari jam 01.00 – 06.59
  • Paket pascabayar dengan kuota yang juga masih menerapkan kalong, bahkan dengan akumulasi kuota kalong yang dibatasi maksimal 24GB saja

 

Kesimpulan

Smartfren Andromax 4G LTE ini kencang, nyaman dipake kerja, browsing, ataupun berburu hiburan. Jangkauan dan coverage nya yang luas membuatnya cocok dimiliki oleh kamu yang punya mobilitas tinggi.

Kualitas modem Andromax 4G LTE M2Y keluaran Haier juga patut diacungi jempol. Selain bentuknya yang kecil, cantik, dan ringkas, modem ini juga mudah dinyalakan, baterai bisa bertahan lama hingga 6 – 10 jam pemakaian, serta bisa digunakan di 32 perangkat sekaligus!

Andromax 4G LTE cocok sekali buat kamu yang pengen menikmati sensasi kecepatan Bolt Ultra 4G LTE, namun berlokasi diluar Jabodetabek + medan.

Nilai rata-rata dari seluruh poin yang berhasil dikumpulkan Smartfren Andromax 4G LTE adalah 8.5, dan ini terbilang bagus.

 

Tips Jika Kamu Ingin Menggunakan Andromax 4G LTE

  • Sebelum membeli modem dan mendaftar, pastikan cek dulu apakah area kamu tercover jaringan 4G Smartfren ataukah tidak. Kamu bisa melakukan pengecekan disini.
  • Tidak perlu repot-repot berlangganan pascabayar, karena untuk besar kuota yang didapatkan tidak berbeda dengan paket prabayar.
  • Pastikan tidak lupa diri saat streaming video. Dengan kecepatan internet yang kencang, kamu bakal disuguhi video berkualitas bagus (HD misalnya) yang memiliki ukuran file besar. Padahal internet kamu berbasis kuota yang bakal cepat tersedot jika terbuai saat melakukan streaming.

 

Share Experience Kamu

Jika kamu juga pengguna Smartfren Andromax 4G LTE, silahkan share experience kamu disini.

Oh ya..jika punya request review koneksi internet tertentu, silahkan disampaikan juga dan WinPoin akan mencoba untuk mewujudkannya. Thanks! :)

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.