Review RTM Escrow Windows 10 Insider Preview Build 14361

Review RTM Escrow Windows 10 Insider Preview Build 14361

0

review windows 10 build 14361 (1)

Kemarin, Microsoft merilis Build baru untuk insider yakni Build 14361. Ini merupakan Build insider PC pertama yang di rilis oleh Dona Sarkar Setelah menggantikan Gabe Aul sebagai kepala program Windows Insider.

Pada update ini, Microsoft membawa serangkaian perbaikan yang cukup banyak, hasil dari perbaikan masalah yang muncul pada Build sebelumnya baik pada PC maupun Mobile. Selain perbaikan, terdapat juga fitur baru yang dibawa ke Build ini. Untuk itu saya akan memberikan hal-hal yang baru pada Build 14361 ini.

System Info

Jika pada build sebelumnya masih versi 1511 yang merupakan bagian dari November Update (November 2015). Kini angkanya berubah menjadi 1607, hal ini mengindikasikan bahwa nantinya Anniversary update dapat digunakan secara publik / non-insider pada bulan juli 2016. Bersaman berakhirnya penawaran update gratis pada 29 juli nanti.

review windows 10 build 14361 (1)

Dengan kata lain, Build yang saya gunakan saat ini merupakan versi yang nantinya akan digunakan oleh Publik (Release Candidate a.K.a RTM Escrow).

Baca juga:  Daftar Perintah Cortana yang Perlu Kamu Ketahui

Start Menu

Jika pada Build sebelumnya margin pada bagian atas Start Menu terlihat agak jauh. Sekarang pada Build ini akan terlihat lebih dekat. (Kiri Build 14361, Kanan Build 14352)

Kemudian scollbar akan menghilang ketika pointer mouse keluar dari area aktifnya, bisa itu Applist ataupun pada daerah Tile.

Windows Ink

Pada Build ini, Microsoft membuat perfoma dalam membuka Flyout Windows Ink jadi lebih cepat. Serta opsi baru yakni “Clear all” yang ditandai dengan icon sampah. (Baca Juga : Cara Mengaktifkan Fitur Windows Ink di Windows 10)

Cortana

Pada bagian Home Cortana, sekarang tidak akan lagi menampilkan Card. Tetapi kamu masih bisa memunculkannya dengan cara klik What’s new for you.

review windows 10 build 14361 (4)

Dan juga hadirnya beberapa opsi baru yakni Apps, Document dan Web.

Shortcut Baru

Pada Build ini, Microsoft menambahkan Shortcut baru untuk memunculkan Flyout Clock. Caranya dengan menggunakan kombinasi tombol WinKey + Alt + D. (Baca Juga : Daftar Super Lengkap Shortcut Windows 10 yang Sebaiknya Kamu Ketahui)

Baca juga:  Resi JNE: Tampil Beda dengan Kaos Cortana "Soft Glow" yang Menyala dalam Gelap

review windows 10 build 14361 (5)

Icon Baru

Setelah tidak pernah mengalami update icon semenjak dirilisnya Windows 10. Akhirnya pada Build ini, Icon Blu-ray mengalami update dengan polesan UI yang lebih modern.

review windows 10 build 14361 (17)

Microsoft Edge

Dengan naiknya versi dari 38.14352 ke 38.14361, Edge membawa perubahan seperti akan tampilnya notifikasi download yang disertai dengan nama file, domain link dan status download.

Settings

Sekarang kamu dapat mengatur interval waktu hingga 12 jam dibandingkan dengan Build sebelumnya yang masih terbatas hingga 10 jam saja. Kemudian terdapat opsi baru yakni Notifications yang terletak pada sub menu Privacy.

Lalu terdapat icon serta deskripsi yang muncul pada pengaturan Network & Internet – Status. Kemudian warna Sidebar dan Title bar akan mengikuti warna tema yang digunakan (Dark atau White), bukan lagi warna abu-abu.

Baca juga:  Sebentar Lagi Kamu Bisa Menjadikan Cortana Sebagai Laki-Laki

Feedback App

Pada Build ini, Feedback app mengalami update dengan membuat polesan tampilan yang lebih clean. Sehingga membuatnya lebih enak untuk dipandang.

Perfomance

Sejauh saya menggunakannya (setidaknya untuk 20 jam terakhir). Perfoma pada build ini sudah sangat baik, karena masalah yang saya hadapi pada build sebelumnya seperti Edge yang sering not responding sudah tidak ada lagi.

Untuk perfoma gaming, saya belum bisa menyimpulkan apakah ini sudah baik atau tidak karena saya tidak terlalu addict dengan gaming. Tetapi untuk sekedar pekerjaan seperti Browsing, Office (saya menggunakan Office 2013), Streaming ataupun Social Media (saya menggunakan Skype UWP, Facebook/Messenger, Twitter) sudah lebih baik pada Build ini.

Nah itu dia gaes hal-hal yang baru serta sedikit pengalaman saya pada Build 14361. Jika kamu sudah menggunakan Build ini, jangan lupa untuk sharing pada kolom komentar.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.