Review Singkat Windows 10 Mobile Final (Lumia 640 XL)

Review Singkat Windows 10 Mobile Final (Lumia 640 XL)

0

Windows 10 Mobile Final Untuk Lumia Gelombang Pertama Telah Tersedia

Hari ini Microsoft telah resmi memberikan Update Windows 10 Mobile Final untuk sebagian device Windows Phone 8.1, sekarang waktunya untuk mengulas kemampuan dan kinerja dari Windows 10 Mobile Final dengan smartphone Lumia 640 XL.

Kita mulai dari proses download, saat pertama kali mendownload saya mengalami stuck agak lama pada 0% kira-kira 5-10 menit, kemudian setalah itu lancar tanpa hambatan, membutuhkan waktu kurang lebih 30-40 menit untuk mendownload file Windows 10 Mobile. (Perbedaan lama dan cepatnya mendownload file Windows 10 Mobile Final tergantung dengan provider serta jaringan yang kamu gunakan)

Proses Instalasi Windows 10 Mobile Final pada Lumia 640 XL terbilang lumayan cepat jika dibandingkan dengan versi insider, dari mulai preparing to install hingga selesai penginstalan hanya membutuhkan waktu kurang dari 40 menit saja.

Review Windows 10 Mobile Final

Ketika pertama kali mencoba selama beberapa jam untuk mengetes kinerja serta performa dari Windows 10 Mobile Final, bisa dibilang performa dari versi Final ini cukup membuat kamu yakin dan tersenyum, karena kamu tidak akan menemukan kendala berarti, misalnya seperti saat membuka beberapa aplikasi, social media, membaca berita, pesan, telepon, browsing dan yang lainnya. Namun sayang, beberapa ikon untuk aplikasi tertentu ada yang hilang, misalnya saja Groove.

Baca juga:  Benarkah Kini Microsoft Lebih Mengutamakan Android dan iOS Daripada Windows Phone?

Review Windows 10 Mobile Final

Untuk Microsoft Edge tampaknya sudah lebih baik jika dibandingkan dengan versi Insider, karena bisa dibilang Microsoft Edge pada Windows 10 Mobile Final sudah stabil tanpa sering mengalami crash dan juga kini lebih cepat.

Review Windows 10 Mobile Final

Semua tombol quick action berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah, namun sayangnya terdapat sedikit masalah pada navibar yang kurang begitu responsive. Dan yang paling amat sangat disayangkan setelah update ke Windows 10 Mobile, kontak di Lumia 640 XL milik saya lenyap semua.

(Tampaknya Lumia 640 XL milik saya mengalami permasalahan verifikasi akun Microsoft) *Solved setelah Hard Reset

Berbicara soal daya tahan baterai, konsumsi baterai Lumia 640 XL ini masih seperti sediakala saat masih menggunakan Windows Phone 8.1, tidak terjadi pemborosan baterai seperti yang terjadi pada beberapa anggota Insider. Jadi kamu tak peru khawatir mengenai masalah yang satu ini.

Baca juga:  Setelah Digerebek Polisi dan Sempat Mati Total, ThePirateBay Kini Kembali Online

Namun sayang, aplikasi kamera bawaan pada Windows 10 Mobile Final belum mendapatkan perubahan yang berarti, kualitas dan ketajaman hasil gambar yang diambil masih kurang, atau bisa dibilang kalah cukup jauh jika dibandingkan dengan Windows Phone 8.1.

Review Windows 10 Mobile Final

Dan tampaknya terdapat beberapa bug pada pengaturan, misalnya saja pada Lumia 640 XL milik saya, ada beberapa menu Ekstra yang tidak dapat diakses.

Review Windows 10 Mobile Final

Windows 10 Mobile Final ini akan membawa ponsel milikmu ke Build 10586.107 seperti yang sebelum-sebelumnya pernah dirumorkan, bahwa Build 10586.107 adalah build dasar untuk Windows 10 Mobile Final. Namun setelah berhasil menginstall, kamu dapat segera mengupdatenya ke Build terbaru yakni build 10586.164.

Baca juga:  Samsung Ingin Memudahkan Pengguna Windows Phone 8.1 Migrasi ke Android

Jadi, secara keseluruhan, Windows 10 Mobile versi Final ini bisa dibilang “Not Bad” untuk awal dari Windows 10 Mobile. Namun, Microsoft harus segera memperbaiki beberapa masalah (bug) yang masih melekat pada Build dasar Windows 10 Mobile Final.

Ya, begitulah review singkat Windows 10 Mobile Final, mohon maaf karena baru satu device saja (LUMIA 640 XL) yang diulas, walaupun review ini belum keseluruh bagian Windows 10 Mobile, namun ini bisa dijadikan sebagai acuan bagi kamu yang berniat untuk Upgrade.

Jadi bagaimana dengan device milikmu yang telah berhasil Update ke Windows 10 Mobile Final? Apakah mengelami masalah serupa atau kamu mendapatkan permasalahan yang lainnya?

Bagi kamu yang telah berhasil Update ke Windows 10 Mobile Final, Jangan lupa berikan kesan pertamamu selama menggunakan Windows 10 Mobile Final pada kolom komentar, ya walaupun belum sehari penuh kamu menggunakannya.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | Pengguna Lumia 620 dan Xiaomi Mi4 Windows 10 Mobile, Punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '