Review Universal File Explorer di Windows 10 Build 14936

Review Universal File Explorer di Windows 10 Build 14936

0

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-1

Pada artikel Review Windows 10 Build 14936, saya mengatakan bahwa terdapat fitur baru yaitu Univesal File Explorer atau UWP File Explorer yang menambah daftar fitur di Redstone 2 yang nantinya akan muncul ke publik tahun depan. Namun sepertinya Microsoft tidak mengumumkannya secara Official karena mungkin 100% belum matang dan kemungkinan baru akan diumumkan pada Build selanjutnya.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan UWP File Explorer, berikut saya akan memberikan review singkatnya.

Cara Mengaksesnya

Karena fitur ini belum Official dan belum bisa diakses melalui All Apps Start Menu, maka perlu sedikit trik untuk membukanya.

Pertama buka Windows RUN (WinKey + R), lalu ketikan explorer.exe shell:AppsFolder\c5e2524a-ea46-4f67-841f-6a9465d9d515_cw5n1h2txyewy!App.

Baca juga:  Kini Giliran Game Rise of The Tomb Raider Mendapatkan Diskon!

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-11

Atau kamu juga bisa membuat shortcutnya untuk membuat akses cepat dengan cara memasukan perintah yang sama.

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-12

First Impression

Ketika dibuka, tentunya akan disuguhkan dengan tampilan khas Metro dengan navigasi  yang berada di sisi pojok kiri, sama halnya dengan Settings.

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-10

Ketika Humberger menu diakses hanya menampilkan opsi Quick Access, This Device, dan DVD RW (jika ada).

review-universal-file-explorer-di-windows-10-build-14936-4

Dimana Quick Access berisikan file yang barusan diakses, This Device berisikan personal folder, dan DVD RW berisikan file dalam CD ketika dimasukan ke laptop.

Hingga saat ini, tidak banyak yang bisa dilakukan di UWP File Explorer ini. Hanya berisikan opsi navigasi yang masih sangat sederhana, serta masalah yang sering kali muncul yaitu force close.

Jadi sejujurnya tidak banyak yang bisa direview dari penampakan pertama UWP File Explorer ini. Tapi overall jika kamu lihat sendiri dari interfacenya, File Explorer versi UWP ini akan sangat fungsional kedepannya terutama untuk pengguna device yang berbasis layar sentuh.

Baca juga:  Sudah Ada Lebih Dari 1300 Bugs Windows 10 Preview yang Diperbaiki

Di era Windows 10 ini, Microsoft (perlahan namun pasti) mungkin akan meninggalkan Win32 dan beralih ke versi metro pada beberapa fitur fundamental mereka seperti Control Panel yang beralih ke Settings, dan saat ini File Explorer yang beralih ke Universal File Explorer.

Memang hingga saat ini kita masih belum bisa merasakan fitur yang impressive dari UWP File Explorer. Mengingat fitur ini masih disembunyikan oleh Microsoft dan belum diumukan secara Official, namun untuk Build selanjutnya mungkin Microsoft akan mengumumkannya dengan fitur yang sudah lebih matang.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.