Ribuan Pengguna Windows Terkena Malware Saat Membuka Yahoo

Ribuan Pengguna Windows Terkena Malware Saat Membuka Yahoo

3

Ribuan Pengguna Windows Terkena Malware Saat Membuka Yahoo

Ada yang aneh dengan Yahoo beberapa hari terakhir ini. Situs populer tersebut diketahui menyebarkan malware ke banyak pengunjungnya. Terhitung ada 300.000 pengunjung per jam yang mendapatkan malware tersebut dan 9 persen diantaranya (sekitar 27.000 pengunjung per jam) menjadi terinfeksi oleh malware tersebut. Uniknya hanya pengguna Windows saja yang menjadi korban.

Hal ini pertama kali diketahui oleh Fox IT, salah satu firma security dari Belanda. Mereka melaporkan bahwa pengunjung Yahoo akan mendapatkan iklan dari server ads.yahoo.com yang ternyata beberapa iklan tersebut adalah malware. Di slot iklan tersebut server Yahoo malah menyebarkan exploit kit yang mengeksploit celah keamanan di Java dan menginstall malware di komputer pengguna.

Yahoo membenarkan hal ini dan team security mereka telah memblokir iklan yang menjadi penyebar malware tersebut. Mereka menyatakan bahwa pengguna Mac dan Mobile tidak ikut terkena dampak serangan ini, tetapi pengguna Windows dari Eropa-lah yang menjadi target utama.

Kasus ini menjadi pelajaran penting bahwa situs besar sekelas Yahoo-pun memiliki celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh attacker. Hmm..kini Yahoo harus belajar lebih selektif lagi dalam menampilkan iklan di situs mereka.

via washington post

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Evolta Triathlon Comunity

    WAH BAHAYA

  • Muhammad Aditya RizKy

    bahaya nih klo sekarang ke yahoo buat email bisaa ga min??

  • Joshua Lorenzo Andre

    Terus harus gimana gw sama Yahoo gw? :/