Rumor: Lumia Denim Mungkin Menjadi Update Terakhir Sampai Dirilisnya Windows 10 Mobile

Rumor: Lumia Denim Mungkin Menjadi Update Terakhir Sampai Dirilisnya Windows 10 Mobile

1

Lumia Denim Mungkin Menjadi Update Terakhir Sampai Dirilisnya Windows 10 Mobile

Pada tanggal 18 Desember, Microsoft secara resmi telah merilis update Lumia Denim, dimana firmware tersebut juga membawa OS baru Windows Phone 8.1 Update. Beberapa device Lumia ada yang telah menerima update tersebut, dan sebagian masih belum. Perusahaan mengatakan bahwa update akan diperluas dengan seiringnya waktu pada tahun ini.

Tapi ini sepertinya menjadi update terakhir yang diterima oleh pengguna Lumia sebelum versi berikutnya dari OS terbaru dirilis oleh Microsoft.

Minggu ini Microsoft mereilis aplikasi “Phone Insider” di Windows Phone Store, yang memungkinkan pengguna untuk ikut berpartisipasi dalam program pre-release update dari Microsoft. Aplikasi ini berbeda dengan Preview for Developer yang sudah ada tahun lalu, menginformasikan pre-release OS terbaru berbasiskan Windows 10.

Dilaporkan dari NokiaPowerUser, Microsoft tidak berencana untuk merilis “Update 2” untuk Windows Phone 8.1. Rumor Update 2 yang akan diumumkan akhir tahun 2014 tampaknya kandas dan tak pernah terwujud. Update kedua yang dikatakan akan melengkapi update sebelumnya dengan berbagai fitur menarik, tapi kenyataannya tidak pernah diakui oleh Microsoft.

Rencana Microsoft mungkin berubah setelah ditundanya update Lumia Denim dan Windows Phone 8.1 beberapa saat lalu. Ketika Denim pertama kali dirilis pada bulan September, Microsoft mengatakan bahwa mereka akan menyelesaikan perilisan untuk semua device di Inggris sampai Natal 2014. Tapi Microsoft tidak juga merilis update sampai seminggu setelah Natal dan bahkan sampai sekarang menyisakan beberapa device. (Baca: Inilah Daftar Device yang Sudah Bisa Update Lumia Denim)

Kita juga telah mengetahui bahwa sekarang Microsoft sedang fokus mengembangkan Windows 10 dimana yang nantinya akan digunakan untuk semua device, termasuk smartphone dan tablet. Jadi sebentar lagi tidak akan ada nama Windows Phone, yang ada hanya Windows 10 Mobile. (Baca: Inilah Konsep Windows Phone 10 Keren dari Indonesia)

Lumia Denim Mungkin Menjadi Update Terakhir Sampai Dirilisnya Windows 10 Mobile

Kemungkinan Microsoft akan mengumumkan Windows 10 Mobile pada 21 Januari, dimana mereka juga akan mengungkapkan banyak fitur Windows 10 PC untuk menarik konsumen, dan diharapkan juga mereka merilis consumer preview untuk para user Windows yang ingin mencobanya. (Baca: Microsoft: Windows 10 Consumer Preview Dirilis 21 Januari 2015 Nanti)

Dengan adanya Windows 10 Mobile yang dirilis untuk developer dan user antusias, tampaknya akan sangat sulit melihat Windows Phone 8.1 Update 2. Selain itu, Microsoft akan lebih memilih fokus untuk mengembangkan dan menyempurnakan Windows 10 daripada harus menghabiskan waktu ke OS yang akan habis masanya akhir tahun ini. (Baca: Siklus Support Windows Phone Diperpanjang dari 18 Menjadi 36 Bulan)

Jika Update 2 memang benar-benar hadir maka pengguna Windows Phone akan menunggu lama sampai update besar dirilis. Dengan asumsi tidak ada penundaan lainnya, update Denim ke seluruh dunia akan selesai dalam waktu dua sampai tiga bulan. Selain itu Windows 10 juga tidak akan dirilis sampai pertengahan tahun ini, bahkan mungkin sampai Q4. Sebagai acuan kita bisa melihat perilisan Windows 8 dan Windows Phone 8 yang dilakukan pada Oktober tahun 2012 menjelang musim liburan. Ini berarti kita akan menunggu selama sepuluh bulan sampai Windows 10 Mobile benar-benar dirilis, tapi untuk mereka yang tidak sabaran setidaknya ada program preview. (Baca: 5 Aplikasi dan Layanan Online Gratis dari Microsoft yang Jarang Diketahui Orang)

Lumia Denim Mungkin Menjadi Update Terakhir Sampai Dirilisnya Windows 10 Mobile

Ini hanyalah asumsi belaka, jika ini dan jika itu yang terjadi. Tapi semua kembali ke rencana Microsoft yang sebenarnya, sedikit banyak yang mereka lakukan tentang update Windows akan WinPoin ungkapkan. Namun yang pasti, semua pengguna Lumia bisa update dari Windows Phone 8 ke Windows 10. (Baca: HOT: Semua Device Windows Phone 8 Bisa Update ke Windows 10!!)

Jadi menurut kamu sendiri bagaimana? Apakah Microsoft merilis Windows Phone 8.1 Update 2 atau langsung ke Windows 10 Mobile??

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • iwan

    Stay waiting…