Sebenarnya Apa Kegunaan Safely Remove dan Eject pada Windows?

Sebenarnya Apa Kegunaan Safely Remove dan Eject pada Windows?

2

Sebenarnya Apa Kegunaan Safety Remove dan Eject pada Windows?

Ketika kamu memasukan removable disk, seperti Flashdisk, SD Card atau hardisk external, Windows mengharuskan kamu untuk melakukan Safely Remove sebelum melepasnya. Tahukah kamu kenapa hal ini dilakukan? Padahal tidak jarang orang melepas Flashdisk sebelum melakukan Safely Remove. Apa yang akan terjadi pada Flashdisk jika terus melakukan hal ini?

Tidak jarang WinPoin melakukan transfer data menggunakan Flashdisk atau Hardisk external. Kadang-kadang WinPoin lupa melakukan Safely Remove icon yang ada di system tray ketika melepas Flashdisk atau Hardisk external. Sejauh ini WinPoin tidak mengalami masalah dari Flashdisk dan Hardisk external tersebut. Lalu kenapa Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject pada Windows? Jika kamu pernah memiliki pertanyaan seperti ini, WinPoin akan mulai membantu kamu menjawabnya.

Sebenarnya Apa Kegunaan Safety Remove dan Eject pada Windows?

Jawaban singkat yang kamu dapatkan dari kenapa Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject adalah supaya Flashdisk, SD Card atau Hardisk external aman dan tidak menyebabkan file corrupt.

Ketika kamu memasukan Flashdisk, komputer akan bebas melakukan read dan write data, yang beberapa diantaranya cache. Cache tidak langsung disimpan di Flashdisk, tetapi ditulis terlebih dahulu di RAM. Jika kamu tiba-tiba mencabut Flashdisk sebelum atau ketika sedang read and write cache, maka file akan corrupt atau rusak. Tetapi Windows secara otomatis tidak menggunakan cache pada Flashdisk, kecuali kamu mengaktifkannya.

Jadi ketika kamu mencabut Flashdisk tanpa adanya proses read dan write data, tidak melakukan Safely Remove bukanlah masalah. Tetapi bila kamu melakukannya, Flashdisk akan lebih aman dan terhindar dari kerusakan. Bagaimana pengalaman kamu dengan Flashdisk yang langsung dicabut dari komputer? Sudah pernah mengalami file corrupt?

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Mhartinuz Rhendy Mhardyanta

    pernah mengalami, waktu itu saya mau instal ulang netbook temen, krna ga ada DVD-Room, akhirnya saya bikin bootable windows 7 di flashdisk 4GB di komputer..
    ,setelah selesai saya lupa eject dan lagsung cabut aja.. pas proses instal windows baru dapet 48% eh gagal, katanya file curroupt. kemudian saya chek lewat komputer, malah gag kebaca….setelah saya googling, ternyata flashdisk saya bad sector… :O

  • info yang sangat bermanfaat..
    saya juga pernah mengalami FD yg corupt gara” langsung saya cabut. setelah membaca artikel ini, saya lebih teliti lgi sekarang :D agar data” gak ilang lagi.
    thanks Win Poin. http://www.technobali.com