Sebentar Lagi Rumah Bakalan Dilengkapi dengan Sistem Operasi (dan App Store)

Sebentar Lagi Rumah Bakalan Dilengkapi dengan Sistem Operasi (dan App Store)

0

Sebentar Lagi Rumah Bakalan Dilengkapi dengan Sistem Operasi (dan App Store)

Sudah 3 tahunan ini Microsoft Research melakukan penelitian untuk membuat sistem operasi rumah (HomeOS). Sistem operasi ini ditujukan agar rumah menjadi cerdas.

WinPoin membayangkan sebuah rumah yang bisa tahu kapan harus menyalakan lampu dan kapan harus mematikannya. Dilengkapi berbagai sensor yang mampu memberi tahu jika ada keadaan darurat seperti gempa, kebakaran, dsb. HomeOS juga bisa membantu pemilik rumah untuk mengamankan rumah beserta isinya.

Sebagai kelanjutan dari project tersebut, Microsoft Research baru saja merilis Lab of Things (LoT) SDK. SDK ini bisa didownload di website official Lab of Things.

Para peneliti bisa menggunakan SDK ini untuk mempelajari bagaimana produk otomasi rumah bisa bekerja ketika dihubungkan di rumah yang memiliki HomeOS. Peneliti akan membuat driver dan aplikasi mini untuk perangkat HomeOS tersebut. Driver dan aplikasi kemudian akan terhubung ke Lab of Things Microsoft dimana dia bisa memonitor dan menyimpan setiap data yang tersimpan untuk dipelajari.

Pada tahun 2012 lalu Microsoft menyatakan bahwa ada 12 rumah yang dia jadikan percobaan project HomeOS ini. Hingga saat ini belum ada info kapan HomeOS bakal dirilis ke publik, karena sampai saat ini semua masih dalam tahap penelitian.

Mungkin nanti ketika membeli rumah kita tidak hanya bertanya “apakah sudah terpasang PDAM?” atau “Listriknya berapa Watt?”, tetapi juga bertanya “Rumah ini pakai OS apa?”

via Lab of Things

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.