Selamat Tinggal Firefox OS: Mozilla Menyerah dan Menghentikan Seluruh Pengembangannya

Selamat Tinggal Firefox OS: Mozilla Menyerah dan Menghentikan Seluruh Pengembangannya

0

Selamat Tinggal Firefox OS: Mozilla Menyerah dan Menghentikan Seluruh Pengembangannya

Hari ini Mozilla memastikan akan menghentikan pengembangan Firefox OS untuk smartphone. Untuk itu telah ada beberapa keputusan yang diambil oleh Mozilla, tentang apa yang akan terjadi selanjutnya dengan Firefox OS.

Berikut 4 keputusan tersebut:

  1. Mozilla akan mengakhiri pengembangan Firefox OS untuk smartphone setelah versi 2.6 yang rencananya dirilis pada bulan Mei.
  2. Pada 29 Maret 2016, Marketplace tidak akan lagi menerima kiriman untuk Android, Desktop dan Tablet, Mozilla akan menghapus semua aplikasi yang tidak mendukung Firefox OS. Aplikasi Firefox OS akan terus diterima hingga 2017 (Mozilla belum menetapkan kapan tanggal ketika nanti mereka tidak akan menerima aplikasi untuk Firefox OS).
  3. Tim dari Connected Devices sedang menguji inovasi beberapa produk baru dengan staf, sudah ada 3 produk yang telah lulus dan mungkin kedepannya akan lebih banyak lagi produk lain yang segera menyusul. Memiliki beberapa inovasi produk yang berbeda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk tetap bergerak maju.
  4. Program foxfooding akan terus dilanjutkan dan akan lebih fokus pada inovasi produk terbaru (bukan meningkatkan pengalaman smartphone).
Baca juga:  Update OneNote, PowerPoint, dan Excel di Windows 10 Mobile Bawa Beragam Fitur Baru

Menurut Mozilla, keputusan yang telah dibuat saat ini bersifat substansial, dan alasan utama mereka (Mozilla) adalah agar dapat memfokuskan semua sumber daya mereka dalam “bringing the power of the web to IoT.”

Intinya, setelah nanti Firefox OS 2.6 dirilis, kemungkinan besar pada bulan Mei 2016, maka smartphone yang mendukung platform Firefox OS tidak akan lagi dikembangkan atau mendapatkan update, a.k.a “end of development”.

Keganasan Android & iOS memang membuat banyak platform tidak mampu bertahan dan akhirnya berguguran. Firefox OS menjadi salah satunya, dan BB OS nampaknya juga hampir bernasib sama.

Melihat fenomena ini sebenarnya kita masih perlu angkat topi untuk Microsoft karena meskipun market share nya banyak terpangkas dan berada dalam kondisi persaingan yang serba sulit, tetapi pengembangan Windows 10 Mobile masih tetap berlanjut hingga sekarang. Bahkan versi build terbaru baru saja dirilis tadi pagi, dengan versi Final yang kabarnya bakal dirilis dalam bulan ini.

Baca juga:  Ingin Mencoba Firefox OS? Gunakan Simulator Ini

via Mozilla

Talk = Do Something "Talk More Do More" | Pengguna Lumia 620 dan Xiaomi Mi4 Windows 10 Mobile, Punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '