HOT: Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

HOT: Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

94

Kalo ada satu hal yang paling melekat erat di OS Windows, itu adalah Start Menu. Karena itu jangan heran ada banyak pengguna Windows marah ketika Start Menu dihilangkan di Windows 8 dulu. Bahkan hilangnya Start Menu juga digadang-gadang sebagai sebab dari kurang nge-hits nya Windows 8 kala itu. (Baca juga: Inilah 8 Kegagalan Windows 8 yang Coba Diperbaiki Microsoft Melalui Windows 10)

Anyway, Microsoft langsung menyadari itu dan kembali menghadirkan Start Menu di Windows 10. Yup, langkah yang cerdas dari Microsoft.

Di Windows 10 Start Menu tampil manis, modern, fluid, lengkap dengan live tiles didalamnya. Tetapi seperti apa perjalanan Start Menu hingga menjadi seperti sekarang ini?

Berikut ini adalah evolusi Start Menu dari masa ke masa, sejak era Windows 95 hingga Windows 10 saat ini.

 

Chicago

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Chicago adalah codename dari build yang menjadi cikal bakal Windows 95. Disinilah Start Menu berawal, dari sebuah prototype dengan tiga tombol.

Tombol paling kiri yang berlogo Windows digunakan untuk manajemen aplikasi, tombol di tengah sebagai app launcher, dan tombol paling kanan untuk pertanyaan serta pencarian file.

See.., Start Menu berawal dari sesuatu yang sederhana seperti itu.

 

Windows 95

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Inilah dia, the glory of Windows 95! Windows 95 merupakan jawaban Bill Gates atas visinya untuk menghadirkan PC di setiap rumah, dan Start Menu merupakan salah satu bagian dari jawaban visi tersebut.

Kala itu Start Menu difokuskan untuk menjadi tempat pengguna PC memulai aktivitas di Windows, karena itu didalamnya dilengkapi dengan app launcher, search, settings, dan recent documents.

Konsep Start Menu inilah yang akhirnya terus mendasari desain-desain Start Menu di masa depan.

 

Windows NT 4.0

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Windows NT 4.0 merupakan versi bisnis dari Windows yang dirilis pada tahun 1996. Tampilan Start Menu nya sih nggak jauh beda, cuman di menu Programs dipecah antara apps yang terinstall untuk semua user dan yang terinstall untuk user tersebut saja.

 

Baca juga:  CCleaner Terbaru Support Microsoft Edge

Windows 98

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Wohoo..! Inilah OS Windows yang terinstall saat saya pertama kali membeli PC baru. Start menu di Windows 98 sudah mengalami perkembangan dengan ditambahkannya folder Favorites untuk mengakses website favorit dengan cepat.

Sudah ditambahkan juga menu Log Off untuk beralih user account, namun saat itu untuk Log Off kamu harus menutup dulu semua window dan aplikasi yang terbuka. (Yup, fitur Fast User Switching untuk Log Off dengan cepat baru diperkenalkan di masa Windows XP)

Di Start Menu Windows 98 juga muncul menu baru di bagian atas, yaitu Windows Update. Ini merupakan jawaban atas mulai merebaknya penggunaan internet di kala itu, sehingga Microsoft menambahkan Windows Update untuk memudahkan pengguna melakukan update via internet.

 

Windows 98 SE

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Tidak ada banyak perubahan berarti di Start Menu Windows 98 SE dibandingkan dengan Windows 98. Tetapi ada satu menu baru yang ditambahkan saat klik kanan desktop yaitu “Sort by Name”. Disinilah fitur mengurutkan shortcut berdasarkan abjad huruf berasal.

 

Windows ME

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Windows ME merupakan barisan terakhir dari Windows 9x. Start Menu masih mirip dengan Windows 98, hanya saja folder Favorites sudah tidak ada lagi. Namun sebagai gantinya di folder Documents telah ditambahkan shortcut menuju ke My Pictures.

Nama ME merupakan kependekan dari Millenium Edition, dimana saat itu memang lagi ngetrend orang menyatakan bahwa tahun 2000 adalah tahun milenium.

Bahkan di Indonesia sendiri muncul nama pahlawan baru yaitu Panji, sang Manusia Milenium. Hihi.

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

 

Windows 2000

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Tampilan Start Menu di Windows 2000 identik dengan Windows ME, hanya saja tidak ada lagi menu Log Off didalamnya. Meskipun Start Menu nya mirip, tetapi secara daleman sudah beda jauh dengan Windows ME, karena Windows 2000 sudah menggunakan NT 5.0 dan telah support DirectX.

 

Windows XP

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Hati-hati, karena sekarang kita sedang membicarakan Sang Legenda. Windows XP mungkin adalah versi Windows paling sukses yang pernah ada dalam sejarah hingga saat ini.

Baca juga:  HOT: Review Microsoft Lumia 640 XL Dual Sim

Di Windows XP Start Menu mulai terbentuk lebar dengan dua kolom. Start Menu di XP mampu menampilkan program yang sering kamu buka sehingga lebih cepat diakses, serta akan memberi tanda juga untuk software yang baru saja diinstall.

Satu fakta yang menarik adalah meskipun Windows XP sudah dirilis sejak 13 tahun yang lalu dan masa supportnya telah lama habis, tetapi penggunannya masih saja banyak hingga saat ini!

 

Windows Vista

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Banyak pengguna Windows menghujat Windows Vista karena dianggap sebagai produk gagal. Tetapi satu hal yang harus diakui, Windows Vista-lah yang pertama kali membawa fitur Search terintegrasi di Start Menu. Fitur ini kedepannya menjadi bagian yang sangat penting dari Start Menu.

Vista juga yang untuk pertama kalinya membawa Tombol Start tanpa tulisan Start, setelah sebelumnya selama 11 tahun Microsoft selalu menambahkan kata Start di tombol Start Menu Windows.

Secara desain Start Menu Vista merupakan hasil modifikasi dari Start Menu XP, yang di kolom bagian kanan telah dihilangkan setiap iconnya.

 

Windows 7

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Windows 7 juga disebut-sebut sebagai penerus dari sang legenda Windows XP. OS ini begitu populer dan masih tetap menjadi OS terbanyak yang digunakan pengguna PC hingga saat ini (meskipun tawaran upgrade gratis ke Windows 10 kemungkinan bakal segera membuat marketshare nya turun drastis).

Start Menu di Windows 7 masih sangat identik dengan Windows Vista. Satu hal yang terlihat berubah adalah tombol Shutdown yang di Windows 7 telah digantikan dengan teks agar tidak ambigu.

 

Windows 8

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Dan kemarahan pengguna Windows pun dimulai.

Ketika Windows 8 dirilis Microsoft menghilangkan Start Menu dan menggantinya dengan Start Screen. Tidak hanya Start Menu yang hilang, tombol Start bahkan juga dihilangkan dan diganti dengan menu Start Screen yang muncul saat mouse di hover ke pojok kiri bawah layar.

Kekecewaan pengguna Windows juga semakin bertambah ketika di Windows 8 desktop dianggap seperti apps, dimana kita harus klik dulu dari Start Screen untuk masuk ke dalamnya.

Baca juga:  6 Hari Menuju Windows 10: Melihat Masa Depan Windows 10 Sebagai OS Terbaik

Terlalu banyak kebiasaan pengguna Windows yang diubah, dan akhirnya membuat penjualan Windows 8 tidak begitu laris.

Namun disinilah era Modern UI berawal, sebuah konsep OS touch friendly lengkap dengan live tiles nya. Di Windows 8 juga diperkenalkan sistem Mini Start, yaitu sebuah kumpulan menu penting yang muncul ketika kita klik kanan Tombol Start (pada kasus Windows 8, klik kanan tombol overlay Start Screen)

 

Windows 8.1

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Banyak kena semprot oleh pengguna Windows, Microsoft langsung gerak cepat dengan merilis update Windows 8.1. Disini tombol Start dikembalikan lagi, meskipun ketika di klik masih mengarah ke Start Screen.

Desktop juga sudah dijadikan sebagai tujuan default setelah PC dihidupkan atau direstart. Hal ini sedikit meredakan kekecewaan dari pengguna Windows 8 sebelumnya.

 

Windows 10

Seperti Inilah Evolusi Start Menu dari Windows 95 Hingga Windows 10

Inilah versi Windows yang masih gress saat ini. Start Menu di Windows 10 hadir dengan menggabungkan semua kelebihan dari Start Menu Windows versi sebelumnya.

Di desktop kamu akan mendapati Start Menu yang familiar seperti ini, lengkap dengan live tiles didalamnya — dan Cortana!

Integrasi Cortana di dalam Start Menu juga membuat Start Menu Windows 10 lebih fungsional, bisa menampilkan reminder, mengirimkan feedback, dan berbagai hal lainnya.

Satu hal yang ada di Start Menu Windows 10 tetapi tidak ada di Start Menu versi Windows sebelumnya adalah kecerdasannya dalam mendeteksi device yang kita gunakan. Ketika kamu menggunakan hybrid dan melepas keyboard, maka Start Menu Desktop akan berubah otomatis menjadi Start Screen yang touch friendly. Ini merupakan bagian dari fitur Continuum di Windows 10 yang sungguh keren, terutama bagi pengguna device hybrid yang mulai populer.

 

Mana yang Paling Kamu Sukai?

Itulah evolusi Start Menu dari Windows 95 hingga Windows 10. Dari sekian banyak versi Start Menu di setiap versi Windows, Start Menu mana yang paling kamu sukai?

Bagikan hasil pilihan kamu disini.

via arstechnica

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Gak perlu di pertanyakan lagi. ya Windows 10 Lah :)
    Because… (from 1cak)

    • ini semacam bingung mau jadian sm si A atau si B, eh ternyata muncul si C yang sifatnya penggabungan dari keduanya. Gak ragu lagi langsung nembak si C *eh :v

      • doblonk

        ujung2 nya masalah percintaan -_-

      • Faradifan Sastra

        Om febian, kok komenter cewek disini dikit ya? Malah belum satupun aku :v

      • Renata Diandara

        biasa galau molo :v

      • jedi

        Mas, barusan pasukan jomblo (Palo) menelepon, katanya akan menginvasi rumah mas bila ga ditarik kalimat ini

        #biaringaje

    • Achmad Riduwan

      wihh meme ane yang di 1cak ada di sini :v
      *first comment with ms.edge :D

      • Rasshid

        loh yg bikin mas ini toh :v

        • Achmad Riduwan

          Yoi gan :v

      • wihhh ini dia orangnya, untungnya ada watermarknya :D

  • andika priatama

    windows 2000 adalah os pertama aku hihi ketika aku masih kecil umur 4 tahun dan memulai ketikan di word untuk bantu nenek mengisi tts nya untuk di print dan pertama kali nya main game di os tersebut haha

    • Wuih…aku pertama kali pake OS itu Windows 95..kalo gak salah itu masih kelas 2 SMP…di tempat rental, dan sebelum masuk tempat komputer..diwajibkan cuci tangan dan cuci kaki dulu..biar gak ketularan virus katanya *duh :v

      • Ojo Nessu

        cuci tangan, cuci kaki…
        kyak mau bobo z om…

      • andika priatama

        huahaha gitu ya soalnya aku pc rumahan wkwkw sama gini pake insto biar radiasi gak terlalu besar ke mata wkwkwk terus beli deh apa tuh namanya kayak anti radiasi untuk monitor jadul wkwkw

      • ya allah masa bang? x’D

      • Renata Diandara

        wkwk dulu gw bersin di depan printer di marahin, katanya takut kena virus :D parah dah

      • Yocktan Thobias

        Musik Start-Up di Windows 95 paling keren itu. Coba deh dilambatin audionya. Pasti bakal bunyi terus dikepala kita. Dibalik playbacknya juga bagus.

  • Lumia Store *Redi*
    • Ojo Nessu

      Lumia yg lain da ga…?
      #625user…

      • Lumia Store *Redi*

        Hehee.. Ga stok gan

    • ad galiih

      Wah promosi..
      Tp bisa juga nih..
      L535 berapaan gan.?..
      Gambar wayang kulit kalo ada..

      • Lumia Store *Redi*

        Hahaaa… Ga ada gan

    • Fat64

      Gan, Untuk lumia 640Lte yang ada hard case nya kaya apa aja? btw soft jacket juga ada ga? mau liat pictnya gan kalo ada send ke dedekabayan@gmail.com

      • Lumia Store *Redi*

        Whatsapp ane.. Cek profil ane..

    • Budi Ilyas

      730 boleh lihat?

      • Lumia Store *Redi*

        Whatsapp ane.. Cek profil ane….

  • windows 10

  • Raga Adi

    proses yang panjang dan melelahkan mungkin bagi microsoft

  • Andri Yumanda Saputra

    oot dari post :v
    min, tutorial install driver dual graphic dung :/
    padahal driver udah yg buat win 10 tapi tetep aja kaga mau ‘-‘)

    • Andri Yumanda Saputra

      up

  • Arachmadi Putra Pambudi

    Min febian sekarang sombong yak, komen ane kagak pernah dibales di grup :(

    oia btw, terharu juga bacanya #eh :o

    • waixixix….sekarang temen2 pada nongkrongnya disini sih, hayuuk pindahan sini :v

      • Arachmadi Putra Pambudi

        iyah dah ane pindah situ :( fuuuuh

  • Alam N.C

    Wahh,,, beda jauh ya…

  • Inilah yg gue lakuin ketika upgrade ke win 10 gagal https://www.youtube.com/watch?v=c3awARE8Ry4

    *) Ottokaji = bagaimana ini :(

  • budirogo

    Pilih Windows 10

  • Syafri

    Windows 7

  • Adil Pangestu

    ini kan khusus Os windows yg ada start menu , di windows 3.1 gak ada start menunya

  • Lumia Store *Redi*

    Lumia 640 ada gan..

  • Adil Pangestu

    kayaknya hampir semua versi windows di atas usernya “Andrew Cunningham”

  • Adil Pangestu

    siapa bilang windows xpnya udah berhenti di support , laptopku OS windows xp masih bisa dapat update

  • Sang Alang Serutalang

    windows XP pertama kali jadi operator setting di jakarta

  • Gue startnya suka punya Windows 8.1 tapi secara keseluruhan Windows 10

  • mungkin start menu di windows 10 akan benar – benar meneruskan kelegendaan windows xp :D

  • Andre Arm

    Cara buat wifi di win 10 gmn kang

  • Andreas Hariyo

    Windows 7, karena lebih simpel dan mudah

  • Andrie Anugrah

    Sang sesepuh Windows XP adalah OS PC pertama yang ane gunakan waktu kelas 1 SD :v

  • Hilary Duff

    Windows 98. Pertama Kali Ane Kenal Komputer. Kalo Gak Salah Ane Pas Umur 1 Tahun Ngelihat PC Kakak Ane. Dan Disitulah Ane kenal Komputer. Windows. Dan Juga Aplikasi Winamp! :v

    • Arif Viansyah

      sama gan :v

  • Kahfindo Arya Be

    Pertama kali ngoperasiin komputer kelas 2 SD, itu os nya Windows xp. Ane terkenal di kompleks perumahan karena ane satu” nya yg bisa ngoperasiin komputer :v
    Btw ane suka win10 soalnya buat ngegame mulus bgt :v

  • Matthew Ariel Bramantyo

    OS pertamaku windows ME hehehe

  • Gondo

    Sumpah, pagi ini saya baru jajal windows 10 build preview 10166, keren bo, cuman aneh ya, pas saya instal font, check list jadi berubah gak ada bentuk dan cuma kotak aja(screenshoot nanti saya masukin), dan baru kali ini juga saya berniat utk beli windows original gara gara widows 10 ini, OS ajib.

  • min, ini emang lama atau ane aja yg kurang beruntung? gak mau jalan ijonya… :/

    • Rizki S.Y

      mending download iso aja bro..kek gitu lama

  • Adil Pangestu

    dari microsoft lah , tapi winxpnya di otak atik dulu ^_^

    • Samuel Manjo

      Ya itu bukan dari Microsoft kalau XPnya diotak atik dulu…

      • Adil Pangestu

        yg terpenting dapat update

        • Vuadi Z

          updatenya virus kali gan…wkwk

          • Adil Pangestu

            enggak kok :v karena buktinya setiap turn off ada kayak habis update , dan juga pernah di temuin bug di winxp tapi setelah update bugnya sudah hilang

          • Miftake

            awas gan, malware jangan2 :v

          • Adil Pangestu

            aku pakai anti virus dan walware gak kedeteksi pun

  • BUDI

    Kalo disuruh milih sih, ane lebih suka StartScreen win8.1, soalnya awal dibeliin komputer pribadi lagi udah laptop rekomendasi win8 dan akhirnya suka sama “metro” UI-nya.

    Padahal brand “Windows XP” udah legend banget, kenapa ngga lanjut dengan brand “Windows NEW eXPerience”.

    Sayang windows10 ane kurang terasa karena spek laptop yang ngepas banget *hiks*.

  • Ali

    Startmenu Windows Longhorn gak ada gan? :D

    • Azz_Abdr

      Longhorn kan codename untuk Windows XP, dan tampilannya ga terlalu jauh beda dengan XP. Jadi mungkin diwakilin sama XP juga cukup, ga kayak Chicago yang beda dengan 95.

  • Ariq Fakhri

    boleh nanya
    kenapa kayaknya pada benci windows vista atau ngangap windows vista produk gagal

    • Azz_Abdr

      Sebenernya kalo diliat sih yang paling dibenci itu Windows 8, tapi untuk performa masih jauh lebih baik 8 daripada Vista jadi 8 bisa dibilang mendingan.

      Untuk jawaban pertanyaan:
      1. OS-nya aja berat, bukan bikin XP jadi lebih cepat tapi jadi lebih lambat karena kebanyakan embel-embel.
      2. User Control yang bikin kita ga bebas, terlalu banyak notif “apa kamu ingin membuka aplikasi ini” dan “apakah kamu mengizinkan aplikasi ini untuk blablabla…”
      3. Setiap hardware butuh driver kalo mau bekerja dengan baik.
      4. Poin 1 dan poin 3 bikin susah gammer, banyak yang balik lagi ke XP karena main game bukan tambah enak malah tambah lemot.

      Intinya dari XP ke Vista ga banyak perubahan/peningkatan tapi banyak penambahan fitur yang malah bikin susah user.

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Terspecial : Windows 10
    Ter”ala-ala: Windows 8.1
    Terelegan : Windows 7
    Tak pernah terlupakan : Windows XP

  • Maulana Fikri Ramadhan

    dulu aku pake XP
    sekarang windows 8.1 yang digunakan

  • Azz_Abdr

    OS yang udah gw pake diurut dari pertama ke terakhir:
    – 3.1 (sekitar setahun pake)
    – 98 & 98SE (sekitar 2 tahun pake)
    – 95 (cuma coba-coba, balik ke 98SE lagi)
    – ME (cuma beberapa bulan)
    – 2000 (hampir setahun)
    – XP (dari 2003-2013, hahaha) <- selalu dihati, start paling revolusioner
    – Vista (cuma coba-coba, balik ke XP lagi)
    – 7 (dari 2013-sekarang) <- paling mantap kedua setelah XP
    – 8 langsung ke 8.1 (dari 2014-sekarang) <- paling koplak tapi performa oke
    – 10 baru rencana, karena OSnya bajakan :p pengen beli lisensi ori lagi.

  • RiDho Ahmad

    ada yang pernah bikin Start Menu se-hampa ini ?

    • RiDho Ahmad

      beginilah apa adanya, ini mewujudkan ekspresi merana bagaikan sehelai daun kering

    • Rasshid

      gimana caranya om? :v

      • RiDho Ahmad

        haha .. ane pikir ini simple & gampang tpi ribet ngejelasinnya
        kolom yg kiri mudah tinggal kosongkan/ hapus semua app dari applist, juga jangan tampilkan app yg baru dibuka
        klo kolom yg kanan atur di Taskbar and Start Menu Properties (klik kanan pada startorbs)
        di Tab Start Menu klik tombol Customize .. dari situ bisa ngatur untuk merubah dan menghilangkan link pada panel kanan

        • Rasshid

          oalah….

  • Farhan Ikbal Haidary

    Kalo ane pengen milih win xp karna suara startup soundnya itu terasa indah banget. Dulu kepengen pake win xp tapi dilarang ama bokap gak tau karna knp :(

  • Matsudara Adachi

    Windows 10 is great version of Microsoft Windows Desktop OS :D :)

  • Yonas Bluetooth

    tetap menjadi kenangan Windows 95,, dan bermain game balapan sambil pukul2an,, lupa namanya

  • Isibiew

    dari kesalahan itulah lahir kemajuan

  • Semoga Windows 10 Bisa Mengulang Kesuksesan Windows XP …….
    #Windows10

  • andika priatama

    idih gilaa main apaan tuh umur segitu wkwkw. malah aku dulu masih sd lanjut cerita yg tadi tuh untuk bisa main kompi aku harus ngafalkan perkalian dulu baru boleh main kalo gak hafal gak boleh main wkwkw kalo udah depan kompi lupa semua deh dulu hahaha sampai sekarang juga sih lupa semuanya wkwkw

    • Rafi M. P.

      Wkwkwkwk ane mah sebenarnya gak tau mau ngapain di depan kompi waktu itu karena yang makek mouse bokap ane, paling kurang kerjaan sih mungkin karena gak ada games kali ya disana waktu itu…

  • Windows 10 aja ah :v

  • Ibnu-Farhan

    BTW adain pre-order buat item ini dong :3 kalo bisa sama yang binary code juga hoho

  • Ahmad Irfan

    Kalau saya Windows 7 N Windows 10 tapi jgn lupain Windows XP ya ntu windows yang Melegenda hihihihi

  • ‘Ujok Citra

    Saya mau tanya sama agan2 sekalian, saya punya netbook acer ao 522 dan mmg bukan PC utama saya…apakah netbook itu bisa saya install windows 10 wlaupun driver nya sampai kini belum ada…boro2 w10 buat w8.1 aja blom ada…apakah harus ada drivernya buat windows 10 ?

  • Aisy Muhammad Rozsidhy

    Hm… saya make pertama itu DOS..
    kedua WIndows 95, 98, XP, WIndows 7, WIndows 8 dan 8.1, lalu Windows 10.. :3

    ya ampun DOS itu klo gak salah masih sebelum TK dan belum tahu apa2.. :v
    perkembangannya sangat baik.. semoga Microsoft meberikan lebih nanti di Update Windows 10..

    min klo boleh request.. tolong donk share artikel kelebihan dan kekurangan Windows 10.. :3 klo boleh sih..

  • Rizki S.Y

    os pertama gw coba windows 98.main dikantor tempat bapak gw kerja.pas smp ketemu 2 os,95 & 98 di labor komputernya…..wkwkwk

  • Febri Yulianto

    Selama ini aku belum mampu beli Windows yang asli.
    Untuk sementara aku mulai beralih ke opensource, tapi suatu saat aku pasti akan membeli produk Windows yang asli