Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

37

Ketika kita flashback lagi dan memahami apa latar belakang diciptakannya smartphone, tentu alasan utamanya adalah untuk mempermudah komunikasi antar manusia.

Di satu sisi tujuan tersebut memang berhasil tercapai. Sekarang kita dengan mudahnya bisa menghubungi teman dan keluarga nun jauh disana melalui SMS, telepon, Facebook, Twitter, chat, bahkan video call.

Namun di sisi lain kamu pasti sudah tidak asing dengan fenomena seperti ini….

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

dan ini..

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Saya yakin kamu pasti sering menemuinya dalam kehidupan sehari-hari. Di sekolah, kantor, kampus, rumah, cafe, mall, bahkan juga di angkutan umum.

Smartphone seolah membuat orang tidak tertarik lagi untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

 

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Jauh Dicari Dekat Dicueki

Setelah memikirkannya selama beberapa saat, kesimpulan yang bisa saya ambil dari fenomena ini tergambar dalam sebuah frasa: Jauh dicari dekat dicueki.

 

Apa maksudnya?

Ketika sedang berkumpul bersama teman, kita seringkali lebih tertarik untuk menghubungi teman-teman lain, keluarga, atau rekan lain yang sedang tidak ada disitu. Kita memilih untuk ngobrol dengan mereka, bertanya kabar mereka, dan bercanda dengan mereka melalui smartphone. Lalu teman-teman yang tengah duduk dekat bersama dengan kita? Dicuekin.

Tetapi nanti ketika sudah pulang dan berkumpul dengan keluarga, kita lebih tertarik untuk ngobrol dengan teman-teman kita yang tadi. Dan keluarga yang ada di sebelah kita? Dicuekin.

Begitu saja terus menerus sampai akhirnya fenomena seperti ini menjadi sering kita temui dan tidak asing lagi.

Smartphone Telah Membuat Banyak Orang Jadi Menyedihkan

 

Contoh kasus: saya, istri, dan adik

Seusai menikah 8 bulan lalu, saya pindah ke Tangerang. Dalam beberapa momen seringkali saya mendapati diri saya sibuk chat dengan adik yang ada di malang, entah itu tanya kabar, ngobrol, cerita, atau sekedar bercanda. Istri saya yang ada di samping saya juga seringkali sibuk mengobrol dengan teman-teman di group WhatsApp nya.

Tetapi begitu saya pulang ke Malang dan jalan-jalan bersama adik, yang sibuk saya hubungi adalah istri saya yang tengah di Tangerang.

Hal yang sama juga terjadi di istri saya. Ketika sedang bersama saya, sibuk ngobrol dengan teman-teman di group WA nya. Tetapi ketika sedang bersama mereka, istri saya rutin nge-BBM saya (dan mungkin cuek terhadap teman-temannya saat itu).

Saya merasa menjadi orang yang menyedihkan yang tidak bisa fokus berkomunikasi dengan orang di dekat saya, selalu saja mencari yang jauh tetapi cuek terhadap yang dekat.

Itu adalah kejadian nyata sekitar 5 bulan lalu, dan begitu saya menyadarinya maka hingga saat ini saya dan istri tidak pernah berada dalam momen seperti itu lagi. Kini ketika kita sedang bersama, kita jadi asik mengobrol dan bercanda satu sama lain.

Dan hebatnya, hal ini menular.

Ketika kita berada di tengah teman-teman yang selalu sibuk memainkan smartphone nya masing-masing ketika ketemuan, dan kita tidak ikut melakukannya tetapi mulai mengajak ngobrol mereka, secara mengejutkan smartphone mereka akhirnya mulai dimasukkan ke dalam saku, dan obrolan seru pun mulai terjadi.

Itu sangat menyenangkan!

 

8 Cara Terbebas dari Kutukan Smartphone

Saya senang menyebutnya sebagai kutukan smartphone, karena memang banyak pengguna smartphone (terlebih yang masih baru memilikinya) selalu saja sibuk dengan smartphone miliknya dibandingkan dengan orang-orang disekitarnya.

Tetapi tidak perlu khawatir. Saya punya beberapa jurus untuk terbebas dari kutukan ini. Cara ini sudah saya coba dan berhasil membuat saya terhindar dari situasi menyedihkan tersebut dalam kehidupan saya sehari-hari.

 

Keep Silent

Ketika sedang berkumpul bersama teman, rekan, atau keluarga, biarkan smartphone kamu silent. Satu hal yang selalu saja menggoda kita untuk membuka smartphone padahal sedang berkumpul bersama adalah notifikasi, entah itu notif Facebook, Twitter, BBM, WhatsApp, dsb.

Dengan membuatnya silent, kita jadi tidak tergoda membuka smartphone ketika sedang bercengkerama dengan orang di sekitar kita.

 

Ajak Ngobrol

Tidak jarang dari kita ketika melihat teman nongkrong kita sibuk memainkan smartphone miliknya, kita merasa dicueki dan akhirnya melakukan hal yang sama. Alhasil suasana menyedihkan diatas langsung terjadi.

Jika kamu mendapati teman yang demikian, ajak ngobrol mereka. Kamu bertemu dan nongkrong bareng kan buat ngobrol bareng, bukan buat maen smartphone dan diem-dieman bareng. Iya khan?

Dengan melakukannya terus-menerus, secara ajaib kamu akan melihat respon mereka memasukkan smartphone dan akhirnya masuk ke dalam obrolan nyata yang menyenangkan.

 

Quality Time

Sadari bahwa waktu setiap orang sangatlah berharga, dan ketika mereka meluangkan waktu untuk bertemu kamu, hargailah waktu yang mereka sediakan.

Jadikan momen ketika kamu bertemu dan berkumpul mereka, menjadi momen yang sangat menyenangkan dan berharga bagi mereka. Selalu Berikan quality time setiap kali kamu bertemu dengan rekan, teman, ataupun keluarga.

 

Tetaplah Fokus

Ketika kamu sedang berkumpul dengan teman-teman, fokuslah kepada mereka. Ketika sedang bersama istri atau anak, fokus jugalah kepada mereka. Percayalah, berkomunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan.

 

Luangkan Waktu

Jika kamu ada teman, rekan, atau saudara yang lokasinya jauh, luangkan waktu tersendiri untuk menghubungi mereka. Jangan menghubungi ketika sedang berkumpul dengan teman / keluarga, tetapi sediakan waktu khusus sehingga kamu bisa ngobrol dengan fokus.

 

Berani Katakan Maaf

Ketika sedang berkumpul dengan teman atau keluarga, lalu ada rekan lain yang nge-chat ataupun SMS, jangan takut untuk berkata maaf.

“Maaf bro, aku sedang ada acara keluarga nih, ntar aku hubungi lagi yah”

atau

“Maap pak, saya sedang reuni sama temen-temen kuliah nih, nanti saya kabari ya kl sudah selesai. Saya hubungi lagi nanti”

Jika memang chat atau obrolan yang kamu lakukan melalui smartphone tidak urgent, maka kamu bisa menundanya nanti ketika sedang tidak bersama dengan teman-teman.

 

Filter!

Seberapa sering kita mencueki teman, rekan, dan keluarga kita hanya untuk membaca status tidak penting dari teman Facebook kita? Atau hanya melihat foto-foto instagram dari artis yang kita kagumi, padahal mereka sama sekali tidak peduli dengan kita?

Pintar-pintarlah memilih mana konten yang perlu kamu pedulikan dan mana yang tidak, terlebih ketika sedang berkumpul bersama dengan orang lain.

Jangan biarkan status-status Facebook yang tidak penting menyita perhatian kamu dan mengorbankan orang yang sudah berkorban waktu untuk bertemu kamu.

 

Itulah 8 cara agar terbebas dari kutukan smartphone yang membuat kita semakin menjadi pribadi yang menyedihkan. Jika kamu termasuk orang yang mengalaminya, sebisa mungkin bebaskan diri kamu sekarang juga.

Sebarkan juga cara diatas kepada teman, rekan, dan keluarga kamu agar setiap pertemuan bisa menjadi lebih berwarna dengan obrolan nyata yang menyenangkan.

 

Bagikan Tips Kamu

Seberapa sering kamu mendapati kejadian menyedihkan seperti diatas, dan apa yang biasanya kamu lakukan ketika mendapatinya? Jika memiliki tips lainnya, bantu dan bagikan tips tersebut disini agar lebih banyak lagi orang yang terhindar dari kutukan smartphone yang menyedihkan tersebut.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • arg

    Terima kasih mas febian, tulisannya bagus n mengingatkan

    • sama2 mas
      semoga kita semua terbebas dari jerat kutukan smartphone ini..hehehehe :D

  • Untungnya, dari pertama punya smartphone, saya tidak terjangkiti masalah seperti ini

    • mantab
      apa ada tambahan tips supaya terhindar dari masalah ini?

      • kalo aq sih dari diri sendiri, emang smartphone bantu banget sama kehidupan sehari2, mulai dari manfa’atin here maps buat jalan2, mixradio buat dengerin musik, dll, tapi kalau kumpul sama orang terdekat, seperti keluarga atau temen, enteng saja buat ninggalin smartphone disaku.

  • Iscar Samosir

    bener banget om. udah ajk kencan tapi cuman didiemin gara2 smartphone disitu saya sedih. tips saya sih jgn bli smartphone aja deh XD

  • Addy Yang

    mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, pengalaman saya kalo doi balas pesan lama banget tapi pas deket megang hape mulu :v

    • quote yang bagus :v

      “Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat”

  • Scarlet Nec’Arc

    Emang bener bener kerasa banget. . .
    saya sendiri sudah pernah mengalaminya . .

    Semakin maju teknologinya
    Manusiapun jadi budak teknologi (konsumen)

    • bener sekali, kl gak pinter2 menyiasati..bisa2 bukannya kita yang mengontrol teknologi, tetapi kehidupan kita yg dikontrol teknologi

  • lebih real kalo fotonya orang indonesia aja,,,

    • itu ada beberapa orang indonesia, yang cewek2 artis..terus bapak2 rapat..sama anak kecil di kasur :D

  • indra

    Setuju

  • ahmad sule

    betul banget tuh

  • KATANYA NGUMPUL BARENG, TAPI KOK ASIK SENDIRI-SENDIRI? :)

  • Mas Admin Tangerang nya daerah mana nih?

    • Kp. Kelapa PLN, daerah ModernLand
      tangerang juga? kopdar yok :D

      kebetulan aku jg suka programming, jd bakal banyak bahan obrolan :D

      • ria

        Programming apa mas, php apa java?

      • Waduh jauh mas.. ane tangerang selatan Ciputat.. :)

        • Wow cukup jauh juga ya
          tp setidaknya masih ada tangerang2 nya lah.. Hihihi :P

      • arg

        Ayo mas febian, atur waktu mendekatkan yg jauh mnjdi bgitu dekat dn nyata, sy jg tinggal d tangerang mas :)

        • Sms aku dong sob :D
          085232737777

          Ayo janjian kopdar :D

  • YanDhika

    Smartphone membuat orang orang anti social dan justru tak merasakan apa itu sosial yang sesungguhnya.

    • perlu pintar2 mengatur diri sendiri memang, kapan mengeluarkan smartphone dan kapan harus menyimpannya

      tidak jarang ditemui juga orang maen smartphone dan asik chatting waktu sedang rapat DPR

      jangan dicontoh ya kl yang begitu2 :v

  • pradakusuma

    kalkulator diciptakan –> orang malas berhitung
    Tv diciptakan –> orang malas bergerak
    game diciptakan –> orang malas bermain (diluar)
    smartphone diciptakan –> orang malas bersosial (diluar)
    kombinasi kombinasi seperti ini melahirkan generasi idiot teknologi

    • Belum lagi benar lagi bakal ada smartwatch, hololens, smartglass, aduh bakal seperti apa interaksi di masa depan :v

  • Tobias Abdiman

    Tips saya, ya jangan beli hp ! :D

    • Susah untuk pekerja yang memerlukan internet dan email. Bahkan saya menemui di beberapa perusahaan, check log dilakukan dengan mengirimkan selfie bertanda lokasi ke aplikasi chat khusus perusahaan, umumnya BBM. Jadi permasalahannya di attitude penggunaan HP-nya, bukan menghilangkan HP-nya.

      • Betul sekali
        Perlu kesadaran dari diri sendiri bahwa interaksi sosial antar manusia dalam dunia nyata teramat sangat penting dan tidak boleh diabaikan karena interaksi dlm dunia maya

        • Tobias Abdiman

          Bener banget, om ! Diatas sih, saya cuma bercanda :v

  • mnisnaeni

    semakin pintar dan canggih teknologi, penggunanya juga harus semakin pintar dan canggih..jangan mau diperbudak ma tekno :D ya kaga bray? Kalo salah betulin dah haaa

    • Betul banget
      jangan sampe guyonan yg berbunyi “smartphone stupid people” jadi kenyataan

      Kita yg harus mengontrol teknologi, bukan malah dikontrol olehnya

  • ZAY

    XD how about introvert yang cenderong memilih dunia lain seperti itu ketimbang dunia nyatanya

    sering sekali min saya nyuekin temen yang datang kerumahku (bener mereka ngumpul tapi seperti tanpa aku ckckck sibuk sama leppy)

  • Om Betmen

    Di lingkungan saya belum separah gitu, mudah”an aja gk sampe kya gitu aamiin