Sony Mengembangkan Kaset Pita Berkapasitas 185 TB Per Kaset, Akankah Teknologi Lama...

Sony Mengembangkan Kaset Pita Berkapasitas 185 TB Per Kaset, Akankah Teknologi Lama Kembali Ngetrend?

2

Sony Mengembangkan Kaset Pita Berkapasitas 185 TB Per Kaset, Akankah Teknologi Lama Kembali Ngetrend?

Mungkin hanya ada satu hal yang terpikirkan ketika kita melihat kaset pita: kuno! Ya benar, kaset pita adalah media penyimpanan jaman dulu yang kini sudah tidak eksis lagi karena tergeser oleh teknologi yang lebih modern seperti hardisk, SSD, disc, flashdisk, dsb. Tetapi jangan pernah bilang kuno ketika melihat teknologi kaset pita terbaru yang dikembangkan oleh Sony ini. Sony baru saja mengembangkan kaset pita dengan kapasitas penyimpanan 185 TB per kaset! 1 inchi persegi pita kasetnya bisa menyimpan hingga 148 GB data atau setara dengan 3 blu-ray disc. Jika dihitung-hitung, maka 1 kaset pita terbaru buatan Sony ini setara dengan 3700 blu-ray disc. Wow..!

Kaset pita ini dibuat Sony dengan menggunakan teknologi vakum yang mereka namakan Sputter Disposition. Mereka membuat lapisan film magnetik dengan menembakkan ion argon ke substrat polymer. Partikel magnetik yang dihasilkan rata-rata hanya sebesar 7.7 nm saja, dan ini jauh lebih padat daripada metode-metode lain yang pernah digunakan sebelumnya.

Namun meskipun memiliki kapasitas penyimpanan yang super besar, kecepatan read/write kaset pita tetaplah jauh lebih lambat daripada teknologi yang ada saat ini, terutama SSD. Kaset pita ini kemungkinan hanya akan digunakan untuk keperluan backup data oleh perusahaan-perusahaan besar. Jika digunakan untuk penggunaan harian, mungkin butuh waktu berminggu-minggu hanya untuk menemukan satu file musik didalam kaset pita tersebut.

Akankah kaset pita bakal kembali ngetrend seperti dulu?

via gizmodo

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.