Steve Ballmer Marah: Windows Phone Harus Bisa Menjalankan Aplikasi Android!

Steve Ballmer Marah: Windows Phone Harus Bisa Menjalankan Aplikasi Android!

41

steveballmer-bullshit

Setelah selesai menjabat sebagai CEO Microsoft, Steve Ballmer tetap menjadi bagian penting dari Microsoft yang mana ia merupakan salah satu investor individu terbesar di perusahaan raksasa teknologi tersebut. Maka dari itu ia selalu rutin diundang berdiskusi dengan para pemegang saham dalam acara tahunan Stakeholder Meeting.

Di pertemuan kali ini tanpa diduga Steve Ballmer marah dan melontarkan kritik pedas terhadap Microsoft. Pertama dia gusar karena Microsoft menggunakan run rate (pendapatan satu kuarter yang diproyeksikan setahun kedepan) dari divisi cloud. Ballmer mengganggap report semacam ini seolah menutupi pendapatan Microsoft dari cloud services yang saat ini kurang begitu bagus, dan dia lebih menginginkan keterbukaan dengan melaporkan pendapatan yang sebenarnya.

Bahkan Ballmer sampai menyatakan Microsoft Cloud revenue report is bullsh*t!

Tidak hanya itu, ketika salah satu audience menanyakan seputar App Gap di Windows Phone, Nadella menjawab akan terus berupaya untuk mendorong para pengembang agar mau menitipkan karya aplikasinya pada Windows Store secara Universal, baik digunakan di PC , smartphone , tablet, maupun Xbox. Sayangnya jawaban Nadella tersebut disanggah oleh ballmer dengan mengatakan “That won’t work. Instead, the company needs to enable Windows Phones to run Android apps”

Ballmer menganggap strategi Nadella untuk Windows 10 Mobile tidak akan berjalan, kecuali dia mau menjadikan apps Android bisa dijalankan dari Windows 10 Mobile.

Baca juga:  Spekulasi: Windows 10 Preview Bakal Dirilis Jam 11 Malam Nanti

Jelas komentarnya tersebut sangat mengejutkan mengingat bahwa selama masa jabatannya, Microsoft justru menjauhkan diri dari platform mobile pihak ketiga. Mungkin maksud baik ballmer ialah hentikan penundaan terhadap project astoria dan mulailah fokus hingga dapat mendongkrak market share kedepannya.

Tentu tanggapannya di sambut baik oleh juru bicara, karena memang peran Steve Ballmer terhadap microsoft sangatlah kritis.

“We enjoy a regular dialogue with Steve, and welcome his input and feedback, as we do from our other investors.” said Chris Suh, Microsoft’s general manager for investor relations.

Project AStoria kembali ?

Sebelumnya Project Astoria untuk memporting Android apps ke Windows Store dihentikan pengembangannya hingga waktu yang tidak ditentukan dan menyisakan Project yang lain, salah satunya adalah IslandWood untuk memporting iOS Apps ke Windows Store. (Baca juga: Microsoft Memposting Tutorial untuk Porting iOS Apps ke Windows 10 dan Windows 10 Mobile)

Baca juga:  Itsdagram versi Gratis Kini Sudah Dirilis

Dengan kritikan Ballmer atas pergerakan Microsoft akhir-akhir ini, apakah bakal mempengaruhi keputusan Satya Nadella kedepannya? Tidak ada yang tahu pasti.

Satu hal yang pasti adalah bahwa Ballmer merupakan salah satu CEO yang sangat fanatik dengan Windows dan Windows Phone pada jamannya. Dialah yang dulu memutuskan untuk membeli Nokia dengan harapan bisa semakin melejitkan platform Windows Phone, meskipun sangat disayangkan akhirnya hal itu gagal hingga banyak karyawan Nokia yang dipecat Microsoft demi mengurangi pengeluaran.

Saat menjalankan Microsoft Ballmer juga dikenal dengan strateginya yang tertutup. Hal ini tentu berbeda dengan Satya Nadella yang lebih terbuka dengan berbagai platform.

Bahkan sebagian orang menilai dia cenderung kurang serius dengan pengembangan Windows 10 Mobile dan berbagai keputusannya diyakini menjadi alasan semakin habisnya market share Windows Phone dari 3% hingga tinggal 1.7% saja.

Baca juga:  Spotify akan Tetap Melanjutkan Dukungan untuk Platform Windows

Kamu dapat streaming acara tersebut serta melihat presentasinya melalui situs Microsoft ini.

Bagaimana menurut kamu kemarahan Steve Ballmer atas pergerakan Microsoft akhir-akhir ini? Apakah strategi Satya Nadella terhadap Windows 10 Mobile memang layak untuk dikritisi?

Bagikan pendapat kamu disini

Oh iya..buat kamu yang belum tahu yang mana itu Steve Ballmer, dia adalah yang menari dengan paling semangat di video ini :D

via Bloomberg

Ask me everything about Windows Mobile via Twitter @UFebri
  • Alvin

    Oh steve ballmer.. Inovasi lebih penting dari market share.. belajarlah om :’v

    • Randhika

      Betul banget ini, yang penting INOVASI…!

    • 3widyan

      tipe microsoft:
      inovasi ada, direbut/dicopy orang… orang lain dapet market share.. microsoft?

  • Whyu Wa

    emg layak dikritisi, gk tau terlihat santai nadella atau emg lambat atau setengah hati, emg pernah ada pernyataan kalo nadela emg gk suka divisi ponsel gk sefanatik steve ballmer tentang windows phone

  • Tedy Sepdiansah

    Jangan app andro lah…yg wp user butuhin ios app dari islandwood yeay!

    • Giovan Isa Musthofa

      Iya, gak perlu emulator android. Karena hampir semua app besar di Playstore udah ada di Appstore iOS. Tinggal di port pake islandwood.

  • Jossy

    Ya wajarlah, steve ballmer mengkritik lagian dia kan salah satu pemegang saham, mana ada pemegang saham yang ingin merugi?

  • Kurotsuki Kaitou

    Ga ada yang tau apakah Universal App akan mampu menarik minat developer. Yang pasti sih, model Astoria ga akan baik buat kehidupan W10M dalam jangka panjang.
    OS/2 dari IBM sudah mengalaminya (tingginya tingkat kompatibilias dengan app DOS yang membuat developer enggan membuat app untuk OS/2 karena cukup bikin app DOS dan bisa jalan di DOS & OS/2 sekaligus).

    BB10 dari Blackberry sudah mengalaminya (dengan Adroid compatibilitiy layer a.k.a emulator untuk menjalankan Android apps). Ga ada yang mau develop untuk BB10 karena udah cukup bikin app Android dah bisa ditweak dikit buat jalan di BB10. Sehingga BB10 pun bau tanah.

    Kalau kata saya sih, daripada susah-susah bikin app Android jalan smooth di W10M, sekalian aja scrap project W10M-nya. Ga usah lagi bikin mobile OS. Microsoft cukup bikin App-nya doang supaya jalan di multiplatform. Selesai perkara. Dominasi OS di mobile? Who cares? Dominasi service di Mobile, di situ aliran duit mengalir… :3
    Tapi yah … Siapa tau dia bener juga… Saya ga pernah jadi CEO jadi ga tau susahnya ngurus beginian…. :3

    • sepertinya sedikit banyak itu pernah terlintas di pikiran satya nadella ketika menjabat sebagai CEO kali ini..

      cuman kayaknya gak di scap krn peran Windows 10 Mobile yg msh sangat dibutuhkan bwt fokus form factor Windows 10 di segala ukuran device (one OS for all devices)

      tp g tw jg sih..krn sama seperti om Kurotsuki, aku jg blm pernah jd CEO jd gak tau susahnya ngurus beginian..hihihi :3

      • Kurotsuki Kaitou

        Begitulah. Satu-satunya alasan W10M dipertahankan kan karena masih mengincar W10 di segala bentuk. Lha kalau ujung-ujungnya pakai Android app seperti yang dibilang Balmer, ngapain juga buang-buang tenaga maintain code base yang ga bawa efek buat perkembangan W10 secara keseluruhan. Kayaknya bagi Nadella sih W10M pakai Universal Apps all the way atau ngga sekalian.

        • Yap, itu antara hidup sama mati istilah katanya. Kalau mau bertahan, pakai cara yang unik dan inovatif, tapi kalau mau mati dan akhirnya ngikut aliran aja, ya ikutin tren aja (kayak kasus OS/2 sama BB10)…

    • bener itu, kalau sampai Project Astoria balik lagi, itu bakal konsep Universal Windows Platform bakal percuma, kalau kita liat dari sejarahnya OS/2 itu… contoh lainnya ya BlackBerry 10, yang bisa sideload APK Android… akhirnya? BB10 udah ngilang, dan bahkan Priv pun ngikut pake OS Android skarang… miris.

      Nah, Windows 10 Mobile jangan sampe kayak gitu, konsep yang diutarakan sama Satya Nadella itu bener, konsep universality dari semua device yang ada, mobile-first, cloud-first… lewat apa? Ya lewat Windows 10, versi Windows terakhir dan sekaligus awal dari iterative update (kurang lebih sih mirip sama konsepnya Mac OS X sih, tapi beda dari segi metode update-nya [Windows via Windows Update, OS X dari App Store])… dan awal juga dari Universal Platform… Xbox? HoloLens? Windows Phone? skarang pakai base-nya Windows 10 semua… jadi secara kasar kalau dihitung dari base OS-nya, Windows 10 bakal hampir sama dengan Android, dan itu yang menguntungkan justru. Ditambah lagi UWP udah 100% di Windows 10, makin dilirik sama developer.

      Berharap aja sesuai dengan ekspektasi kita yah… tapi jangan lupa, Ballmer juga berjasa dalam Windows XP sama Windows 7 :3

  • BUDI

    Pengembangan terkesan lambat dan fokus tercerai-berai.

    • entah kapan terakhir kali mendengar kata “tercerai-berai”, tetapi begitu membacanya lagi..rasanya sungguh bahagia karena terkenang dengan bahasa di sinetron masa lalu *penggemar berat sinetron “Tersanjung” kala itu :))

    • Zulmi Kurniawan

      Wajar sih om, banyak banget yg dikerjain. Jd terkesan gak fokus. Ngurusin versi pc, ngurusin mobile, ngurusin xbox, ngurusin layanan, ngurusin cloud.
      Makanya ane ragu nih sama windows 10. Terkesan setengah hati dan tergopoh2.
      Jd bukan lambat. Tp tergopoh2 dan gak fokus. Makanya sulit untuk berkembang lebih cepat.

      • BUDI

        Nah itu. Meski divisi pengembangannya udah ada masing-masing tapi karena visi One Windows jadi kesannya terburu-buru.

  • this ^

  • ad galiih

    Hahaha
    Dari sekian banyak aplikasi yg da di andro, berapa aplikasi si yg mau kita pasang di WP?..
    Paling jg segelintir di banding dengan jumlah aplikasinya yg ada.
    Hahahaha
    Yg WP sayangin kehilangan aplikasi andalan dr Nokia.
    Sedikit sii tp berarti.
    Hahahaha
    Apalagi di W10M.
    Office mobilenya harus update ke office 365.
    Hahahaha

    • riyusaiba

      Ah masa gan harus berlangganan office 365, kalo gitu kayanya mending ngga usah upgrade ke w10m

      • ad galiih

        Bener
        Suer hahahaha

        • 3widyan

          hah gile bener dah..

        • PrashT

          wah kamfret ini

          • ad galiih

            Hahaha
            Kok kamfret
            Hahahhaha

          • perfectminor

            Nggak kok gan tetep gratis, itu cuma akun Microsoft agan belum sinkron atau agan belum login di Windows 10 Mobile belum masukin akun.

          • ad galiih

            Hahaha
            Coba deh punya agan sering dibuka buat edit file. Apa yg terjadi.
            Hahahaha
            tp ketika disuruh update ke 365, cukup Logout dr office mobile trs login lgi, pst bsa dgunain lgi.
            Tp akan begitu lgi kalo sering buat edit² file.

          • coba terkoneksi dengan internet gan, ane liat di screenshot itu mati koneksinya :v

          • ad galiih

            Hahaha
            Sama saja teman.
            Mau connect atau ga, kalau ud kya gtu ga bakal bisa buat edit.
            Emang lebih enak di wp8,1.
            Ini begini sudah dr sejak lama.
            buat ngakalinya emang hrs standby logout.
            Jd login ketika mau pake.
            Yah ribet dikit ga pa²..

        • riyusaiba

          Waduh, kayanya biarin aja deh di wp 8.1 aja yang super ringan..

  • sebaiknya kita tunggu saja bagaimana hasil dari strategi satya nadella kedepannya, akankah berhasil atau gagal :D

  • Zulmi Kurniawan

    Yaa bukannya gak mungkin jg sih om bisa begitu. Kan trend saat ini komputer tuk tingkat mobilitas yg tinggi. Itu jg jd alasan smartphone sekarang lebih laku daripada laptop.
    Jd kenapa gak semua aplikasi aja bisa di instal di smartphone. Tetap dengan resiko yg sangat besar bakal melanda kalo ada os yg begitu.
    Gak selamanya ada raja yg bakal bertahta terus. Pasti suatu saat akan jatuh juga.
    Apple dengan ios nya menurut ane sulit tuk jd raja selanjutnya karena udah minim inovasi dan tampilan yg begitu2 aja plus hanya di produksi oleh apple yg dikenal premium.
    Mungkin tizen, windows, sailfish, ubuntu, firefox atau os yg lainnya bisa jd raja.
    Masalah untuk os blackberry, sulit melihat mereka bakal bangkit lg melalui android yg penuh sesak dengan vendor lainnya. Apalagi dengan xiaomi cs yg menyajikan perangkat berharga murah dengan kualitas gak kalah dengan produk high end. Cmiiw

  • udah om dulu..nah ini aku kan ex-MS juga..ex-tukang kebon nya tp :v

  • Handy Handoko

    Halaah .. Nek ngomong gampang. Aq wae iso

  • Fayyadh Muchlis

    Ya namanya mantan tau sendiri lah gimana :v

  • riyusaiba

    Itu daaah

  • heru

    sebenernya sih user g perlu aplikasi yg jumlahnya sampe mendekati 1 juta kaya android… cukup aplikasi” dari pengembang populer aja.. Microsoft g perlu lah turun tangan bikin aplikasi kaya facebook.. tilipun si mark.. minta facebook bikin aplikasinya sendiri.. microsoft cukup fokus ke aplikasi produktifitas,,, kaya google.. fokus ke maps,, office,, cloud,,music ,,foto.. dll.. mau porting dari ios dan android g akan optimal… karena pengembang kan mikirin ux’a beda” untuk setiap apps.. jujur kemarin ngomporin temen beli lumia 640 sekarang ngerasa g enak hati,, karena dy jadi merasa terbatas,, g bisa pesen gojek,, mau transfer kalo g pake sms ya buka laptop karena belum ada mobile banking..

  • YanDhika

    untuk keamanan, aku lebih milih islandwood…
    toh mayoritas android apps ada versi untuk iOS, kan?

    *btw…untuk jawab yang di bawah sana, google marketnya kebanyakan berasal dari google adsense alias iklan, rata rata apps android (yang free) dijejali dengan suntikan iklan google ditiap file apk

  • RiDho Ahmad

    dia memang greget

  • Nixon Halim

    Boss nadella lebih baik daripadamu om ballmer

  • Wahid Budi Prasetyo

    Saya rasa microsoft perlu melobi developer aplikasi penting di android atau ios. Agar aplikasi yang dikembangkan sering di maintenance. Apalagi windows phone terkenal dengan sebutan aplikasi beta. Instagram, bbm, path. Walaupun tidak ada beta tapi dari fitur pasti paling belakang dibanding os tetangga. Di indonesia itu bbm jadi aplikasi paling penting kayaknya. Soalnya dari temen sd sampai kuliah pada make itu. Tiap ketemu tanya pin. Tapi pas bbm dibuka malah lama banget. Bikin malu aja. Apalagi bbm ini sejak mei belum ada update.

  • Muhammad Hafiz Nurdin

    Islandwood aja dlu fokusin lah..