Surface Phone dengan Processor Intel Bakal Hadir Tahun 2016 Nanti?

Surface Phone dengan Processor Intel Bakal Hadir Tahun 2016 Nanti?

26

Surface Phone dengan Processor Intel Bakal Hadir Tahun 2016 Nanti?

Lumia 950 dan 950 XL merupakan flagship Windows 10 Mobile paling gress dan paling high-end saat ini, namun rupanya device ini bukanlah device “ultimate” yang ditunggu-tunggu Microsoft untuk dirilis. (Baca juga: Pre-Order Lumia 950 Indonesia Sudah Dibuka dengan Harga 9 Juta Rupiah)

Jadi jangan heran jika kemunculan Lumia 950 dan 950 XL tidak begitu dipromokan gila-gilaan melalui TV, Billboard, dan berbagai channel advertising lainnya.

The real ultimate Windows 10 Mobile device yang dikabarkan bakal dirilis Microsoft adalah Surface Phone, yang kabarnya bakal muncul ke publik di akhir tahun 2016 nanti. Device inilah yang mungkin bakal diiklankan dan dipasarkan oleh Microsoft dengan gencar.

 

Bernama Surface Phone?

Secara internal saat ini Surface Phone masih dalam tahap pengembangan, kemungkinan masih dalam tahap research desain, hardware, dan fitur.

Baca juga:  Microsoft Mencabut File ISO Windows 10 November Update dari Media Creation Tool

Sebenarnya belum ada yang menyebutkan bahwa nama nya adalah Surface Phone, tetapi karena secara internal sering disebut sebagai Panos Phone, yang diambil dari nama Panos Panay yang menjadi tokoh dibalik pengembangan Surface Pro dan Surface Book, maka kemungkinan besar smartphone ini bakal menjadi Surface Phone.

Sebenarnya untuk codename nya sendiri kabarnya bakal bernama NorthStar.

 

Intel Ikut Terjun di Pengembangan

Di pengembangan Surface Phone ini intel turut terjun secara langsung. Sepertinya Intel bakal berada di balik pengembangan chipset yang akan menjadi otak dari Surface Phone.

Chipset ini dikatakan bakal lebih powerful daripada Qualcomm Snapdragon yang tengah bersinar di berbagai smartphone modern saat ini.

Ikutnya Intel di pengembangan Surface Phone juga memunculkan dugaan akan dibuatnya smartphone berbasis x86 processor layaknya yang biasa digunakan di PC, sehingga tidak hanya bisa menjalankan Windows Store Apps, tetapi juga software Win32.

Baca juga:  Gelang Cicret, Android di Kulit Tangan Kamu!

Tetapi tentu bakal ada banyak masalah teknis yang bakal dihadapi Intel dan Microsoft jika benar-benar ingin menghadirkannya ke publik.

 

Dirilis Akhir 2016?

Bukan tidak mungkin jika Surface Phone ini bakal dirilis, atau setidaknya diperkenalkan ke publik bersamaan dengan perilisan update mayor Windows 10 Redstone.

Windows 10 Redstone dikabarkan bakal membawa peningkatan fitur di Continuum, serta mengintegrasikan Windows 10 Mobile lebih erat lagi dengan Windows 10 PC. Jadi ini merupakan waktu yang tepat juga bagi perilisan atau perkenalan Surface Phone ke publik.

 

Menciptakan Kategori Device Baru

Sadar akan beratnya bersaing dengan iOS dan Android, Microsoft sepertinya berusaha menciptakan kategori device baru melalui Surface Phone ini.

Baca juga:  Behind the Scene: Di Lab Inilah Berbagai Seri Microsoft Surface Dikembangkan (Video)

Sama seperti Surface Pro dan Surface Book yang juga menjadi kategori baru dalam bentuk device hybrid, Surface Phone bisa jadi bakal muncul sebagai kategori baru dalam dunia smartphone.

Mungkin saja dia bakal dibekali processor dan spesifikasi powerful, sehingga bakal menjadi smartphone ketika digenggam, tetapi langsung menjadi PC powerful yang mampu menjalankan Win32 apps saat ditancapkan ke layar melalui fitur Continuum.

 

Ada banyak sekali kemungkinan, tetapi sebelum ada leaked yang lebih detail ataupun pengumuman official, pandang saja informasi ini sebagai rumor.

Bagaimana tanggapan kamu dengan rumor ini, seperti apa prediksi kamu terhadap kehadiran Surface Phone di akhir tahun 2016 nanti?

Bagikan pendapat kamu disini

via windowscentral

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • yaya

    Akhir tahun 2016

    • lama ya om..xixix..entah tahun segitu udah muncul apalag dari kompetitor..rasa2nya emang antar raksasa teknologi saling cepet2an dan gedhe2an inovasi utk mempertahankan market share dan loyalitas para fans nya

      • yaya

        bener mas febi cpet2an…
        sprti berita x stahun lbih cpat…

    • Limit Breaker

      nabung dulu om

  • Anonim

    semoga bagus, bisa lebih mengangkat nama Microsoft dalam dunia smartphone.

  • Whyu Wa

    semoga menjadi terobosan dan inovasi baru di divisi ponsel, “pc in your pocket” semoga bisa diikutin manufaktur tapi jgn ngikut kya yg lain

  • BUDI

    Pasti mahal

  • Zulmi Kurniawan

    Bener juga sih jalan fikirnya microsoft. Udah bisa buat continuum tuk smartphone. Tinggal buat inovasi aja bisa jalanin apps dengan arsitektur x86.
    Moga aja semua proyek yg dikerjakan gak gantung kayak proyek astoria.

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Moga aja gak panas saja kayak di Asus Zenfone series

      • yaya

        bner tu yg notabene pake proci intel…

        • Indra Maulana

          gainget 950xl make liquid cooling demi jinakin sd810?

      • Zulmi Kurniawan

        Aamiin om.

  • Kalau update mayor Redstone mah pertengahan 2016 bukan akhir 2016

  • namanya keren sih “Surface”. tapi nanti nasib lumia gimana ya? kalo rumornya bener bisa jalanin win32 apps, spek gila gilaan di hp gak bakal kebuang percuma. karna menurut ane selama ini gede-gedean spek antar smartphone udah masuk ke ranah mubazir, krn standar penggunaan smartphone paling untuk komunikasi, multimedia, gaming. dan spek tinggi itu cuma berasa pas di awal pemakaian, kalo udah lama juga biasa aja. produksi smartphone skrg udah harus memikirkan dr segi fungsionalitasnya, syg kn spek naik terus tapi dipakenya buat itu itu aja. cuma opini..

    • yocktan

      Betul Om, laptopku cuma 2 core tapi bisa buat home recording.. Masa prosesor 8 core cuma buat main COC??
      Semoga Surface Phone dilengkapi semacam dock buat colok Keyboard, Mouse, Speaker, Printer, TV, Soundcard, Synthesizer, Mixer Sound System, Panel Kemudi Pesawat Terbang, Panel Genset, Panel Pompa, Panel Eskalator, dll.. Amin amin amin…

      • Rasshid

        banyak amat om panelnya :D tapi kalo emang bisa kenapa tidak ya om :D

  • Fakhrul

    masih lama dong akhir tahun 2016

  • semoga desainnya keren :D

  • Lumia? Surface Phone? Trus kalo bener, bedanya apa? #opini

    • Nurcahya

      mungkin Surface untuk kategori Poket PC/ Mini PC. dimana Surface Phone bakal pake Intel sebagai Prosesornya. dan masuk kategori Flagshipnya MS. kalo Lumia mungkin buat segmen Smartphone karena pake Prosesor Arm. dan mungkin masuk kategori Low – Mid.
      itu analisa ane. tapi kalo Surface Phone juga pake Prosesor Arm, ane gk tau bakal beda apanya.

      • Jadi, Surface Phone = flagship
        Lumia = low-mid range?
        Bisa jadi sih…

  • RiDho Ahmad

    wow mantaaap

  • Agung

    IMHO, L950 memang bukan “all out”-nya MS. Bisa dilihat dari designnya yang relatif biasa saja walaupun flagship (bandingkan dgn design Surface tablet, Hollolens, dll). Sepertinya L950 sekedar mengejar kekosongan device flagship untuk menyambut Windows 10 mobile. Harus ada selebrasi toh untuk perubahan yang signifikan. Nah sepertinya Surface phone ini nih yang bakalan jadi icon untuk segmen bisnis phone nya MS.
    .
    Lagian, MS klo ngeluarin teknologi kebiasaanya adalah melakukan semacam “reboot” thd sesuatu yang jika memang sudah ada. One step ahead, merusak segmentasi dg bikin segmentasi baru.
    .
    Contoh, untuk segmen tablet menyaingi iPad, MS mengeluarkan tablet yang tidak hanya sekedar tablet. Lahirlah Surface, dg cover keyboard, stylus, dll
    .
    Segmen VR/Augmented Reality, ada Hollolens yang jauh lebih canggih, tau sendiri lah.
    .
    Digital Assistant, Sirri, Google Now sekedar voice command dan hanya berkutat pada peningkatan kecanggihan voice recognitionnya saja. Tp Cortana, dibuat berkarakter manusia, cantik, pake natural language lagi.
    .
    Lagi nih, klo dulu Blackberry untuk memperkecil app gap pake metode semacam simulator untuk menjalankan app Android, maka MS pake cara porting. Codingnya yang dicompile ulang menjadi versi Windows 10. Menurut saya ini lebih oke, karena seolah2 app Windowsnya didevelop tersendiri.
    .
    Balik lagi ke Surface Phone, jadi agaknya masuk akal emang, klo artikel di atas bilang klo Surface Phone diklaim “Menciptakan Kategori Device Baru”. Karena emang begitu kebiasaannya si MS, reboot.