Tablet dan Smartphone-lah yang Menggerogoti PC Market

Tablet dan Smartphone-lah yang Menggerogoti PC Market

0

Tablet dan Smartphone-lah yang Menggerogoti PC Market

Kemarin IDC merilis data statistik yang menyatakan bahwa PC market turun drastis dan ini merupakan penurunan yang terburuk sejak IDC mentracking PC market sejak tahun 1994. IDC menyalahkan Windows 8 dan Microsoft atas turunnya PC market ini. Microsoft dan Windows 8 dianggap sebagai biang dari merosotnya penjualan PC di seluruh dunia.

Saat ini senada dengan IDC, Gartner juga menyatakan bahwa PC market turun drastis. Bedanya, Gartner tidak menyalahkan Windows 8 sebagai penyebab turunnya PC market, tetapi menyatakan bahwa tablet dan smartphone-lah yang membuat PC market turun.

Di kuarter pertama 2013 ini terlihat ada penurunan penjualan PC. Ini terjadi karena konsumen lebih memilih perangkat lain seperti tablet dan smartphone.

Data dari Gartner menyatakan bahwa di kuarter pertama 2013 ini ada hanya 79.2 juta PC yang terjual, turun 11% dibandingkan dengan kuarter pertama 2012 lalu.

Hampir semua produsen PC seperti Dell, Acer, HP, Asus, dsb juga mengalami penurunan penjualan. Hanya Apple dan Lenovo saja yang meningkat penjualannya.

Apakah tahun depan PC market akan bangkit lagi..? atau malah akan habis tergerus oleh gencarnya perilisan tablet dan smartphone yang semakin canggih..? Kita lihat saja perkembangan berikutnya.

via Gartner

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.