Tahun 2016 Nokia Akan Kembali Berbisnis Smartphone??

Tahun 2016 Nokia Akan Kembali Berbisnis Smartphone??

1

Tahun 2016 Nokia Akan Kembali Berbisnis Smartphone??

Masih ingat Microsoft membeli Nokia dengan harga Rp 72 trilyun pada tahun 2013? Dengan harga yang fantastis, Microsoft mendapatkan semua bisnis perangkat dan layanan Nokia, serta paten Nokia. Selama beberapa bulan Microsoft dan Nokia terus merilis device Lumia yang masih menggunakan merek Nokia. Kemudian minggu ini Microsoft telah merilis device pertama dengan mereknya sendiri, Lumia 535. Lalu bagaimana dengan nasib Nokia? Apakah ia masih akan merilis smartphone Lumia?

Setelah Microsoft menyelesaikan proses akuisisi device dan service Nokia awal tahun ini, lisensi merek Nokia dapat digunakan Lumia selamat delapan belas bulan dan sepuluh tahun untuk ponsel murah. Namun dari perjanjian tersebut tidak ada yang mengakatan bahwa lisensi merek Nokia tidak dapat digunakan produsen lain. Untuk itu kemungkinan Nokia merilis smartphone dengan perusahaan lain bukanlah hal yang mustahil.

CEO Nokia, Rajeev Suri, mengatakan di event Capital Market Day 2014, merek Nokia akan kembali ke dunia konsumen. Saat ini Nokia sedang fokus pada bisnis dan layanan industri mobile, seperti jaringan infrastruktur, R&D dan HERE mapping platform.

Tahun 2016 Nokia Akan Kembali Berbisnis Smartphone??

Selain itu yang perlu kita perhatikan di slide yang ditampilkan pada acara tersebut adalah lisensi Nokia untuk merek Nokia dapat digunakan lagi dari Q4 2016 dan untuk device lain sudah bisa dilakukan. Artinya merek Nokia bisa digunakan atau dirilis oleh produsen lain dengan menggunakan logo Nokia. Device lain yang dimaksudkan disini contohnya seperti kamera digital, TV Android, atau sebagainya yang dibuat oleh produsen lain atas nama Nokia.

Jadi mungkin saja Nokia merilis smartphone lagi tapi bukan dibuat oleh mereka sendiri melainkan produsen lain. Dengan kata lain, tidak akan ada lagi smartphone yang benar-benar asli dari Nokia. Ini seperti perusahaan Foxconn, sebuah perusahaan yang membuat komponen elektronik untuk device seperti iPhone dari Apple.

via ZDNet

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Wang Zeiyd

    ar ai pi nokia