Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS

Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS

4

Udah tahu kan siapa itu Jolla? Ketika marketshare Nokia Anjlok dulu, Nokia memutuskan untuk membuang Symbian dan mengembangkan sistem operasi berbasis Linux yaitu Maemo yang kemudian berganti nama menjadi MeeGo.

Namun sayang pada Oktober 2011 pengembangan Meego dihentikan. Anggota team itupun bersama-sama meninggalkan Nokia dan membentuk perusahaan baru yang bernama Jolla (dibaca yolla). Bisa dibilang mayoritas orang inti di Jolla adalah ex-Nokia. Hal itulah yang membuat aroma persaingan antara Jolla dan Nokia menjadi cukup panas.

Setelah Nokia memperkenalkan tablet Nokia N1 berbasis Android kemarin, Jolla tidak mau kalah dan memutuskan untuk segera merilis Jolla Tablet melalui crowdfunding.

Jolla Tablet akan menggunakan Sailfish OS yang merupakan platform open source berbasis Linux.

Selain desain yang tampak kokoh dan elegan, kelebihan Jolla Tablet ada di kemampuannya dalam menjalankan aplikasi Android meskipun tanpa terhubung ke Google Play Store. Bahkan kamu bisa mengganti Sailfish OS dengan Android jika memang menginginkannya. Harganya Jolla Tablet juga sangat terjangkau karena Jolla Tablet hanya dibandrol harga mulai dari 2.3 juta rupiah saja.

Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS

Jolla Tablet bakal menggunakan processor Intel Quad-Core 1.8 GHz 64-bit, RAM 2GB, storage 32GB + SD slot, kamera belakang 5MP dan kamera depan 2 MP, serta layar berukuran 7.85 inch IPS dengan resolusi 2048 x 1536 330ppi sekelas iPad 3.

Saat ini Jolla Tablet sudah memenuhi target crowdfunding dengan mendapatkan hampir 900 ribu dolar atau sekitar 10 milyar rupiah lebih untuk menjalankan projectnya tersebut. Funding ini dipastikan bakal terus naik mengingat deadline crowdfunding mereka di Indiegogo masih tersisa 20 hari lagi. Kita sangat yakin bahwa Jolla bakal mendapatkan jauh diatas 1 juta dolar untuk project Jola Tablet ini.

Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS

Sayangnya Jolla Tablet dipastikan tidak akan hadir di Indonesia dan hanya tersedia di Eropa, Norwegia, Swiss, US, India, Cina, Hong Kong, dan Rusia.

Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS Tak Ingin Kalah dengan Nokia, Ex-Nokia Jolla Segera Merilis Tablet Sailfish OS

Dengan resource yang jauh lebih sedikit terbatas, mampukah nantinya Jolla bersaing dengan Nokia?

via indiegogo

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • persaingan mantan bener2 greget :v
    tapi klo masalah desain masih bagusan N1

    • Febian

      mantan terindah sob..wkwkw :v

      • Rasshid

        Raisa bener dah :v

    • Nur rahmad

      klo ane dua duanya design sangat bagus, bisa bisa persaingan ketat antar saudara