10 Tipe System Tools dan Software Optimasi yang Tidak Dibutuhkan Windows

10 Tipe System Tools dan Software Optimasi yang Tidak Dibutuhkan Windows

5

Biasanya banya diantara kamu yang menggunakan software seperti system tools dan optimasi software untuk membuat komputer kamu berjalan dengan cepat. Tahukah kamu kalau sebagian besar software seperti itu hanyalah software sampah dengan berbagai iklan di dalamnya? Sebenarnya kamu tidak terlalu membutuhkan software seperti ini.

Menggunakan software seperti sistem tools hanya membuat komputer kamu semakin lemot, membuang-buang waktumu, dan membuat hidup kamu semakin rumit. Berikut ini software atau tools yang biasanya kamu gunakan dan sebenarnya tidak berguna, hanya beberapa saja yang berguna.

 

1# – Registry Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Kamu sebenarnya tidak perlu membersihkan registry. Beberapa kasus bahwa registry cleaner memang bisa memperbaiki masalah, tetapi hanya beberapa saja. Perusahaan Registry Cleaner menjanjikan bahwa software mereka mampu memperbaiki masalah dan mempercepat komputer kamu, tetapi itu tidak akan terjadi. Mitos kalau kamu mempercayai bahwa membersihkan registry dapat mempercepat komputer. Registry adalah sebuah database yang besar, dan membersihkan beberapa ribu entri tidak akan mempercepat komputer kamu. Jika kamu ingin menggunakan registry cleanner, gunakan saja CCleaner dan jangan pernah beli software sejenisnya.

 

2# – PC Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

PC Cleaner adalah software tidak menguntungkan lainnya, seperti registry cleaner. Kebanyakan dari software PC Cleaner adalah scam, mereka hanya banyak menambahkan iklan di komputer kamu. Ini sangat menjengkelkan, apalagi jika software PC Cleaner tersebut sulit di-uninstall, ditambah lagi software tersebut masih meninggalkan iklan. Jika kamu ingin menggunakan PC Cleaner, lebih baik kamu menggunakan CCleaner yang gratis dan berguna.

 

3# – Memory Optimizer

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows sebenarnya tidak membutuhkan software memory optimizer atau booster. Mungkin jika kamu menggunakan Windows 95 dengan teknologi hardware yang masih minim, software memory optimizer atau memory booster akan kamu butuhkan. Tetapi sekarang itu tidak diperlukan, teknologi memory sekarang lebih besar dan hanya membuat komputer kamu lemot, komputer kamu akan menghapus file cache yang berguna. Jika kamu ingin RAM memory longgar, kamu hanya perlu mengeluarkan software atau window tidak perlu software memory optimizer.

 

4# – Driver Cleaner

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Beberapa saat yang lalu, driver cleaner adalah software yang berguna tetapi tidak lagi. Kamu tidak perlu membersihkan driver, jadi lupakan untuk menggunakan atau bahkan membeli software driver cleaner. Jangan coba-coba kamu melakukan update driver, selain hal yang dilakukan Windows update. Karena jika terjadi kesalahan update driver maka akan membuat komputer kamu BSOD. Satu pengecualian untuk driver graphic, jika kamu seorang gamer maka kamu akan bisa mendapatkan peforma terbaik.

 

5# – Game Booster

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Sistem komputer kamu tidak membutuhkan optimasi untuk bermain game dengan software game booster. Sebenarnya game booster bekerja dengan meng-handle semua proses background yang dilakukan komputer kamu. Daripada kamu menginstall atau membeli software game booster, lebih baik kamu mematikan proses background yang tidak kamu perlukan ketika ingin bermain game.

 

6# – Defragment Tool

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows memiliki fitur built-in defragment tool yang sudah lebih dari cukup dan software ini bisa melakukan tugasnya secara otomatis secara background pada hardisk kamu. Jadi kamu tidak perlu lagi menginstall software seperti defragment tool, uninstall saja jika kamu sudah terlanjur.

 

7# – SSD Optimizer

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Setelah SSD muncul para pembuat software defragment tool telah beralih ke SSD optimizer. Katanya berguna untuk memaksimal penggunaan SSD dengan software tersebut, tetapi tidak ada bukti otentik yang membuktikannya. Sistem operasi dan firmware yang berjalan dengan SSD akan melakukan tugasnya sendiri untuk optimasi. Sedangkan software SSD optimizer sebenarnya tidak dapat melakukannya, karena ia mungkin tidak bisa memasuki akses low level.

 

8# – Software Uninstaller

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Windows memiliki fitur software uninstaller yang sudah bekerja dengan baik, jadi kenapa orang-orang masih banyak yang menggunakan software uninstaller? Software uninstaller dapat membantu menghapus beberapa file tambahan dari software yang kamu install, tapi semua fitur yang disediakan kebanyakan tidak berguna. Jika kamu tidak melakukan uninstall software setiap hari, sebaiknya kamu menggunakan uninstall program dari Windows.

 

9# – Update Checker

Windows tidak memiliki fitur untuk auto update pada software yang kamu install, tidak seperti ubuntu yang memiliki software centre. Jadi beberapa orang memilih menggunakan softwere update checker untuk mengetahui apakah ada software yang bisa diupdate. Tetapi sekarang software seperti ini sudah tidak dibutuhkan lagi, kebanyakan software modern memiliki fitur auto update seperti Adobe Flash Player atau Browser.

 

10# – Full Security Suite

Tipe System Tools dan Optimasi Software yang Tidak Dibutuhkan Windows

Software Antivirus sangat membantu bahkan jika kamu sudah sangat berhati-hati, tetapi banyak dari orang-orang masih menggunakan Full Security Suite untuk mengamankan komputer mereka. Software Full Security Suite hanyalah software dengan banyak fitur seperti phising filter, firewall, membersihkan file temp dan cookie browser. Semua fitur itu sebenarnya ada di Antivirus dan kamu tidak membutuhkannya, jika kamu ingin membersihkan komputer kamu dari file tidak berguna, gunakan CCleaner saja. Kebanyakan fitur tambahan dari Full Security Suite tidaklah berguna, ditambah lagi software seperti ini berbayar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Jufrika

    yang pastinya saya ttp prcaya sma yg no 1 registry cleaner dari tune up itu doang :D

  • aiemnoth46

    Saya merasa anda perlu meralat postingan anda.

    Mengenai Defrag HDD, tidak benar jika tool defrag bawaan windows sudah cukup. Saya membutuhkan waktu lebih lama bahkan sampai berjam-jam (5 jam lebih) untuk men-defrag hdd yang kondisi data-nya cukup semrawut.
    Tapi dengan software 3rd party, saya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
    Saya perlu tahu, kenapa anda tidak menyertakan gambar/video proses defrag anda itu yang menurut anda “sudah cukup” dan tdak perlu software 3rd party.

    Lalu mengenai software uninstaller, saya tidak setuju bahwa “Add and Remove Programs” bawaan windows sudah cukup, dan tidak perlu menggunakan software pihak ketiga. menurut saya itu kurang tepat. Apa anda tahu, dari mana ide pembuatan software registry Cleaner itu? Itu berasal dari Add and Remove Programs bawaan windows yang tidak 100% bisa membersihkan Registry software yang tersimpan dari program yang akan di uninstal. Lalu Revo? Wah, saya menggunakan software itu, loh? Hasilnya 180 derajat dari apa yang anda katakan. Dengan software itu (versi Pro), space di HDD yang terletak program yang di-uninstall menjadi lebih longgar karena Revo membersihkan 80% lebih baik dari Tool uninstal Bawaan Windows. Dan saya tidak perlu menginstal Registry Cleaner karena Revo sudah mampu “menghandle” kinerjanya.

    Soal GAME Boster (dan software-software booster sejenisnya), kebanyakan memang mengambil cara “One-Click” dari Tool-tool bawaan Windows dimana orang yang masih awam tidak mengetahui bagaimana caranya. Perlu Contoh? Semua Software Tune-Up dan semua Software Tweaking, pasti mengambil banyak “One-Click” dari Tool-Tool atau Setting Standart di Windows. Kan tidak mungkin juga, toh, kita tuliskan satu-satu mulai dari edit-edit Registry Editor, Security Police, MS Config, de el el. Bisa-bisa, malah rusak Windows OS-nya.

    Kesimpuannya, yang awam, pasti memilih untuk memakai software 3rd party
    (software pihak ketiga, baik pakai cara hacking atau beli).

    Soal update, saya sarankan, jika software OS anda ASLI, silahkan anda “Turn-On” Windows Update anda. Tapi kalo OS anda bajakan, “JANGAN SEKALI-KALI MENGAKTIFKAN Windows Update anda” kecuali anda paham soal teknologi Hacking dan tidak merasa khawatir Windows anda rusak atau terblokir oleh Windows Corp. Secara pribadi, Praktik saya di lapangan, hampir semua software (kecuali Antivirus) fitur UPDATE-nya saya Turn-Off (dimatikan). Bagi anda yang menggunakan Personal Computer atau Personal Portable Computer (Komputer/PC/NetBook/NoteBook/Laptop secara rumahan atau pribadi) sebaiknya tidak perlu melakukan update. Kurang Update? Tidak juga. Setting Turn-Off akan membuat OS anda bekerja lebih optimal. Kok Bisa? Karena OS akan bekerja lebih ringan karena tidak terbebani Automatice-Update.

    Sebenarnya saya bisa memberikan gambaran yang lebih mendetail mengenai hal ini.
    Hanya saja, ilmu pengetahuan tidak seharusnya menjadi alat “perang” [Come On, Guys! I HATE WAR(S)].

    Pengguna software itu ada tingkatannya. Tidak bisa kita mengajak mereka berfikir di level 3 jika mereka masih di level 1. Mereka yang memiliki Komputer atau Laptop yang awam dengan sekelumit software, mungkin postingan anda bisa dijadikan acuan JIKA anda mau memperbaikinya sehingga menjadi lebih baik dan bermanfaat.
    Terima kasih.

    • Neryza Hensei

      ane setuju gan :)
      software pihak ketiga tetap dibutuhkan karena software bawaan tidak optimal kerjanya….
      menggunakan software 3rd party juga dapat menambah wawasan kita soal registry,dlsb meski itu secara tidak langsung

  • Ilhamsyah Nasution

    Advanced SystemCare Pro adalah software yang telah banyak menabur budi di PC saya, biar anda tw

  • Ann

    wkwkwk! razer game booster (sekarang Razer Cortex) uda berjasa di 2 PC ane..
    dengan tweaknya yg mudah di optimalisasikan (gampang dimengerti oleh org awam (-3-)a )
    tanpa doi, performa gaming di pc ane amburadul (stutter, fps drop, dll -_-)
    emg sih kinerja pc ane dipaksain trus (ampe puanass!~), tp hasilnya memuaskan.. gaming pun jadi nyaman~

    so.. mw pake 3rd party software ato bawaan (up2you~), tergantung kebutuhan masing2 aja~