Tips Bekerja Lebih Produktif dengan Windows Phone

Tips Bekerja Lebih Produktif dengan Windows Phone

0

Bekerja Produktif

Microsoft tidak main-main ketika menginginkan agar perangkat Windows Phone mendukung produktivitas, namun tetap personal dan praktis. Metro UI dengan Live Tile-nya yang interaktif dianggap sebagai salah satu inovasi terbaik Microsoft dalam Windows Phone ini. Mungkin kamu tidak sadar, tapi bila kamu memperhatikan HTC Sense dan Magazine UX pada Samsung Tablet, maka bentuknya semakin mendekati Metro UI. Ini salah satu buktinya. Inilah juga yang menjadikan popularitas Windows Phone meningkat dengan perlahan, tapi pasti.

Dengan memanfaatkan ‘paket’ yang kamu miliki di Windows Phone kamu, baik saat ini kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa, atau pekerja kantoran, maka kamu bisa bertindak lebih produktif di hari-hari kamu. Dengan demikian, bukan saja kamu memiliki sebuah perangkat terkeren untuk berkomunikasi, tapi kamu juga dapat menggunakan perangkat ini untuk mendukung perkembangan diri kamu, apa pun yang sedang ditekuni saat ini. Berikut ini Winpoin mengulas beberapa tips untuk menjadikan kamu lebih produktif dengan Windows Phone.

 

Manfaatkan Live Tile dengan Optimal

Bekerja Produktif

Live Tile bukan hanya untuk menempelkan shortcut berbagai aplikasi yang penting untuk kamu gunakan, namun Live Tile juga dapat menempelkan hampir segala sesuatu yang kamu operasikan di Windows Phone. Entah itu berupa foto, catatan, file dokumen, situs web yang sering kamu akses, to do list, reminder, apa saja! Jadi jangan ragu untuk mengoptimalkan fungsi Live Tile yang ini. Kalau mungkin kamu merasa bahwa terlalu banyak menempelkan segala sesuatu menjadikan perangkat WP kamu kelihatan amburadul, manfaatkan sisi yang tidak terlihat ketika kamu membuka WP (dengan menggulir antarmuka ke bawah). Di sini kamu bisa mengoptimalkan WP menjadi ‘pendukung’ utama pekerjaan kamu.

Bila kamu biasa bekerja dengan banyak catatan penting, mungkin kamu bisa memanfaatkan OneNote dan Evernote yang memang didesain untuk mendukung kinerja kamu. Bila kamu terlibat dalam sebuah proyek bersama beberapa orang, misalnya penulisan sebuah makalah penelitian bersama atau koding bersama, tempelkan saja kontak orang-orang tersebut dekat dengan catatan kamu, sehingga kamu dengan mudah dapat menghubungi mereka bila diperlukan.

 

Kuasai Seni Mengetik di Keyboard WP

Bekerja Produktif

WP Keyboard dirancang untuk menyimpan kata-kata yang sering kamu gunakan ketika mengetik menggunakannya. Jadi semakin sering digunakan, kamu akan semakin mudah mendapatkan ‘saran’ untuk kata yang akan kamu tulis berikutnya. Kamu juga harus mengoptimalkan penguasaan karakteristik WP Keyboard ini. Misalnya, bila kamu menekan sebuah karakter agak lama, maka kamu akan mendapatkan opsi beberapa karakter lain yang bisa kamu ambil dengan meluncurkan jarimu di atas pilihan tersebut.

Ada juga satu trik sederhana  dalam WP Keyboard, yaitu ketika kamu memerlukan untuk menulis huruf kapital, kamu bisa menekan tombol shift dengan satu jempol, sementara jempolmu yang lain mengetikkan kata yang ingin ditulis.

Memang WP Keyboard masih memerlukan pengembangan untuk bisa menyamai kemampuan SwiftKey, antara lain WP Keyboard ini belum bisa menyimpan deret nomor panjang sebagai saran teks yang tentu akan sangat berguna bila kita ingin mengetikkan nomor telepon atau rekening seseorang.

 

Sedang Sibuk? Biarkan WP Membalas Panggilan Teleponmu

Bekerja Produktif

Siapa tahu kamu sedang di jalan, dalam rapat yang sangat penting, atau sedang konsentrasi mengerjakan sesuatu, kamu dapat mengaktifkan fitur “Reply with Text” yang fungsinya untuk membalas setiap panggilan yang masuk dengan SMS. Untuk melakukannya, kamu perlu membuat draft SMS yang akan terkirim bila ada panggilan masuk ke perangkat kamu dengan cara mengetuk Phone, kemudian mengetuk (…), pilih Setting. Kamu akan mendapatkan opsi untuk mengaktifkan balasan pesan bila ada panggilan masuk. Bila kamu mengaktifkannya, maka kamu akan mendapatkan opsi untuk membuat draft SMS. Jangan lupa, buatlah dengan bahasa yang sopan agar orang yang menelepon kamu tidak tersinggung oleh balasan tersebut.

Fitur ini aktif hanya selama kamu mengaktifkannya. Dalam situasi biasa, jangan lupa untuk menonaktifkan fitur ini supaya panggilan masuk ke kamu tidak terblokir.

 

Nah, demikian beberapa tips dari WinPoin untuk meningkatkan produktivitas memanfaatkan perangkat WP. Bila kamu ada saran lain untuk meningkatkan produktivitas, harap berbagi di kolom komentar berikut ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta