Tips Beli Aplikasi (dengan Potong Pulsa) di Windows Mobile 10 ketika Telkomsel...

Tips Beli Aplikasi (dengan Potong Pulsa) di Windows Mobile 10 ketika Telkomsel Ngambek!

0

wp_20161028_21_35_21_pro

Ketika awal pengembangan Windows Phone 8 sekitar tahun 2013, salah satu alasan saya memilih Windows Phone adalah kemudahan membeli aplikasi dengan cara potong pulsa. Pada saat itu, Android dan iOS tidak memberikan kemudahan ini (Tapi saya mengakui bahwa Android memberikan solusi yang lebih mudah lagi: Install aplikasi bajakan). Saya suka solusi ini karena saya merasa berterimakasih kepada developer yang sudah memberikan kemudahan dan kesenangan pada saya melalui aplikasi karyanya, dan ingin memberikan kontribusi balasan.

Namun akhir-akhir ini, setelah era Windows Mobile 10, saya mendepati salah satu raksasa operator Indonesia, Telkomsel, sering bermasalah ketika digunakan untuk membeli aplikasi. Sering muncul pesan: Check if cellular data is turned on, and try again. Saya sebut ‘sering’, karena faktanya ada beberapa teman yang mengaku masih bisa membeli aplikasi dengan cara potong pulsa dari Telkomsel. Ada juga beberapa teman yang berhasil menembus pesan tak relevan tadi setelah mencoba berkali-kali. Saya sendiri kurang paham penyebab situasi ini. Sebagai pelanggan lama Telkomsel dan bahkan memiliki beberapa kartu Telkomsel (utamanya Halo) untuk keluarga saya, maka saya menanyakan hal tersebut kepada Telkomsel. Uniknya tanggapan yang diberikan adalah: Mereka masih mendukung fasilitas potong pulsa untuk pembelian aplikasi. Karena itu saya perkirakan ini adalah bug di sistem Telkomsel, yang tidak mereka sadari dan mungkin agak malas memeriksa atau memperbaikinya.

Dalam situasi ini, saya kesulitan membeli aplikasi baru. Situasi yang tidak menyenangkan, apalagi setelah Proshot merilis aplikasi terbarunya yang menjanjikan banyak fitur baru dan menarik. Akhirnya saya mengalah dan mengatasi situasi ini dengan memanfaatkan kartu dari operator lain. Namun tidak segampang itu ternyata beralih proses pembayaran. Oleh karena itu, saya menyusun tips dari pengalaman saya tersebut untuk teman-teman Winpoin semua.

Pertama-tama, tentu saja kamu harus membeli sebuah kartu baru. Dari diskusi saya dengan teman-teman, operator besar di Indonesia yaitu Indosat Ooredoo, Tri, dan XL memberikan fasilitas potong pulsa untuk membeli aplikasi. Namun karena saya mengetahui Adrianto Jossy baru saja membeli Proshot menggunakan XL, untuk amannya saya langsung memilih operator ini. Oya, sekedar tips untuk memilih, belilah kartu yang memiliki ‘saldo’ berupa uang dalam jumlah besar. Abaikan saja jumlah paket data yang ditawarkan kalau kamu sudah memiliki paket data sendiri di kartu lain. Jika jumlah ‘saldo’ dalam kartu tidak mencukupi untuk membeli aplikasi, jangan lupa isi ulang kartu terlebih dahulu.

 

wp_20161028_16_46_03_pro

Berikutnya, kamu perlu menambahkan informasi kartu milikmu di Akun Microsoft milik kamu. Buka Settings > Accounts > Your info. Kamu akan dibawa ke halaman akun kamu. Di sini, tap Billing & payments, pilih Billing Info. Kamu akan dibawa ke halaman berjudul “Manage your Billing Profile”. Di sini kamu perlu mengubah nomor telepon yang kamu gunakan untuk melakukan pembayaran. Posisinya di baris paling bawah. Oya, setelah kamu mengubah info ini, kamu perlu menunggu setidaknya 24 jam hingga Microsoft menerima nomor kamu sebagai cara pembayaran. Uniknya, pengalaman ini tidak konsisten terjadi di semua orang. Ketika saya diskusikan, beberapa teman bisa langsung melakukan pembelian setelah mereka mendaftarkan nomornya.

Oya, kamu juga bisa mengubah data kamu seperti di atas dengan membuka langsung Outlook.com di browser, kemudian klik View Account dari Foto profil kamu di sudut kanan atas.

billing-info

Nah, setelah mendaftarkan nomor tersebut, kamu dapat membeli aplikasi yang kamu inginkan seperti biasa. Jika kamu menggunakan perangkat berkartu ganda, kamu tinggal memilih opsi pembayaran XL untuk membeli aplikasi yang diinginkan. Oya, jangan lupa: Region kamu harus di Region Indonesia untuk membeli aplikasi tersebut! Jika kamu belum mengganti region, maka kamu bisa menggantinya di Settings > Time & Language. Pilih Region, dan kemudian pilih Indonesia sebagai region kamu. Perangkat kamu perlu restart agar perubahan ini berlaku.

wp_20161029_11_25_23_pro

Setelah prosedur tersebut, saya dapat lancar membeli aplikasi yang saya inginkan seperti dulu.

Punya pengalaman membeli aplikasi dengan cara potong pulsa di operator lain? Masalah apa yang biasa kamu hadapi? Sumbangkan solusi kamu di kolom komentar!

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta