Tips dan Trik Sebelum Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

Tips dan Trik Sebelum Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

1

Sudah satu tahun sejak dirilisnya Windows 8 dan baru beberapa bulan Windows 8.1 muncul. Sudah banyak yang terjadi dengan Windows 8.1, baik software dan hardware untuk sistem operasi yang satu ini banyak yang berubah. Banyak device baru Windows 8.1 yang diluncurkan dengan menggunakan chip Intel Haswell dan Bay Trail setiap harinya. Selain itu juga ada yang berbentuknya all-in-one PC, tablet dan hybrid yang semuanya dilengkapi dengan touchscreen. Tetapi manakah yang harus kamu beli?

Jika kamu pergi ke toko dan ingin membeli device Windows 8.1, kamu akan melihat berbagai tipe dan model seperti yang WinPoin sebutkan diatas. Tetapi manakah device Windows 8.1 yang sebaiknya kamu beli? Berikut ini WinPoin akan memberikan tips dan trik untuk membeli device Windows 8.1 Touchscreen.

 

Cari Tahu Dulu Versi Windows 8.1

Kalau kamu ingin membeli device Windows 8.1 sebaiknya kamu ketahui dulu sistem operasi yang ada di dalamnya. Sejak dirilisnya Windows 8, ada dua versi yang dirilis Microsoft yaitu Windows 8 dan Windows 8 RT. Windows 8 bisa kamu jalankan seperti desktop pada umumnya, sedangkan Windows 8 RT diciptakan khusus untuk tablet. Ada banyak perusahaan laptop mencoba merilis Windows RT dengan tampilan hardware seperti laptop, contohnya saja Lenovo Yoga 11. Jadi kamu harus berhati-hati ketika membeli device Windows 8.1.

Tips dan Trik untuk Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

Tetapi sepertinya Microsoft sedang memfokuskan diri dengan Windows RT, ini dikuatkan dengan adanya Microsoft Surface RT, Microsoft Surface RT 2 dan tablet Nokia Lumia 2520. Setelah Nokia dibeli Microsoft, Nokia kini gencar meluncurkan produk Microsoft seperti Windows Phone dan Windows RT. Ketiga device tersebut tampaknya sebentar lagi akan menguasahi pasar pengguna Windows RT.

 

Perbedaan Windows RT 8.1 dengan Windows 8.1

Tips dan Trik untuk Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

Perbedaan Windows RT 8.1 dengan Windows 8.1 sangatlah besar, ketika kamu menggunakan Windows 8.1 kamu bisa menginstall semua aplikasi desktop sedangkan di Windows RT 8.1 kamu tidak dapat melakukannya. Kamu hanya dapat memanfaatkan aplikasi dari Windows Store di Windows RT 8.1. Windows RT 8.1 tidak dilengkapi dengan Windows Media Player sedangkan di Windows 8.1 aplikasi ini ada. Windows RT 8.1 dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2013 sedangkan Windows 8.1 tidak ada.

 

Bay Trail vs Intel Haswell

Kebanyakan Windows RT sebentar lagi akan menggunakan chip Bay Trail yang sebenarnya termasuk chip ARM. Chip ARM banyak digunakan pada smartphone, iPad, device Android, dan Windows RT. Tentu harga device yang dilengkapi dengan chip ARM lebih murah dibandingkan dengan chip seperti Core i3 atau Core i5. Selain itu device yang menggunakan Bay Trail baterainya lebih irit.

Tips dan Trik untuk Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

Tidak seperti chip ARM, Intel Haswell merupakan chip seperti pada komputer umumnya. Kamu akan mendapatkan pilihan processor seperti Core i3, Core i5 atau Core i7 untuk pembelian device Windows 8.1 jika menggunakan chip Intel Haswell. Selain itu chip ini ternyata juga memiliki penggunaan baterai yang lebih irit dibandingkan chip Intel yang sebelumnya. Kamu akan mendapatkan device Windows 8.1 yang powerfull jika ia menggunakan Intel Haswell.

 

Touchscreen atau Non-Touchscreen?

Windows RT 8.1 hanya bisa mendapatkan aplikasi dari Windows Store meskipun ia memiliki versi desktop, jadi kebanyakan Windows RT 8.1 dijual dengan menggunakan Touchscreen. Ini dikarenakan memang aplikasi Windows Store dari Windows 8 dirancang untuk pengguna Touchscreen.

Tips dan Trik untuk Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

Bagaimana dengan Windows 8.1? Karena Windows 8.1 bisa menggunakan aplikasi desktop dan aplikasi di Windows Store, Touchscreen dan Non-Touchscreen sepertinya tidak masalah. Kamu bisa memilih device yang memiliki Touchscreen dan Non-Touchscreen. Tetapi kelebihan device Windows 8.1 yang Touchscreen kamu akan benar-benar merasakan aplikasi metro/modern dari Windows Store, sayangnya akan ada masalah ketika menggunakan desktop, Touchscreen akan membuat kamu bingung karena memang desktop tidak didesain dengan Touchscreen.

Tips dan Trik untuk Membeli Device Windows 8.1 Touchscreen

 

Kesimpulan

Untuk kamu pengguna Windows yang lebih suka menggunakan aplikasi Windows Store, WinPoin sarankan kamu membeli device Windows RT 8.1, contohnya seperti Nokia Lumia 2520 atau Surface RT jika sudah ada di Indonesia. Tetapi jika kamu tidak begitu membutuhkan aplikasi di Windows Store kamu bisa memilih menggunakan device Windows 8.1, contoh yang Touchscreen ada Acer Aspire P3-171 (Windows 8 Pro), Asus Vivobook Touch S300CA (Windows 8 Pro) atau Dell XPS 12 Ultrabook (Windows 8) dan yang Non-Touchscreen Toshiba Satellite C40D-A107 (Windows 8 SL 64bit) atau Asus X45A – VX058D (Windows 8).

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Attrya Tripangga

    Dell venue 8 pro menggunakan bay trail OS “win 8.1 pro.”