Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto-Foto Unik dengan Nokia Camera

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto-Foto Unik dengan Nokia Camera

0

Nokia Camera Trick

WinPoin sering membahas bahwa kamu dapat melakukan berbagai trik unik menggunakan kamera di Nokia Lumia kamu, terlebih lagi bila software yang kamu gunakan adalah Nokia Camera Pro. Kali ini, WinPoin akan membahas fitur Smart Sequence. Fitur ini memungkinkan kamu mengambil foto berurutan dalam rentang waktu sekitar 5 hingga 10 detik, sehingga kamu dapat menangkap momen sebuah gerakan objek, mencari momen terbaik, atau justru mengabadikan gerakan tersebut secara unik.

 

Nokia Camera Trick

Pengambilan gambar paling mudah dengan fitur smart sequence adalah dengan langsung mengetuk ikon smart sequence pada layar. Tapi bila kamu berpengalaman, lebih baik menekan tombol shutter separuh terlebih dahulu, kemudian menekan secara penuh untuk mendapatkan fokus yang bagus.

Gambar yang terekam, dimulai ketika keluar animasi melingkar berwarna merah yang berakhir ketika lingkaran merah tersebut menutup menjadi satu lingkaran utuh.

Ada dua pilihan dalam melakukan pengambilan gambar. Yang pertama adalah memegang kamera dalam posisi diam dan membiarkan objek melintasi frame kamera kamu. Cara kedua adalah menggerakkan tangan sedikit untuk mengikuti gerakan objek. Cara kedua ini digunakan untuk mendapatkan motion shot dengan efek di mana pemandangan di belakang objek terlihat kabur seolah objek melintas dengan cepat.

Setelah itu tunggu sejenak hingga gambar tersimpan di Photo (Proses “Saving”). Setelah proses tersebut selesai, kamu bisa membuka aplikasi “Photo”, mengetuk foto yang barusan kamu ambil, kemudian mengetuk opsi “Open in Nokia Camera” untuk melakukan editing lebih lanjut. Berikut ini beberapa trik yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan foto unik.

 

1. Motion Shot

Nokia Camera Trick

Motion Shot adalah pengambilan foto unik di mana kamu mengambil gambar berfokus pada objek, sedangkan pemandangan di sekeliling objek blur seakan objek melintas dengan cepat. Untuk mengambil Motion Shot yang bagus, kamu perlu sedikit menggerakkan kamera mengikuti lintasan objek. Tapi perlu diperhatikan bahwa jangan sampai kamu mengikuti objek dalam gerakan yang besar. Cukup sedikit gerakan saja yang searah dengan gerakan objek.

Selain itu, jarak ideal untuk pengambilan gambar bagi Motion Shot adalah, objek berada lebih 4 meter dari tempatmu mengambil foto. Bila terlalu dekat, akan sulit untuk menghasilkan motion shot yang bagus. Selain itu, kamu akan terpaksa melakukan gerakan lebar mengikuti objek yang menjadikan hasil motion shot kurang optimal.

 

2. Action Shot

Nokia Camera Trick

Action Shot adalah hasil foto unik di mana objek terlihat bergerak dalam urutan tertentu yang membentuk satu rangkaian tindakan. Sebenarnya lebih ideal mengambil Action Shot apabila objek dibiarkan melintasi frame, sedangkan kamera dijaga agar tetap diam dan fokus. Lebih optimal lagi apabila menggunakan tripod.

Kekurangan bila kamera bergerak sedang kita ingin mengambil Action Shot, maka pemandangan di belakang objek akan terlihat sedikit bergetar karena sebetulnya merupakan hasil dari beberapa gambar yang ditumpuk menjadi satu. Contoh di atas menunjukkan hasil yang kurang sempurna karena diambil dengan kamera sedikit bergerak mengikuti objek (tadinya berniat mengambil motion shot. Huhuhu…)

 

3. Best Shot

Best Shot

Pada fitur Editing, terdapat opsi Best Shot, di mana kamu dapat memilih dari beberapa gambar, momen yang menurutmu terbaik untuk disimpan. Dengan kecahayaan yang cukup, setting auto di fitur Smart Sequence memungkinkan kamu mengambil gambar dengan kesan ‘freeze’ atau beku, di mana semua hal yang bergerak dalam frame terlihat diam, dan mungkin kamu akan mengabadikan sebuah momen yang memang kamu idamkan.

 

Sebenarnya masih ada dua fitur unik lagi pada Nokia Camera Pro yang dapat menghasilkan foto unik, yaitu Change Faces dan Remove Moving Objects. Kedua fitur ini akan dibahas oleh WinPoin di kesempatan yang lain. Apabila kamu memiliki tips dan trik lain terkait membuat foto unik dengan Nokia Camera, silakan menambahkan melalui kolom komentar berikut ini.

 

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta