Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

0

Sering foto-foto pake smartphone? Pastinya dong. Hari gini nggak suka foto-foto? Zaman sekarang fitur kamera smartphone semakin canggih saja. Tidak heran jika penggunaan kamera smartphone yang populer membuat aktivitas industri kamera saku mengalami penurunan. Meskipun begitu, apakah kamera smartphonemu punya fitur kisi bingkai alias framing grids?

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Kamera Lumia memiliki fitur yang satu ini. Kisi bingkai mungkin sekilas tidak akan membuat hasil kamera menjadi lebih baik. Memang sih, kisi bingkai tidak bisa meningkatkan kualitas foto, apalagi membuat gambar biasa menjadi beresolusi 41 Megapixel. Namun bila kita cermat, kisi bingkai bisa membantu kita untuk mendapatkan komposisi yang lebih baik.

Untuk mengaktifkan kisi bingkai, masuk ke pengaturan kamera. Pilih kisi bingkai yang dikehendaki. Ada beberapa pilihan yang tersedia. Ada aturan ketiga (rule of thirds), rasio emas (golden ratio), tanda bidik (crosshairs), dan persegi (square). Namun yang paling populer adalah pengaturan aturan ketiga (rule of thirds).

Baca juga:  Ikuti Cara Ini untuk Mendapatkan 100GB Bonus Storage dari OneDrive

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Aturan Ketiga (Rule of Thirds)

Ide dasar dari pengaturan ini adalah membagi gambar menjadi tiga bagian sama besar masing-masing horizontal dan vertikal. Akan tercipta garis-garis yang akan membantu kita meletakan posisi objek. Meletakan objek pada garis atau perpotongan tiap garis (katanya) bisa membuat gambar menjadi lebih baik komposisinya.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai Rasio Emas (Golden Ratio)

Hampir sama dengan Aturan Ketiga, namun dengan komposisi yang sedikit berbeda. Jika Aturan Ketiga membagi ketiga bagian sama besar (1+1+1), Rasio Emas membaginya cara 1 + 0.618 + 1. Sama seperti Aturan Ketiga, meletakan objek di garis atau perpotongan garis bisa membuat gambar menjadi lebih baik komposisinya.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Tanda Bidik (Crosshairs)

Terdiri dari dua garis dan berpotongan tepat di tengah. Berguna untuk membidik gambar yang objeknya ingin diletakkan tepat di tengah dari kamera.

Baca juga:  Cara Mematikan Autoplay Video yang Menyebalkan Saat Browsing

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Persegi (Square)

Bingkai ini sangat cocok bila ingin memfokuskan objek foto dalam ukuran persegi sehingga bisa diedit dan diunggah ke sosial media.

Tips Fotografi Lumia: Mengenal Kisi Bingkai

Manakah Favoritmu?

Pakai yang mana saja, tergantung kegunaan dan selera masing-masing. Saya sendiri sejak punya Lumia 930 selalu menggunakan Aturan Ketiga (Rule of Thirds) dan Rasio Emas (Golden Ratio). Bagaimana dengan kamu?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia