Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Depth of Field

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Depth of Field

0

Mengambil gambar dengan kamera profesional memang jauh lebih powerful jika dibandingkan dengan kamera smartphone. Kamera smartphone memiliki jauh lebih banyak keterbatasan. Salah satunya adalah mengambil gambar dengan teknik depth of field yang sempit.

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Depth of Field

Depth of field yang sempit artinya hanya titik tertentu saja yang fokus, sedangkan lainnya adalah blur. Pembuatan gambar dengan DoF yang sempit sangat mudah dilakukan bila kita menggunakan kamera profesional, atau minimal kamera saku yang cukup bagus. Bila kita hanya mengandalkan kamera smartphone, maka pembuatan gambar dengan teknik DoF yang sempit menjadi lebih sulit.

Untuk mendapatkan Dof yang sempit dengan hanya menggunakan smartphone, butuh beberapa trik. Berikut ini adalah beberapa trik yang mungkin bisa dicoba.

  1. Gunakan kamera smartphone yang memiliki spesifikasi kamera yang terbaik. Kamera Lumia seperti Lumia 1020, 930, 950, dan 1520 merupakan yang terbaik saat ini.
  2. Pastikan jarak objek ke kamera tidak terlalu jauh. Bila jarak terlalu jauh, maka efek DoF tidak bisa sempit.
  3. Gunakan kualitas dan resolusi terbaik. Dengan demikian, kita masih bisa melakukan zooming beberapa kali tanpa mengurangi kualitas gambar.
  4. Pastikan pencahayaannya cukup agar gambar tidak kekurangan cahaya.
  5. Pertimbangkanlah untuk menggunakan pengaturan shutter yang cepat untuk mengambil objek bergerak dan manual fokus agar pengambilan gambar lebih cepat.
Baca juga:  Inilah Pesaing Berat Lumia: Kodak IM5 Smartphone

Salah satu foto yang saya ambil dengan teknik DoF yang sempit adalah seperti berikut ini.

Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Depth of Field

Saya mengambilnya dengan pengaturan manual dari Lumia Camera di Lumia 930 :

  • Fokus : Manual
  • Shutter : 1/100
  • ISO : Auto

Laba-laba yang bergerak mengharuskan saya untuk menggunakan shutter yang cepat agar objek tidak kabur, serta manual fokus agar pengambilan gambar juga lebih cepat. Jika masih kurang sreg, bisa diedit dengan Lumia Creative Studio atau aplikasi lainnya.

Bagaimana? Kamu sudah mencobanya?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia