Tips Membuat File PDF Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3 di Windows 10

Tips Membuat File PDF Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3 di Windows 10

0

membuatfilepdftanpaaplikasike3_0

Tentunya, kamu tahu bahwa .PDF merupakan format yang banyak digunakan dalam mendistribusian dokumen elektronik seperti e-Book. Karena beberapa keunggulan format PDF seperti tidak perlu melakukan pengeditan dokument kembali dan dapat langsung di print.

Di Windows, biasanya kamu memerlukan aplikasi pihak ke-3 untuk membuat file PDF seperti PDF Creator atau CutePDF. Tetapi di Windows 10 sudah terdapat fitur untuk ‘save to PDF‘ dan ‘print to PDF‘ seperti yang ada pada Microsoft Office, jadi kamu dapat membuat file PDF tanpa aplikasi bantuan.

Membuat File PDF

Langkah pertama untuk membuat file PDF kamu memerlukan aplikasi yang bisa print dokumen seperti Notepad, Notepad++ atau WordPad. Sebagai contoh disini WinPoin menggunakan Notepad. Isikan dokumen sesuai dengan keinginan.

Baca juga:  Hot Trick : Download ISO Windows 7, 8.1 dan 10 Secara Langsung Dari Server Microsoft

membuatfilepdftanpaaplikasike3_1

Kemudian masuk ke menu Print dengan cara klik pada Menu ‘File – Print‘ atau bisa menggunakan shortcut CTRL + P.

membuatfilepdftanpaaplikasike3_2

Setelah jendela Print terbuka. Pastikan kamu memilih ‘Microsoft Print to PDF‘, lalu klik Print.

membuatfilepdftanpaaplikasike3_3

Selanjutnya adalah menentukan nama dan dimana lokasi file tersebut akan tersimpan. Isi nama sesuai keinginan dan taruh dimana saja dengan catatan kamu dapat mengakses tempat itu. Setelah selesai pilih Save.

membuatfilepdftanpaaplikasike3_4

Setelah file tersebut di save, maka file PDF akan terbuat. Kamu dapat langsung membukanya dengan menggunakan software PDF Reader atau menggunakan Web Browser seperti Microsoft Edge, Firefox, Chrome, dsb.

membuatfilepdftanpaaplikasike3_5

That’s It 😁

 

Baca juga:  Cara Menggunakan Power User Task Menu di Windows 8 untuk Pemula
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.