Menggunakan Groove Music di Perangkat Windows

Menggunakan Groove Music di Perangkat Windows

0

Groove Music adalah aplikasi musik buatan Microsoft yang disematkan pada Windows 10. Sebelumnya, aplikasi ini bernama Xbox Music. Dulu aplikasi ini bernama Xbox Music. Namun Microsoft mengganti namanya menjadi Groove Music. Apakah kamu pernah menggunakannya?

Tips Menggunakan Groove Music

Berbeda dengan Windows Media Player yang hanya menjadi pemutar musik dan file multimedia, Groove Music lebih tepat disebut sebagai layanan musik (dan memang ini layanan musik dari Microsoft) dibandingkan hanya sekedar aplikasi pemutar musik. Mungkin sudah banyak yang tahu, namun pasti juga banyak yang belum tahu. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kita mengenal aplikasi yang satu ini.

 

Pemutar Musik yang Ringan

Sebagai pemutar musik, Groove sangat ringan dan sederhana. Aplikasi ini menjadi aplikasi pemutar musik default pada Windows 10 dan Windows 10 Mobile. Di Windows 10 juga terdapat Windows Media Player. Groove Music masih kalah bila dibandingkan dengan Windows Media Player, namun masih tetap mampu memutar format populer seperti AAC, WMA, WAV, dan tentu saja MP3.

Baca juga:  Windows 10 Build 14393.693 Sudah Tersedia Bagi Pengguna PC dan Mobile

Tips Menggunakan Groove Music

 

Sebagai Pusat Koleksi Musik

Punya koleksi musik di akunmu? Groove music bisa mengelompokkannya. Semua musik yang kamu dapatkan dari store akan terkumpul menjadi satu. Entah itu musik yang kamu beli saja, yang sudah kamu download, tersimpan di perangkat, bahkan yang masih ada di OneDrive juga terkumpul di sini. Musik juga bisa dikelompokkan berdasarkan artis, album, atau judul lagu.

Ini koleksi musik saya yang sudah dibeli dan didownload.

Tips Menggunakan Groove Music

Ini koleksi musik saya yang sudah dibeli namun belum download.

Tips Menggunakan Groove Music

 

Langganan Groove Music Pass

Beberapa waktu lalu Apple meluncurkan Apple Music, sebuah layanan musik berlangganan yang membuat kamu bisa mengakses puluhan juta musik yang tersimpan di layanan Apple. Microsoft ini punya layanan sejenis itu. Sebelum Groove Music, namanya adalah Xbox Music. Microsoft punya layanan bernama Xbox Music Pass dan sekarang ikut di-rebranding menjadi Groove Music Pass. Layanan ini masih sinkron di Xbox Music di Windows 8.1 dan Windows Phone. Saat sudah update ke Windows 10 dan Windows 10 Mobile, semuanya akan direbranding ke Groove Music. Layanan ini berbayar, namun ada masa uji coba alias trial 30 hari. Lumayan lah.

Baca juga:  Mencegah Siapapun (Termasuk Malware) Mengambil Screenshot di PC Kamu

Tips Menggunakan Groove Music

Mau coba langganan? Sistem langganannya adalah per bulan atau per tahun. Selama masa langganan itu (termasuk trial), kamu bisa mengakses puluhan juta lagu yang dimiliki oleh layanan Groove. Gak cuma streaming, namun bisa juga didownload. Kamu bisa download jutaan lagu sampai kapasitas memori kamu habis. Mantap kan? Namun jangan salah ya, meskipun musik bisa didownload, tapi kalau langganan habis ya musik tidak bisa diputar lagi.

Contoh lagu yang sudah tidak bisa diputar lagi karena masa langganannya habis. Meskipun di Windows Phone 8.1 masih bernama Xbox Music, namun langganan Groove Music Pass sudah bisa dipakai.

Tips Menggunakan Groove Music

 

Adakah Musik yang Gratis?

Kok semuanya berbayar yah, apakah tidak ada yang gratis? Tentu saja ada. Namun jangan senang dulu. Meskipun ada gratisan, namun tidak selalu ada. Hanya di waktu-waktu tertentu saja. Biasanya sih pas Black Friday dan Liburan Akhir Tahun. Akhir tahun lalu ada gratisan lho beberapa album. Lumayan musik original dan berkualitas hehehe…Tips Menggunakan Groove Music

Baca juga:  Cara Membuat Tab Baru di Microsoft Edge Windows 10 Mobile

Tips Menggunakan Groove Music

Unduh dari Windows Phone juga bisa kok, meskipun namanya masih Xbox Music.

Tips Menggunakan Groove Music

 

Beli Musik? Tentu Bisa

Ketinggalan event gratis, atau nggak suka sama musik gratisnya? Atau sudah bosan berlangganan? Tenang, kamu tetap bisa beli musiknya kok. Cukup siapkan kartu kredit / VCC yang masih berlaku dan tebus musiknya dengan $. Bila di Windows Phone, Groove Music ini masih belum mendukung pembelian musik lewat potong pulsa operator.

Tips Menggunakan Groove Music Tips Menggunakan Groove Music

Setelah dibeli, mainkan sepuasnyaaa……..

Tips Menggunakan Groove Music

Tidak seperti Apple Music yang sudah mendukung region Indonesia dan pembayaran menggunakan Rupiah, Groove Music Pass dan pembelian musik belum tersedia untuk region Indonesia. Jadi kalau mau langganan atau beli musik, pakai region U.S saja karena bisa beli pakai $ (USD). Namun sebagai aplikasi pemutar musik, semua region bisa kok.

Bagaimana? Sudah coba? Ada yang dulu dapat musik gratisan dari Microsoft?

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia