4 Tips Menginstall Windows dengan Benar

4 Tips Menginstall Windows dengan Benar

1

Tips Menginstall Windows dengan Benar

Menginstall sebuah sistem operasi dalam PC / Laptop adalah sebuah keharusan dari setiap penggunanya agar perangkat yang digunakan dapat berjalan dengan baik. Tanpa adanya sistem operasi, PC / Laptop yang kita gunakan tidak akan bisa terintergrasi dengan baik, seperti halnya hardware dan software. Windows merupakan sistem operasi terpopuler milik Microsoft yang hampir digunakan diseluruh belahan dunia, namun sangat disayangkan jika pemiliknya tidak tahu kalau OS yang dia gunakan tidak compatible dengan spesifikasi hardwarenya. Pemiliknya tidak mau tahu resiko yang dia terima jika menginstall OS dengan cara asal-asalan.

Kali ini saya akan berbagi tips kepada pengunjung WinPoin cara menginstall Windows dengan benar dan cara ini bisa kalian praktekkan untuk semua versi Windows dari Vista sampai 8.1, namun perlu di ingat bahwa ini adalah tips bukan tutorial step by step cara menginstall Windows karena saat versi Vista diluncurkan pengguna awam bisa melakukan instalasi Windows dengan mudahnya.

 

Tips #1

Ketahui spesifikasi hardware pada setiap komponen yang ada di PC / Laptop, spesifikasi hardware merupakan poin terpenting karena jika satu saja spesifikasi hardware tidak compatible dengan Windows maka akibatnya akan fatal. Contohnya : gambar yang ditampilkan pecah-pecah, Windows akan terasa lebih berat, akan bermunculan notifikasi error. Jika kamu ingin terhindar dari masalah ini sebaiknya ketahui terlebih dahulu spesifikasi minimal dan spesifikasi normal untuk penggunaan salah satu OS Windows.

 

Tips #2

Hati-hati dalam memilih versi bit Windows yang tersedia. Versi bit yang tersedia dalam Windows juga berpengaruh dengan kinerja hardware, karena hanya ada beberapa komponen yang bisa mensupport 64 bit. Jika kamu salah memilih versi bit Windows maka hal yang paling sering terjadi adalah PC / Laptop akan cepat panas dan lebih fatalnya akan bisa keluar BSOD. Untuk mengetahui Windows kamu support 64 bit kamu dapat melihatnya di System dengan cara klik kanan My Computer lalu Properties, jika terdapat tulisan x64 Based Processor maka PC / Laptop kamu mensupport versi 64 bit.

Contoh Informasi Bit

Tips #3

Ketahuilah tipe disk yang sudah terpasang didalam PC / Laptop. Dalam menginstall Windows baik Vista sampai 8.1 biasanya Windows memeriksa tipe disk yang digunakan. Jika Windows mendeteksi bahwa tipe disknya adalah GPT, biasanya Windows tidak akan mau melanjutkan proses instalasi sebelum tipe disknya diconvert ke MBR. Tetapi masalah ini hanya terjadi pada BIOS UEFI dan PC / Laptop yang sudah pre-installed dengan Windows. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya gunakan DVD Installer dan hindari menginstall menggunakan flashdisk.

 

Tips #4

Jangan gunakan task manager untuk mempercepat instalasi Windows atau segalanya yang bisa mempercepat, mempercepat instalasi Windows dengan cara mengubah Priority menjadi Realtime merupakan hal yang wajar namun jika kamu menginstall ulang terlalu sering dan juga menggunakan cara ini itu hanya membuat komponen yang sedang berjalan menjadi lebih panas lagi dari biasanya.

 

Menginstall Windows sebenarnya memang gampang, hanya saja ada beberapa yang sesuatu penting yang selalu dilewatkan baik itu dari segi hardware ataupun cara menginstallnya sendiri. Berikut adalah 4 tips yang menurut saya sangat cocok untuk dishare, apalagi masih banyak orang yang biasanya sering mempeributkan hal ini padahal akar masalahnya cukup simple namun dampaknya sangat besar.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • Khoir Riau

    mohon bantuannya akang
    saya pengguna acer aspire V5-132
    tadinya pakai windows 8 mau di ganti win 7 64 bit
    saya gunakan flashdisk sebagai instraler nya
    awal penginstalan lancar tapi pada waktu pertengahan tiba2 balik ke logo awal dan harus melakukan proses instalasi dari awal lagi. sudah 4 kali saya ulang akan tetapi masih terjadi hal yang sama. yg saya tanyakan apakah ada step yg ketinggalan sehingga proses instalasi harus berulang kali di lakukan atou ada hal lainnya yg perlu saya ketahuii.
    mohon pencerahannya akangg