Tips: Pilih Windows OEM atau Windows Retail?

Tips: Pilih Windows OEM atau Windows Retail?

6

Tips: Pilih Windows OEM atau Windows Retail?

Banyak pengguna Windows yang tidak membedakan antara Windows OEM (Original Equipment Manufacturer) dan Windows Retail, padahal secara distribusi, aktivasi, maupun maintenance, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu apa perbedaan Windows OEM dan Windows Retail dan mana yang sebaiknya kamu pilih? Berikut ini kita akan mengulas beberapa hal yang akan menjawab pertanyaan tersebut

Tips: Pilih Windows OEM atau Windows Retail?

 

Windows OEM

Windows OEM (Original equipment manufacturer) adalah sistem operasi Windows yang biasanya dijadikan satu paket dengan laptop / PC. Mayoritas distribusinya langsung terinstall bersama dengan laptop / PC yang dibeli konsumen (pre-installed), meskipun ada juga yang tersedia dalam bentuk DVD bagi system builder untuk diinstall dan disertakan bersamaan dengan pembelian PC baru tertentu.

Bagi laptop / PC yang sudah pre-installed dengan Windows OEM, biasanya kamu tidak akan diberi DVD Windowsnya. Sebagai gantinya di laptop tersebut bakal ada partition recovery yang berisi image instalasi Windows yang bisa digunakan untuk merestore Windows (factory reset) ke kondisi semula jika ada permasalahan di sistem tersebut.

DVD Windows OEM untuk system builder inilah yang sering disalahgunakan oleh penjual dan langsung dijual kepada konsumen, padahal versi ini harusnya hanya digunakan untuk diinstall dan disertakan bersamaan penjualan PC / laptop saja.

Kelebihan :

Bagi Windows OEM yang sudah pre-installed dengan laptop / PC, kamu tidak perlu bingung-bingung menginstall ulang device dari awal menggunakan DVD / flashdisk. Kamu tinggal melakukan restore saja (factory reset) menggunakan partition recovery atau recovery media yang sudah disediakan. Hasilnya nanti kondisi sistem kamu akan sama persis menjadi seperti ketika baru membeli device tersebut. Kamu tidak perlu menginstall driver, software dan tools pendukung dari brand tersebut, dsb. Semuanya langsung siap tersedia seperti awal ketika kamu membelinya. (Baca juga: 6 Cara Mengembalikan Windows 8 / 8.1 Seperti Semula)

Laptop dengan pre-installed Windows OEM juga bisa diupdate dan digunakan dengan nyaman karena sistem operasi Windows yang digunakan terjamin original. Namun demikian kamu perlu berhati-hati dengan penjual nakal yang seringkali menginstall laptop / PC kosongan dengan Windows bajakan dan mengklaimnya sebagai Windows OEM original.

Selain itu membeli laptop / PC yang sudah bundle dengan Windows OEM biasanya akan lebih murah daripada harus membeli laptop / PC kosongan dan membeli Windows Retailnya secara terpisah.

Kekurangan :

Windows OEM ditujukan untuk penggunaan dalam satu laptop / PC saja. Jika dalam bentuk DVD, Windows OEM akan merekam nomor serial hardware (biasanya motherboard) dari PC tersebut ketika diaktivasi. Setelah itu kamu tidak akan bisa menggunakan Windows tersebut di laptop / PC lainnya.

Baik Windows OEM DVD ataupun pre-installed juga bakal membatasi kamu dalam melakukan upgrade hardware. Ketika kamu ganti motherboard misalnya, maka Windows tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi dan tidak valid karena dia masih terhubung dengan kode serial motherboard yang lama.

Bahkan tidak hanya itu saja, dalam beberapa kasus bahkan Windows OEM menjadi tidak valid lagi ketika sang pemilik laptop / PC mengganti hardisk dan beberapa komponen lainnya.

Jadi bagi kamu pengguna Windows OEM, nantinya kamu akan sedikit terbatasi dalam melakukan upgrade hardware. Hanya upgrade sederhana seperti penambahan RAM yang bisa kamu lakukan, meskipun dengan sedikit trik seperti merubah serial HDD bisa sedikit melepaskan kamu dari batasan ini.

Pengguna Windows OEM juga tidak mendapatkan support dari Microsoft secara langsung, melainkan support akan mereka dapatkan dari vendor tempat kamu membeli PC / laptop tersebut.

 

Windows Retail

Windows Retail adalah OS Windows yang dijual terpisah dari pembelian laptop atau PC. Windows Retail biasanya dijual dalam bentuk DVD, meskipun pada perkembangannya kini kamu juga bisa membelinya secara online dalam bentuk softcopy.

Kelebihan :

Windows Retail lebih fleksibel dan dapat digunakan di berbagai laptop / PC tanpa terikat dengan hardware tertentu. Jadi ketika kamu menginstallnya di PC lama lalu menjual PC tersebut secara kosongan dan membeli PC baru, kamu bisa menginstall Windows Retail PC lama di PC yang baru. (Baca juga: Cara Instal Windows 8.1)

Kamu juga bisa dengan bebas mengupgrade hardware sesuka hati, misalnya ganti motherboard, hardisk, VGA, dsb. Jika ada masalah aktivasi kamu tinggal mengaktifkan ulang secara online dan Windows bisa digunakan kembali seperti sedia kala.

Pengguna Windows Retail juga mendapatkan support dari Microsoft secara langsung.

Kekurangan :

Harga DVD Windows Retail biasanya lebih mahal daripada Windows OEM untuk System Builder, meskipun hal ini sepadan dengan fleksibilitas yang ditawarkan oleh Windows Retail.

Bagi pengguna Laptop, membeli laptop kosongan dan Windows Retail jatuhnya juga bakal lebih mahal dibandingkan langsung membeli laptop yang sudah pre-installed Windows OEM.

Selain itu kamu juga harus mendownload dan menginstall berbagai driver serta software pendukung sendiri ketika menginstall ulang PC / laptop.

 

Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Memutuskan untuk membeli Windows OEM atau Windows Retail tentu saja tergantung dari kebutuhan dan pertimbangan kamu masing-masing. Kita berharap penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Windows OEM vs Windows Retail diatas bisa membantu kamu dalam menentukannya.

Namun sedikit gambaran dari kita, jika kamu memilih untuk membeli laptop, maka akan lebih hemat dan praktis jika membeli yang sudah langsung pre-installed Windows. Tetapi jika kamu sudah memiliki DVD Windows Retail yang dibeli sebelumnya, maka kamu tinggal membeli laptop yang kosongan saja agar lebih hemat.

Untuk pengguna desktop PC, terlebih bagi pengguna berat seperti gamer, desainer, animator, dsb, kita sarankan untuk membeli Windows Retail. Hal ini karena jika suatu saat kamu membutuhkan spesifikasi lebih dan memutuskan untuk melakukan upgrade hardware, maka kamu bisa bebas melakukan upgrade tanpa dibatasi oleh sistem aktivasi yang dimiliki Windows OEM.

 

Itulah sedikit tips dari kita seputar pemilihan Windows OEM vs Windows Retail. Semoga dengan penjelasan dan tips diatas kamu tidak bingung lagi untuk menentukan pilihan yang terbaik sesuai dengan budget dan kebutuhan.

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan seputar Windows OEM vs Windows Retail, silahkan langsung saja ditanyakan di Forum WinPoin. Sampai bertemu di Forum ;)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Seorang Web Designer, Web Developer MyBBID, mempunyai sedikit bakat dalam bidang Multimedia, dan sering berurusan dengan yang namanya PC/Laptop.
  • Yuda Harianto

    Terima kasih mas, infonya bermanfaat :)

    • Ambrizal Suryadinata

      Sama-sama mas.

  • Cara pake file recovery nya gmna? aku oem soalnya

    • Ambrizal Suryadinata

      Kalau misalnya sudah dari pabrikannya Windows 8x.
      Coba kamu baca buku panduannya, disana pasti ada karena setiap vendor laptop memiliki cara yang berbeda-beda untuk merecovery file maupun mereset Windows.

  • Yudhistira Prastyo

    BG recovery sya gak bisa berjalan sperti seharusnya.
    Malahan jadi bluescreen.
    bisa di jelaskan knp?

  • Lukman Abudzaky

    Berarti klo beli DVD Windows OEM yg bnyak orang jual dgn harga lebih murah, itu sama saja ilegal ya?