4 Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

4 Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

1

Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

Jika kamu pengguna Linux atau Mac yang baru berpindah ke Windows, mungkin kamu akan risih ketika menggunakannya. Windows membutuhkan perawatan yang lebih seperti menginstall semacam tool system dan security untuk menjaga Windows agar tetap baik-baik saja. Berikut ini WinPoin akan menjelaskan, sebenarnya kamu hanya membutuhkan 4 tools saja untuk membuat Windows berjalan dengan lancar.

 

Antivirus

Windows rentan sekali terkena virus, ini dikarenakan penggunanya yang banyak dan software yang disediakan juga banyak. Meskipun kamu sudah berhati-hati hingga kamu tidak pernah mendownload apapun dari internet, tetapi kamu masih bisa terkena virus melalui plugin browser.

Tidak ada antivirus yang sempurnah, bahkan softwarepun juga begitu. Jadi kamu juga harus tetap berhati-hati meskipun sudah menggunakan antivirus, seperti tidak mendownload atau menginstall program yang kurang terpercaya. Tetapi antivirus akan dapat memberikan kamu beberapa perlindungan tambahan dan menghentikan kamu ketika kamu berbuat kesalahan.

Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

Ketika kamu memilih program antivirus, kamu tidak membutuhkan program security yang berbayar dengan tools tambahan lainnya. Kamu hanya perlu antivirus yang pas dan gratis. Seperti Microsoft Securiy Essentials atau Windows Defender untuk Windows 8. Kamu juga bisa memilih menggunakan antivirus Avast gratis. Jika kamu sudah memiliki Antivirus yang tepat untuk kamu, kamu juga perlu melakukan update antivirus secara rutin supaya keamanan komputer kamu tetap terjaga.

 

Software Backup

Melakukan backup secara rutin akan membantu kamu mengurangi resiko kehilangan data. Kebanyakan orang meremehkan hal yang satu ini, sehingga mereka kehilangan file penting dari hardisk yang sudah rusak atau tidak bisa di-recovery. Banyak sekali cara untuk melakukan backup data pada komputer kamu. Windows sendiri sudah memiliki fitur built-in untuk membuat backup data ke hardisk external, cloud storage atau disc. Pilihlah data-data atau file-file yang kamu anggap penting untuk di-backup dan lakukan secara terjadwal.

Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan WindowsTool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

 

Temporary File Cleaner

Kamu tidak perlu menghapus secara terus-menerus file temporary atau file sementara, tetapi mereka akan menumpuk secara terus-menerus jika tak kamu hapus. Kebanyakan file temorary akan mengambil ruang dari hardisk kamu, terutama jika kamu menggunakan SSD. Jika kamu jarang sekali menghapus file temporary, mungkin ketika kamu menghapusnya akan membuat komputer kamu berjalan dengan lebih cepat. Microsoft mengatakan kalau menghapus file temporary yang tidak berguna akan dapat mempercepat kamu ketika membuka window.

Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

Untuk menghapus file temporary kamu sebaiknya menggunakan CCleaner, ini adalah tools terbaik dan gratis yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan temporary file. Kamu juga bisa menggunakan Disk Cleanup yang dimiliki Windows untuk membersihkan temporary file. Sebaiknya kamu membersihkan temporary file sebulan sekali, atau tergantung dari penggunaan komputer.

 

Windows Update

Setiap software yang kamu gunakan setiap hari seperti browser, plugin browser, dan Windows penuh dengan celah keamanan. Ketika celah keamanan sudah ditemukan, keamanan diperbarui dengan fitur update yang diberikan oleh perusahaan software tersebut. Untuk menjaga komputer kamu tetap aman, kamu harus sering melakukan update antivirus dan Windows yang kamu miliki.

Pada dasarnya jika kamu terhubung dengan internet secara terus menerus, Windows dan Antivirus akan melakukan update secara otomatis. Tetapi kadang-kadang kamu juga harus mengaturnya terlebih dahulu supaya software tersebut otomatis update. Software terbaru muncul dengan memberikan fitur otomatis update ketika terhubung dengan internet, seperti browser Firefox atau Chrome.

Tool System dan Security yang Hanya Dibutuhkan Windows

 

Tools Lain

Windows juga banyak memiliki fitur built-in yang sangat berguna, seperti tools berikut ini:

  • Disk Defragmenter: Windows secara otomatis melakukan defragment hardisk secara background, jadi kamu tidak perlu menginstall software lain untuk melakukan defragmen. Kalau kamu menggunakan SSD, defragment tidaklah dibutuhkan.
  • Firewall: Windows juga memiliki fitur built-in firewall yang dapat memblokir serangan dari jaringan koneksi luar.
  • Phising Filter: Ketika kamu menggunakan Chrome, Firefox, Internet Explorer atau Opera, itu sudah termasuk dengan fitur phising filter yang mencegah kamu terkena serangan malware dari website tertentu.

 

Nah itulah beberapa tools system dan security yang sangat berguna untuk kamu dan kamu tak perlu menginstall software serupa. Jika kamu memiliki tools favorit yang berguna untuk Windows, kamu bisa membaginya dengan teman-teman WinPoin melalui kolom komentar dibawah ini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • Imam

    Program Gratis untuk Defragmen Auslogics Disk Defrag menurut ua terbaik, Benar tidak yah Defrag yang berjalan Automatis tidak terlalu baik bagi hdd khususnya untuk leptop. ini cuman insting dari pengalaman aja sih.. HDD lebih cepat rusak dari pada pake Aplikasi Defarg Manual.. peracaya atau tidak tapi ua merasakannya..

    Tambahan. untuk yang sering Online, suka download dan uji coba software, kadang-kadang anda harus scen windows dgn anti spyware dan Malware. Untuk Anti Spyware misalnya SuperAntiSpyware dan untuk Anti Malware bisa gunakan Malwarebytes, Keduanya ada versi gratis dan untuk anti virus Avast 8 The Best dan banyak fitur kerennya. Semoga Membantu..