Tor Browser “Palsu” Berisi Adware dan Spyware Nangkring Berbulan-bulan di Apple App...

Tor Browser “Palsu” Berisi Adware dan Spyware Nangkring Berbulan-bulan di Apple App Store

8

Tor Browser “Palsu” Berisi Adware dan Spyware Nangkring Berbulan-bulan di Apple App Store

Tidak ada sistem yang benar-benar aman. Bahkan Apple app store yang kontrol kualitasnya dikenal paling aman diantara app store lainnya ternyata kecolongan juga. Hari ini Apple baru saja menghapus aplikasi Tor Browser palsu yang sudah ada selama berbulan-bulan di iOS App Store. Aplikasi yang berisi banyak adware dan spyware tersebut sebenarnya sudah dilaporkan oleh banyak pihak, tetapi entah kenapa laporan tersebut tidak begitu digubris oleh Apple.

Member Tor Project mengatakan bahwa aplikasi berbahaya tersebut menyertakan iklan ke user tanpa dilengkapi lisensi atau ijin ke group Tor Project. Member Tor Project sudah beberapa kali melaporkan aplikasi tersebut tetapi sayangnya tidak digubris oleh Apple hingga hari ini akhirnya dihapus dari App Store.

Dari tracking yang dilakukan, nama developer aplikasi tersebut juga merupakan developer dari aplikasi lain yang terpercaya. Tetapi belum bisa dipastikan apakah developer tersebut memang orang yang mengembangkan Tor Browser palsu itu ataukah ada orang lain yang menggunakan nama orang lain untuk menjaga identitasnya.

Secara official, Tor Browser adalah browser Firefox yang dimodifikasi agar penggunanya bisa mendapatkan koneksi yang anonymous melalui Tor network. Tujuannya tentu saja untuk melindungi data privasi pengguna dari berbagai aktivitas tracking pihak tertentu.

Masuknya aplikasi palsu ke Apple App Store adalah hal yang sangat jarang terjadi mengingat proses seleksi yang sangat ketat didalamnya. Namun entah kenapa Apple bisa kebobolan di kasus Tor Browser palsu ini. Windows Phone Store dan app store lainnya harus belajar banyak dari kasus ini.

via theregister

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Apple Terlalu Percaya diri kalau App Store Mereka Anti Spyware mungkin ini jadi Pukulan telak buat Apple :v

    • Febian

      untungnya udah di remove sekarang
      ternyata meskipun proses seleksinya ketat, masih ada yang lolos juga..

      • Bener… Makin Canggih System makin Canggih juga Pihak Oposisi (Spyware dsb..)

  • Gak hanya Appstore.IOS aja ada yang jailbreak

  • Anyway Mas Febian TYPO tuh Top kog Tor?
    wkwkwkwk Ketularan si ilham :v