Tutorial Membuat Custom Sound untuk Ringtone, SMS, dan Alarm Windows Phone

Tutorial Membuat Custom Sound untuk Ringtone, SMS, dan Alarm Windows Phone

21

Tutorial Custom Sound

Beberapa saat yang lalu seorang teman menanyakan kepada saya di mana tempat download ringtone yang “lucu” seperti milik saya [Info: Saya punya aneka tone mulai dari “Mikuru Beam”-nya Mikuru, “Onii~chan daisuki”-nya Mitsuki, “Nico Nico Nii”-nya Niko~chan sampai desahan “Nii~Nii” ala Shiro]. Tentu saja bakal susah mencarinya, karena sound tersebut saya buat sendiri dengan ‘memotong’ dari anime bersangkutan. Mungkin banyak yang sudah tahu trik ini. Tapi karena saya ingin mengikuti nasehat Abunawas: “Yang belum tahu harap bertanya kepada yang tahu, dan yang tahu memberi tahu kepada yang belum tahu..” maka akhirnya saya memutuskan untuk membaut tutorial tentang bagaimana caranya membuat custom sound untuk ringtone, SMS, dan Alarm Windows Phone.

 

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Terlebih dahulu kamu perlu menyiapkan berbagai ‘bahan’ yang diperlukan. Bahan fisiknya tentu saja berupa PC, kabel data dan ponsel Lumia (ya iyalah) milik kamu. Sedangkan barang yang bersifat software, kamu perlu mengunduh dan install aplikasi video converter atau sound converter serta aplikasi Windows Phone for PC.

Tutorial Custom Sound

Yang saya rekomendasikan di sini adalah iwisoft free video converter. Selain gratis, aplikasi ini sangat powerful. Jarang mengecewakan saya untuk ketepatan pemotongan dan kualitas suara. Sekedar info, ketepatan pemotongan memainkan peranan penting di sini, karena ada kemungkinan kamu hanya ingin merekam suara dalam rentang 2 atau 3 detik dari film favorit atau anime kesayangan, dan beberapa aplikasi video converter sering meleset dalam ‘memotong’. Kualitas suara juga dapat diatur di iwisoft. Pastikan kamu menggunakan penyetelan maksimal.

Baca juga:  Cara Booting Windows 8 / 8.1 Dari Flashdisk

Kamu bisa mengunduh iwisoft di sini.

Tutorial Custom Sound

Windows Phone for PC adalah syarat berikutnya. Aplikasi ini berfungsi seperti iTunes. Kamu bisa menyelaraskan foto, video, podcast, dan ringtone dengan memanfaatkan aplikasi ini. Untuk menggunakannya,  ponsel harus dihubungkan dengan PC memanfaatkan kabel data.

Aplikasi Windows Phone for PC dapat diunduh di sini.

 

2. Berkreasi Membuat Custom Sound

Tutorial Custom Sound

Nah, tibalah saat yang menentukan, yaitu berkreasi membuat custom sound. Bagaimana memanfaatkan iwisoft dalam hal ini? Untuk memulai, tambahkan media favorit kamu, baik berupa audio atau video dengan menekan tombol “Add”. Jika kamu ingin melakukan pemotongan di bagian tertentu, klik “Edit”. Maka iwisoft akan menampilkan jendela tambahan yang memungkinkan kamu mengedit media tadi dan mendapatkan audio yang diinginkan. Cara melakukan pemotongan adalah menekan tombol [ untuk mulai memotong segmen yang kamu inginkan, dan tombol ] untuk menutup segmen.

Baca juga:  Nokia Refocus Sudah Bisa Didownload Untuk Semua Versi Lumia

Jangan lupa, audio harus kamu ubah ke format .wav atau .mp3, karena dua format inilah yang dapat digunakan untuk SMS, Ringtone, dan Alarm di Windows Phone.

 

3. Memasukkannya ke Windows Phone

Tutorial Custom Sound

Setelah kamu berhasil mendapatkan file potongan audio yang ingin kamu jadikan custom sound untuk SMS, ringtone, dan Alarm, kopas ke bagian My Documents/Music di PC kamu. Ini karena Aplikasi Windows Phone hanya akan membaca audio yang terdapat di situ.

Setelah ponsel terkoneksi dengan PC, yang menjadikan Windows Phone app menampilkan nama ponsel serta informasi ponsel kamu, maka kamu cukup mencentang kolom “Sync Music”, kemudian menekan tombol “ringtones”. Windows Phone app akan menampilkan informasi ringtone yang siap untuk disalin dari folder Music di PC kamu. Kamu tinggal mencentang file yang kamu inginkan dan kemudian menekan tombol “Add” untuk menambahkannya ke ponsel.

 

4. Memanfaatkan Untuk Berbagai Keperluan

Tutorial Custom SoundTutorial Custom Sound

Nah, audio yang sudah kamu tambahkan ke ponsel tadi akan muncul di database ringtone yang dapat kamu lihat dengan mengetuk setting > ringtones+sounds. Sekarang kamu bebas memanfaatkannya baik untuk ringtone aplikasi tertentu di Windows Phone seperti Facebook, Line, WhatsApp, BBM, dan sebagainya atau kamu juga bisa memanfaatkannya untuk alarm. Ya, aplikasi Alarm default di Windows Phone mengambil audio alarm dari database ini juga.

Baca juga:  4 Cara Mempercepat Google Chrome dengan Mudah

 

Bonus: Cara Praktis untuk Kamu yang Malas

Tutorial Custom SoundTutorial Custom Sound

Untuk kamu yang malas tapi ingin mendapatkan custom sound yang unik, jangan khawatir! Kamu bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan aplikasi ringtone downloader. Yang saya sarankan di sini adalah  Zedge Ringtones & Wallpaper. Aplikasi ini berbasis di www.zedge.net dan memiliki koleksi ringtone unik yang melimpah. Selain itu juga rajin update. Jadi jika bosan, kamu bisa mencari sound yang unik melalui aplikasi ini.

Download Zedge di sini.

 

Nah, demikianlah cara membuat custom sound untuk ringtone, SMS, dan alarm Windows Phone. Kamu ada tips tambahan? Ataukah ada preferensi aplikasi lain yang bisa ditambahkan? Silakan berbagi di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Akel

    Thanks bwt infonya.jadi pengen nyoba hehe..
    Ga sia2 pake lumia.Recomended tuh buat yg lain nyari di zedge.Kebetulan udh dari dulu sering nyari ringtone di situ.
    I love Windows phone

  • pengen nyoba,tapi wp gk ada :'(

  • Reowijaya

    Saya cuma pake 2 aplikasi.. Music Import buat nyari lagu atau suara lainnya dan Ringtone Maker dari microsoft buat potong dan ngejadiin ringtonennya.. :3

  • Budiです

    Kalo ane baru buat ringtone tawa khas Koro-sensei : Nyuruhuhuhu~ sama masukin koleksi alarm suaranya mba Badai Veranda :p bikin bangun tidur jadi nyahdu.

    • Salam dari Koro sensei dan harem-haremnya kalo gitu… Nyuruhuhuhu…

  • device nya banyak amat sih mas, lempar sini satu dong :v

    • Woogh! Maling teriak maling. Sendirinya juga punya beberapa…:D

      • kalo gitu saya aja mas…
        itu yang digambar pertama itu Lumia 1020, ya? lempar sini, dong… :v

  • IMIEN COVER BOY

    Q pake app POCKET FILE MANAGER berbayar yg ada di bursa windows phone tpi memuaskan hasilnya,,bisa buat set ringtone atau nmbah ringtone jadi semuanya ringtone bisa pake mp3….

  • Fayyadh Muchlis

    Pernah nyoba dengan motong salah satu reff lagunya Eminem-Rap God buat alarm, alhasil pas alarmnya bunyi langsung bangun (padahal kaget)

  • wisnu wahyudin

    min numpang tanya, aplikasi ane ga bisa kebuka, mentok di loading langsung balik lagi ke halaman awal, kira2 apa kendalayna ya ?
    aplikasinya seperti : here maps n drive, lumia camera, bbm, sisanya belum ane coba lagi..
    terima kasih min dan semua

    • Windows 8.1 atau Windows 10?

      Kalau Windows 8.1, coba soft reset dengan tekan power + Volume up sampai ponsel restart. Biasanya mengobati itu.

      Jangan kuatir. Tidak ada data yang hilang dengan cara ini.

      Kalau Windows 10 – Itu sudah wajar karena OS-nya masih banyak bug.

  • Labib Muhammad

    Postingan ini mengandung animu, yang bikin aku gagal fokus x.x

    • Apakah Kuriyama~san salah satunya?

      *Kalo Reina jangan. Baru aja aku angkat jadi waifu*

      • Labib Muhammad

        Itu cosplay dimana mas Kiki?
        *nothing to do here*

      • ZAY

        nani kore -_-

  • anton625

    Saya pakai app cortones,ini aplikasi ringtone berupa pemberitahuan pakai suara cortana,tp ya belum lengkap cmn ada ringtone buat phone,message,email,notification,Facebook,skype,instagram.
    Jika rekan-rekam dapat aplikasi yg semacam ini tp lebih lengkap mohon bagi infonya.

  • Randy surya

    jiaaah di andro/ios mah bisa kali bikin ga mesti pake pc dari hp langsung
    wp apaan os kotak kotak :p

  • Agil Faisal Rahman

    wah klo ane make ringtone maker 8.1… lebih simple min…

    • Sp Anwar

      Sama bro lbh simple pake ringtone maker :)

  • hadiahnya Lumia 1020 gan… :v