Update Windows 7 Terbaru Bisa Menambahkan Free Space di Hardisk Kamu

Update Windows 7 Terbaru Bisa Menambahkan Free Space di Hardisk Kamu

2

Update Windows 7 Terbaru Bisa Menambahkan Free Space di Hardisk Kamu

Bagi kamu yang baru saja melakukan update Windows 7 dengan KB 2852386, ada sebuah fitur baru yang mungkin belum kamu sadari. Dengan memanfaatkan fitur ini kamu bisa mendapatkan tambahan free space di drive C mulai dari 1GB hingga 3GB!

Fitur ini menambahkan kemampuan untuk menghapus file dan setting yang ada di folder WinSxS. WinSxS (Windows Side by Side) berisi “image” Windows sebelum dilakukan patch atau update. Jadi setiap kamu melakukan patch atau update, Windows akan membuat semacam “image” dan menyimpannya di folder WinSxS ini. Image yang tersimpan memungkinkan kamu untuk mengembalikan Windows ke kondisi semula jika ternyata patch atau update tersebut menimbulkan masalah.

Sebelumnya kita tidak bisa menghapus isi WinSxS ini, sehingga seiring berjalannya waktu ukuran folder ini semakin lama menjadi semakin besar.

Update KB 2852386 di Windows 7 menambahkan fitur dan fungsi tersebut, memungkinkan kamu untuk menghapus isi file WinSxS jika memang tidak kamu gunakan. Fitur ini ditanamkan kedalam fitur Disk Cleanup Windows 7.

Klik kanan saja drive C, kemudian pilih Properties dan klik Disk Cleanup. Kamu akan mendapati beberapa pilihan file sampah yang bisa kamu bersihkan. Jika kamu klik tombol Clean Up System Files, maka kamu akan mendapati opsi untuk menghapus folder WinSxS yaitu Windows Update Cleanup.

Besarnya free space yang didapatkan berbeda-beda tergantung dari berapa besarnya folder WinSxS. Tetapi rata-rata pengguna Windows 7 yang rajin melakukan update bakal mendapatkan free space 1GB hingga 3GB.

Bagi kamu yang mengaktifkan fitur Automatic Update, WinPoin yakin KB 2852386 ini sudah terinstall di Windows 7 kamu. Tetapi bagi yang tidak, kamu bisa mendownload KB 2852386 disini.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • rendi

    kalo untuk windows 8, kb brpa ya min…..

    • Febian

      utk Windows 8 sudah include sbg fitur bawaan, jd g perlu update KB ;)