VoodooShield: Melindungi Komputer dengan Cara Terbalik (+ Lisensi Gratis!)

VoodooShield: Melindungi Komputer dengan Cara Terbalik (+ Lisensi Gratis!)

4

VoodooShield: Melindungi Komputer dengan Cara Terbalik

Berbicara mengenai software security, pastinya kita sudah terbiasa dengan konsep memblokir “hal-hal yang jahat” agar tidak memasuki komputer kita. Konsep inilah yang digunakan oleh hampir semua antivirus di dunia. Tetapi pernahkah kamu menyadari bahwa selain memblokir hal-hal yang jahat, memperbolehkan hal-hal yang baik juga merupakan suatu konsep jempolan untuk melindungi komputer kita?

Setiap hari ada ribuan virus baru yang diciptakan dan antivirus berusaha untuk memblokir semuanya itu. Meskipun cara tersebut jitu, tetapi tentu saja tidak semua virus baru langsung dikenali oleh antivirus. Berdasarkan pemikiran tersebut akhirnya VoodooShield membuat software keamanan dengan konsep terbalik, yaitu memblokir semua file executable (termasuk virus tentu saja) dan memperbolehkan software yang kamu inginkan untuk dijalankan.

Konsep utamanya: lebih mudah memperbolehkan akses sesuatu yang diperlukan daripada melarang akses virus yang jumlahnya sangat banyak dan terus bertambah setiap hari.

Setelah diinstall, VoodooShield akan menampilkan icon shield di desktop. Klik kiri icon tersebut untuk On dan Off proteksi VoodooShield.

VoodooShield: Melindungi Komputer dengan Cara Terbalik

 

Ketika proteksi dalam posisi On, maka setiap ada software yang berjalan untuk pertama kali, entah itu berjalan otomatis atau sengaja kamu jalankan, VoodooShield akan memunculkan sebuah bubble yang jika kamu klik akan mengeluarkan pilihan Allow Access atau Block Access.

VoodooShield: Melindungi Komputer dengan Cara Terbalik

 

VoodooShield akan menyimpan setiap perlakuan tersebut di databasenya sehingga untuk berikutnya software dan file yang diijinkan untuk berjalan akan bebas berjalan seperti biasa, sedangkan file lain yang belum dapat akses akan menampilkan bubble.

Setelah penggunaan beberapa lama maka VoodooShield akan memiliki daftar aplikasi mana yang boleh dijalankan, sedangkan virus dan malware yang tidak dikenali tidak akan bisa aktif sebelum mendapatkan persetujuan akses dari pengguna.

Salah satu fitur favorit WinPoin di VoodooShield adalah VirusTotal Scanner. Kamu tinggal drag n drop file ke icon shield dan file tersebut akan langsung discan di VirusTotal yang memiliki engine lebih dari 40 antivirus.

Duperhero, salah satu member Forum WinPoin telah membagikan cara untuk mendapatkan lisensi VoodooShield secara gratis dan legal (giveaway). Lisensi ini berlaku selama 1 tahun penuh dan bernilai $19.99. Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan VoodooShield secara gratis, silahkan lihat caranya disini:

Cara Mendapatkan Lisensi VoodoShield Secara Gratis dan Legal (Forum)

Setelah mencoba dan mereview VoodooShield, WinPoin memperoleh beberapa kesimpulan:

Kelebihan:

  • Cocok digunakan di komputer yang jarang terkoneksi internet atau jarang bisa update antivirus.
  • Ringan di resource, jauh lebih ringan daripada antivirus konvensional karena memang tidak melakukan proses scanning dsb.
  • Memiliki Drag n Drop VirusTotal Scanner.
  • Mampu memblocking semua virus atau malware

Kekurangan:

  • Tidak memberikan keterangan lengkap mengenai file yang akan di block atau allow. Pengguna awam bisa jadi akan sedikit kesulitan menentukan file mana yang harus di block dan mana yang sebaiknya di allow.
  • Mendisable UAC (User Account Control).
  • Ada beberapa file tidak berbahaya yang ikut terblokir sehingga perlu di allow secara manual.
  • Jika saat diinstall komputer sudah terinfeksi, maka VoodooShield tidak bisa memblokir dan membersihkan infeksi tersebut.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Achmad Syarfandhy

    Cara kerjanya mirip dengan UAC

    • Febian

      yup bener, sangat mirip.
      hanya saja VoodooShield punya “memori” untuk “mengingat” mana yg harus di allow dan mana yg di block

  • Dina Ciput

    gan, kalau windows defender_nya gak di unistall apa nggak pengaruh sama windowsnya??

    • Febian

      gpp kog, keduanya tidak akan bentrok