Windows 10 Build 9901 Membuat 3 Partisi Ekstra Ketika Diinstall

Windows 10 Build 9901 Membuat 3 Partisi Ekstra Ketika Diinstall

8

Windows 10 Build 9901 Membuat 3 Partisi Ekstra Ketika Diinstall

Update: Ternyata ini bukanlah hal baru. 3 partisi esktra ini muncul jika Windows diinstall di GPT. Thanks Ambrizal untuk infonya.

Ada sedikit perubahan cara kerja dari Windows versi sebelumnya ke Windows 10 nanti. Hal ini terlihat ketika kita menginstall Windows 10 Build 9901 yang bocor ke publik beberapa waktu lalu. (Baca: Windows 10 Build 9901 Bocor ke Publik, Cortana akhirnya Muncul!)

Jika biasanya Windows akan membuat 1 saja partisi ekstra saat diinstall, yaitu system reserved. Di Windows 10 ini tidak hanya 1, tetapi ada 3 partisi ekstra yang dibuat!

Windows 10 Build 9901 Membuat 3 Partisi Ekstra Ketika Diinstall

Partisi pertama disebut Recovery. Sesuai namanya kemungkinan partisi ini bakal bermanfaat untuk proses recovery Windows 10 nantinya jika terjadi suatu permasalahan. Besarnya partisi Recovery ini adalah 300MB.

Partisi kedua disebut System. Partisi ini ukurannya 99MB dan sepertinya berisi file system yang diperlukan oleh Windows.

Partisi ketiga disebut MSR (Reserved). Ini adalah partisi yang tercipta di Windows versi sebelumnya yang biasanya berisi boot loader.

Dari ketiga partisi ini yang paling menarik perhatian kita adalah partisi Recovery. Apa yang akan dilakukan oleh partisi ini nantinya? Akankah ada proses recovery baru diluar refresh dan reset yang diperkenalkan Microsoft di Windows 8.x? (Baca: Cara Melakukan Refresh di Windows 8.1 (Dilengkapi Gambar))

Kejelasannya tentu akan kita dapatkan seiring dengan semakin dekatnya perilisan Windows 10 2015. (Baca: Windows 10 Final Dirilis Sekitar Bulan September 2015)

Selain 3 partisi baru yang tercipta ini, proses instalasi Windows 10 Preview Build 9901 tidak berbeda dengan proses instalasi Windows 8.x. (Baca: Tutorial Lengkap Cara Install Windows 8 Beserta Gambar)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Review nya dong om :D

    • Febian

      lagi on the way :D
      stay tuned yah :D

      • agus saputra

        Kalo di buat duallboot,apakah tetap membuat 3 partisi tsb?

  • BIMO KN

    Gan itu bukannya kalo kita nginstalnya pake yang GPT ya gan…?

  • YanDhika

    nggak pernah instal di bios UEFI ya?? hehehe
    kalau UEFI otomatis akan jadi GPT bukan MBR dan partisinya juga akan berubah….

    • BIMO KN

      Iya Gan itu sudah ada sejak windows 8, kalo gak salak windows 7 juga sudah ada…

      • jebul

        Iya di win7 sudah ada kok.

  • Whyu Wa

    cara bikin 3 partisinya itu gmn