Windows 10 Dilengkapi Pilihan Tampilan “Light” dan “Dark”, Ini Cara Menggunakannya

Windows 10 Dilengkapi Pilihan Tampilan “Light” dan “Dark”, Ini Cara Menggunakannya

1

Sudah bukan hal yang asing lagi jika di Windows Phone 8.1 kamu bisa menentukan tampilannya menjadi Light atau Dark. Namun tahukah kamu bahwa Windows 10 juga dilengkapi fitur yang sama untuk mengubah tema tampilan setiap aplikasi yang ada?

Yup, di Windows 10 kamu bisa bebas memilih apakah tema utamanya gelap atau cerah. Untuk saat ini, cukup tekan CTRL + T dan tema warna aplikasi bakal berubah dari Light ke Dark atau sebaliknya.

Entah apakah nantinya fitur ini bakal bisa digunakan di semua aplikasi atau tidak, tetapi untuk saat ini tampilan “Light” dan “Dark” ini hanya bisa kamu temui di Windows Store (Beta).

Ketika Windows Store Beta kamu buka dan kamu tekan CTRL + T, maka dia akan berubah tampilannya ke dalam mode “Light” atau “Dark” seperti ini.

Windows 10 Dilengkapi Pilihan Tampilan “Light” dan “Dark”, Ini Cara Menggunakannya

Windows 10 Dilengkapi Pilihan Tampilan “Light” dan “Dark”, Ini Cara Menggunakannya

Jika nantinya Microsoft menjadikan opsi pilihan tampilan Light dan Dark ini sebagai fitur utama, maka seharusnya nanti bakal ada opsi di Settings untuk mengatur hal ini. Ketika sudah diatur jadi Dark misalnya, maka semua aplikasi bakal menggunakan tampilan gelap saat dibuka.

 

Kenapa Light dan Dark Itu Penting?

Di era mobile, adanya opsi tampilan Light dan Dark ini sangatlah penting. Dengan menggunakan tampilan Dark, maka akan mengurangi pencahayaan yang harus dikeluarkan oleh layar. Hasilnya nanti baterai bisa menjadi lebih awet.

Selain itu opsi ini bisa memudahkan kita ketika berada di tempat silau agar bisa melihat tampilan layar tanpa kesulitan.

Untuk itu kita yakin bahwa fitur ini bakal ditanamkan di Windows 10 Final, mengingat Windows 10 bakal bisa digunakan di semua jenis device, baik itu mobile maupun non-mobile.

Hingga saat ini memang hanya Windows Store saja yang bisa menggunakan opsi tampilan ini, tetapi di build selanjutnya bukan tidak mungkin fitur ini bakal menjadi opsi global yang berlaku di semua aplikasi.

 

Bagi kamu yang ingin mencobanya sendiri, silahkan coba di Windows 10 Preview Build 9926. Download disini atau dapatkan DVD nya disini jika kamu belum memilikinya.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Agung Suhendro

    Mantep dah … jadi gasabar nunggu nya